Inilah Beberapa Kewajiban Yang Berhubungan Dengan Mayat Muslim

Setiap manusia pasti akan mati dan kehidupan abadi adalah kehidupan setelah kematian tepatnya ketika hari kiamat tiba. Ketika orang muslim meninggal, maka ada kewajiban yang harus dilakukan oleh orang muslim yang masih hidup.

Kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim yang masih hidup adalah mengurus jenazah tersebut. dimana hukum dari mengurus jenazah adalah fardu kifayah. Apa itu fardu kifayah? Fardu kifayah adalah apabila sudah dikerjakan atau dilaksanakan oleh seseorang maka sudah gugur kewajiban yang lainnya.

4 Kewajiban Orang Islam Yang Hidup Kepada Saudara Muslim Yang Wafat

Ada empat kewajiban muslim yang hidup kepada muslim yang sudah meninggal. Keempat kewajiban itu adalah memandikan, mengkafani, menyolatkan dan juga menguburkan. Untuk penjelasan secara lengkap tentang keempat kewajiban tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Kewajiban pertama: memandikan jenazah

Kewajiban pertama bagi muslim yang hidup kepada muslim yang wafat adalah memandikan jenazahnya. Ketika memandikan jenazah tidak boleh sembarangan, semua ada tata caranya. Memandikan ini berguna untuk mensucikan, sehingga semua kotoran yang ada di dalam tubuh harus dikeluarkan.

Cara mengeluarkan kotoran tersebut yaitu dengan menekan bagian perut. Selain itu ketika memandikan jenazah harus menggunakan air bersih dan jangan lupa membasuh dengan sabun serta menyisir rambut jenazah. Semua itu harus dilakukan dengan hati-hati dan pelan serta tidak emnyakiti jenazah.

  • Kewajiban kedua: mengafani jenazah

Setelah dimandikan dan sudah dalam keadaan suci maka kewajiban selanjutnya yaitu mengkafani jenazah. Dalam proses mengkafani pastikan tidak ada aurat dari jenazah yang terlihat. Selain itu jangan lupa diberikan wangi-wangian dan ditutup dengan kapas semua lubang yang ada pada jenazah. Lubang yang harus ditutup dengan kapas adalah mata, hidung, mulut, telinga, anus, dan juga kemaluan.

  • Kewajiban ketiga: menyolatkan jenazah

Setelah dikafani, kewajiban selanjutnya yaitu menyolatkan jenazah. Sholat jenazah tidak disertai dengan rukuk dan sujud. Takbir pada sholat jenazah sebanyak 4 kali. Sehingga sejak takbir pertama sampai salam sholat jenazah dilakukan dengan berdiri. Adapun rukun sholat jenazah adalah niat, dilakukan dengan berdiri, takbir pertama membaca al-fatihah, takbir kedua membaca sholawat Nabi, takbir ketiga dan keempat mendoakan jenazah serta terakhir adalah salam.

  • Kewajiban keempat: menguburkan jenazah

Kewajiban terakhir yaitu menguburkan jenazah. Didalam liang lahat jenazah diletakkan dengan posisi menghadap ke kiblat dan miring ke sebelah kanan. Sehingga pipi pada bagian kanan jenazah harus bersentuhan dengan tanah. Selain itu jangan lupa untuk melepas ikatan kafan jenazah yang mana itu adalah bagian dari Sunnah.

Pahala Bagi Yang Mengurus Jenazah Muslim

Setiap amal ibadah atau suatu kebaikan pasti akan diganjar pahala oleh Allah SWT. Salah satu ibadah yang mempunyai pahala besar adalah mengurus jenazah muslim. Bagi yang mengurus jenazah sejak awal sampai ikut serta menyolatkannya maka pahala yang diperoleh sebesar satu qirath. Sedangkan bagi yang mengurus jenazah mulai awal hingga ikut serta menguburkan, maka pahala yang diperoleh sebanyak dua qirath. Jika ingin mengetahui tata cara secara lengkap tentang mengurus jenazah serta doa dalam menyolatkan jenazah, Anda dapat mengunjungi https://hasana.id/.