Persiapkan Mobilmu Di Musim Penghujan, Simak Fungsi Fitur Defogger Disini !

Memasuki musim penghujan, apakah anda sudah mempersiapkan perlengkapan serta keamanan dari kendaraan mobil anda ? Salah satu fitur yang dibutuhkan pengenderada ketika musim hujan adalah, fitur Defogger. Fitur ini cukup mulai menjadi trend, bahkan beberapa produsen otomotif pun berlomba-lomba untuk memberikan fitur tersebut. Lantas, sebenarnya apa sih kegunaan serta fungsi fitur Defogger ? Untuk lebih jelasnya, kita simak saja ulasan berikut.

Mengenal Defogger, Fitur Mobil Untuk Musim Penghujan

pexels.com

Perkembangan dunia otomotif, pasti selalu berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ini pun, difaktori oleh kebutuhan serta permintaan para pengendara. Salah satu kebutuhan dan masalah yang dialami oleh pengendara adalah, perihal pemandangan yang terhalang ketika tekena guyuran air hujan.

Fitur yang menjadi solusi tersebut dinamakan dengan fitur Defogger, biasanya fitur ini akan ditemukan dekat dengan setir mobil. Untuk menemukannya pun cukup mudah, fitur Defogger memiliki logo layaknya seperti embun. Logo tersebut, memang disesuaikan dengan fungsi utama dari fitur Defogger.

Fungsi fitur Defogger berkaitan dengan embun hujan, yaitu untuk menghilangkan kabut yang ada pada kaca mobil. Ketika kita menempuh perjalanan dalam guyuran hujan, tentu pandangan akan terganggu akibat embun pada kaca mobil. Fitur Defogger akan memberikan energi panas, sehingga kabut atau embun akan menghilang dari kaca mobil.

Dengan fungsi tersebut, tentu perjalanan anda menjadi lebih nyaman dan aman. Apalagi, cara penggunaan dari fitur Defogger tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan mudah dalam metode manual, yaitu menekan tombol Defogger ini. Agar fitur ini tetap bekerja secara maksimal, berikan perawatan secara rutin kepada Defogger.

Cara Merawat Defogger

Jika ingin fitur Defogger ini selalu bekerja maksimal, dan dalam jangka waktu yang lama maka anda harus memberikan perawatan secara rutin. Merawat fitur Defogger pun terbilang murah, kemudahan dalam hal merawat ini menjadi salah satu kelebihan dari Defogger. Untuk perawatannya, anda hanya perlu mengelap dengan menggunakan kain halus.

Hindari menggunakan kain yang kasar, apalagi jika kaca dari mobil anda tidak dilapisi dengan kaca film. Anda bisa menggunakan jenis kain seperti kain katun, atau kain khusus untuk membersihkan mobil yaitu kanebo. Dengan terus membersihkan Defogger yang terpasang pada kaca, maka usia dari fitur Defogger pun dapat bertahan lebih lama.

Selain memberikan perawatan, anda juga perlu menggunakannya dengan benar. Cermat dalam menghidup dan mematikan fitur Defogger, juga mempengaruhi keawetannya. Penggunaan sebuah alat elektronik, hendaknya disesuaikan dengan fungsi utamanya. Jika digunakan tidak sesuai dengan fungsinya, bisa mengakibatkan kerusakan pada alat tersebut.

Seperti yang dibahas sebelumnya, fungsi fitur Defogger adalah untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Sehingga gunakan fitur ini ketika terdeteksi embun saja, jangan menghidupkan fitur Defogger ketika hujan baru saja turun. Mungkin maksud anda ingin menghindari penumpukan embun dari awal, namun cara tersebut justru merusak Defogger secara perlahan.

Penggunaan Defogger yang Cermat

pexels.com

Tak bisa dipungkiri, setiap alat pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika dilihat dari kebutuhan, fitur Defogger memang sangat dibutuhkan pengendara. Apalagi ketika cuaca memasuki musim dingin, atau musim penghujan. Pada cuaca tersebut, kaca mobil sangat rentan membentuk sebuah embun yang mampu menghalangi pemandangan perjalanan.

Namun, fitur Defogger pun tak lepas dari kekurangan. Sebagaimana dilansir https://www.harapanrakyat.com/, fungsi fitur Defogger akan menurun jika digunakan secara terus-menerus dalam cuaca panas. Hal inilah yang menjadi kekurangan dari Defogger, bahkan fitur ini pun dapat merusak kaca mobil.

Jika anda selalu menghidupkan fitur ini saat cuaca panas, dapat membuat kaca mobil menjadi retak. Tidak hanya itu saja, fitur Defogger yang terus dinyalakan ini pun juga dapat mempengaruhi akinya. Suhu mobil yang terus meningkat, dapat merusak aki mejadi cepat lemah. Hal ini karena komponen dari Defogger membutuhkan arus listrik yang besar, untuk menimbulkan panas.

Penggunaan arus listrik yang besar tersebut, tentu membuat aki harus bekerja lebih ekstra dalam menyuplai energi besar ke Defogger. Oleh karena itu, penggunaan Defogger perlu di perhatikan. Dengan penggunaan yang cermat, maka kita tidak hanya merawat usia dari fitur Defogger. Tetapi kita pun akan merawat kaca mobil, serta aki mobil.

Penggunaan yang cermat, tentu mempengaruhi umur dari fitur Defogger. Hal ini pun berlaku untuk seluruh fitur atau alat elektronik, jika tidak digunakan sebagaimana fungsinya dapat merusak alat tersebut. Matikan Defogger ketika embun sudah menghilang, atau ketika kita merasa jangkauan dari pandangan sudah cukup bagi pengendara.

Defogger Semakin Memberikan Kenyamanan Berkendara

Fitur Defogger sangatlah membantu kegiatan berkendara kita, apalagi saat ini Indonesia pun mulai memasuki musim penghujan. Ketika hujan datang, umumnya suhu udara sekita akan turun, dan memunculkan embun pada kaca mobil. Embun inilah yang menghalangi jangkauan dari pandangan kita.

Jika anda pergi berdua, mungkin seseorang di kursi penumpang bisa membantu untuk mengelap kaca mobil. Namun bagaimana jika anda berkendara seorang diri ? Oleh karena itu fitur Defogger seolah menjadi jawaban atau solusi, dari permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat ini.

Fungsi fitur Defogger memberikan begitu banyak manfaat kepada pengendara, apabila anda memperhatikan perawatan serta penggunaan dengan baik. Perlu anda ketahui bahwa, fitur Defogger ini memiliki cara kerja menghantarkan panas. Panas tersebut tentunya digunakan untuk menghilangkan embun di kaca mobil, maka energi yang dibutuhkan oleh Defogger pun cukup tinggi.

Oleh karena itu, gunakan fitur ini sesuai dengan kebutuhan. Apabila belum terbentuk embun dalam kaca mobil, maka hindari terus menyalakan Defogger. Penggunaan energi yang besar, mampu melemahkan fungsi dari aki secara perlahan. Tidak hanya itu saja, panas yang terus dipancarkan juga dapat meretakkan kaca mobil.

Sehingga agar fungsi fitur Defogger tetap kita dapatkan, berikan perawatan secara rutin. Jika Defogger selalu dalam kondisi bagus, maka keuntungan pun akan kita dapatkan. Salah satu mobil yang sudah mengaplikasikan fitur Defogger ini adalah, Daihatsu Sirion. Para pengguna mobil ini, dijamin akan merasakan kenyamanan dan rasa aman selama berkendara dalam derasnya hujan.

Memasuki musim penghujan, tentu pengendara harus meningkatkan kewaspadaannya. Jalan yang licin, angin yang kencang, sangat berpotensi untuk menimbulkan kecelakaan pada pengendara. Salah satu faktornya adalah, kaca mobil yang berembun akibat turunnya suhu ketika musim penghujan. Untuk menghindari kejadian tak terduga, maka dibutuhkan fitur Defogger untuk memberikan rasa aman serta kenyamanan dalam berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *