Keunggulan Motor Injeksi yang Perlu Kamu Tau

Dunia otomotif telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhi. Mulai dari sistem engine stop yang diklaim mampu menghemat bahan bakar karena mesin otomatis akan mati saat kendaraan berhenti selama beberapa detik di perempatan lampu merah, hingga teknologi mesin yang menggunakan sistem injeksi. Teknologi injeksi pada mesin motor merupakan sebuah teknologi dimana sistem pembakaran menggunakan bahan bakar yang dicampur dengan udara sebelum dibakar. Alhasil, mesin memiliki tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan motor yang menggunakan karburator. Dalam sistem karburator, injektor bahan bakar tercampur secara homogen. Selain diklaim memiliki tenaga yang lebih besar, motor yang menggunakan mesin injeksi pun dipercaya lebih irit bahan bakar.

Sepuluh tahun ke belakang, penggunaan mesin injeksi pada sepeda motor masih sangat jarang. Akan tetapi hal sebaliknya terjadi dalam akhir-akhir ini dimana hampir semua motor keluaran terbaru sudah menggunakan mesin injeksi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selain bisa menghemat bahan bakar lebih banyak dan juga lebih bertenaga, mesin motor dengan sistem injeksi juga minim perawatan sehingga Anda tak perlu melakukan perawatan khusus pada mesin. Asalkan sering diservis secara reguler sesuai dengan ketentuan pemakaian, mesin akan bisa awet digunakan selama mungkin.

Keunggulan Mesin Motor Injeksi

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Selain itu, ada beberapa keunggulan mesin motor injeksi jika dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator. Apa saja?

Pembakaran yang Lebih Sempurna

Mesin motor dengan sistem injeksi memiliki perbandingan air fuel ratio yang jauh lebih baik karena dikontrol menggunakan dengan sistem elektronik yang otomatis dalam bekerja. Sebagai hasilnya, pembakaran menjadi lebih baik dibandingkan dengan motor yang memakai karburator. Hal tersebut terjadi karena AFR yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan motor. Selain itu, mesin juga bisa menyesuaikan dengan suhu udara baik saat naik ataupun turun. Sensor akan menganalisa suhu secara otomatis sehingga udara percampuran bahan bakar akan lebih sempurna.

Bahan Bakar Relatif Irit

Berkat sistem pembakaran yang sempurna, kondisi tersebut berpengaruh terhadap bahan bakar yang lebih optimal. Apalagi beberapa perusahaan sepeda motor seperti Honda dikenal memiliki sistem pembakaran yang lebih irit jika dibandingkan dengan Yamaha, Suzuki, ataupun merk lain. Injektor pabrikan Honda memiliki setelah program yang baik sehingga konsumsi bahan bakar pada sepeda motor bisa diminimalisirkan.

Tanpa Perlu Setel Ulang Mesin Motor

Sepeda motor yang masih menggunakan karburator biasanya membutuhan perubahan sistem AFR karena adanya getaran yang dihasilkan oleh mesin dan saat penggunaan sepeda motor setiap hari. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi karburator karena kualitasnya akan menurun dari tahun ke tahun. Berbeda dengan sistem injeksi pada mesin sepeda motor dimana AFR tidak perlu disetel ulang karena pabrikan sudah memiliki standar tertentu yang fix dimana penyetelannya pun menggunakan software komputer. Ada pula sistem yang bernama ECM, yakni Electronic Control Module yang akan melakukan kontrol terhadap pengolahan AFR. Biasanya servis juga harus dilakukan di tempat yang memiliki mekanik kompeten. Pilih dealer dengan mekanik yang sudah pernah kursus mekanik motor injeksi agar tahu bagaimana perawatan mesin motornya.

Tidak Perlu Membersihkan Karbu dan Mesin

Salah satu proses servis motor yang cukup menyita waktu Anda adalah saat karburator harus dibongkar dari mesin untuk dibersihkan. Belum lagi waktu yang terbuang semakin banyak karena Anda harus mengantre saat servis atau terpaksa harus datang lebih awal. Hal seperti ini tentu tidak terjadi pada motor yang sudah menggunakan sistem injeksi karena tidak ada karburator yang perlu dibersihkan sehingga proses servis motor pun bisa dipersingkat. Biasanya untuk membersihkan komponen mesin, mekanik hanya perlu untuk menyemprotkan injector cleaner ke dalam lubang busi.

Rekomendasi Motor Injeksi Terbaik

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana ketersediaan motor injeksi yang masih sangat terbatas, saat ini hampir setiap pabrikan motor sudah memiliki produk unggulan untuk kategori motor injeksi. Di bawah ini merupakan rekomendasi motor terbaik sesuai dengan pabrikan masing-masing.

Honda

Untuk pabrikan Honda, pilihan terbaik jatuh kepada Honda Vario 125 eSP CBS Advance Black Metallic untuk motor matic. Sedangkan untuk motor manual, Honda Supra X 125 F1 CW masih terdepan di kelasnya. Sedangkan untuk motor sport, pilihan jatuh kepada Honda CBR 150R STD Matte Black yang memiliki harga paling ekonomis.

Yamaha

Pabrikan Jepang ini juga memiliki beberapa pilihan motor injeksi terbaik di kelasnya, seperti Mio J F1 untuk kategori motor matik dan Yamaha Jupiter Z1 untuk motor manual. Sedangkan untuk motor sport, Yamaha memiliki satu-satunya varian, yakni Yamaha YZR R15.

Suzuki

Meski kurang populer, namun Suzuki juga memiliki beberapa pilihan motor injeksi seperti Suzuki Shogun Axello 125 R untuk motor manual dan Suzuki Nex II CROSS untuk motor matik.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang motor injeksi disarankan untuk mengikuti kursus mekanik motor injeksi terbaik di kota masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *