Menilik Kuliah Jurusan Hukum dan Bagaimana Prospek Kerja yang Ada

Apakah Anda sedang berminat untuk mengambil kuliah jurusan hukum? Nah untuk menambah wawasan sebagai bahan pertimbangan Anda, maka tak ada salahnya sedikit menilik tentang jurusan ini dan bagaimana prospek yang ditawarkan dunia kerja saat ini. Jurusan yang termasuk ke dalam kelompok Soshum ini memang masih banyak diminati oleh calon mahasiswa di seluruh Indonesia. tak terkecuali Anda yang mungkin juga memiliki peminatan yang sama.

Tentang Ilmu Hukum dan Keseuaian dengan Minat Anda

lmu hukum merupakan mata pelajaran yang fokus pada praktek hukum dan meliputi hak asasi manusia, hukum kepemilikan sampai ke ranah hukum perdagangan. Selain itu, hukum juga mengatur tentang ketertiban hidup bermasyarakat dengan cara memberikan aturan jelas tentang hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan.

Mengenai apakah jurusan ini ideal untuk Anda atau tidak, jawabannya tentu ada pada penilaian Anda sendiri. Tentunya Anda harus ada minat pada hukum, dan ingin tahu tentang berbagai regulasi yang berlaku jika menempuh karir di bidang ini, maka silakan lanjutkan melanjutkan membaca artikel ini. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat-lihat contoh soal sbmptn soshum yang banyak dibagikan di portal belajar untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan niatan Anda untuk menempuh pendidikan ini.

Perlu Anda ketahui pula bahwa jadwal perkuliahan jurusan hukum tergolong padat, mulai dari mempelajari berbagai teori dan studi kasus, mengikuti diskusi tentang penerapan studi kasus pada praktek hukum dan rajin mencari literatur lain. Mahasiswa jurusan hukum juga dituntut memiliki daya analisa tinggi dengan pemikiran yang cenderung kritis terhadap segala sesuatu.

pixabay.com

Prospek Kerja Lulusan Hukum

Umumnya lulusan jurusan ilmu hukum mengejar karir sebagai advokat, pengacara, peneliti dan sekretaris hukum. Namun tak menutup peluang lainnya untuk berkarir di bidang lain misalnya akuntansi, bisnis dan keuangan, humanoira maupun jurnalisme. Berikut ini sedikit ulasan potensi karir dari lulusan jurusan ini;

Pengacara (advokat); bisa dikatakan bahwa profesi ini adalah yang paling mainstream dimana jenjang karir biasanya dimulai dari magang ke pengacara senior terlebih dahulu. Profesi ini menjanjikan penghasilan yang tergolong tinggi bahkan bagi pemula sekalipun, mulai dari Rp 4 hingga 20 juta sebulan.

Notaris: profesi ini menjadikan seseorang sebagai pejabat umum dengan berwenang membuat akta otentik seperti akta pendirian perusahaan, akta yayasan dan sebagainya. Selain itu, seorang notaris juga memiliki kewenangan untuk membuat akta otentik dari suatu sebuah perjanjian, perbuatan dan ketetapan dan penghasilan mulai dari Rp 4 jutaan perbulan.

Hakim; profesi ini bisa dikatakan sebagai profesi yang paling tinggi kastanya diantara mahasiswa hukum dengan panggilan khas yaitu “Yang Mulia”. Tugas hakim yaitu memimpin persidangan mulai dari mendengarkan pembelaan pihak yang berperkara hingga memberikan keputusan.

pixabay.com

Jaksa; pegawai pemerintah bidang hukum ini bertugas untuk menyampaikan dakwaan atas seseorang yang diduga melakukan pelanggaran hukum. Sebelum bisa menjadi seorang jaksa, lulusan hukum harus menempuh S1 hukum, sehat jasmani rohani dan berusia 25-35 tahun serta dinyatakan lolosa dalam seleksi Panitia Rekrutmen Calon Jaksa Kejaksaan Republik Indonesia.

Dosen; menjadi pengajar jurusan hukum juga tak kalah bergengsi. Selain halnya bisa mengajar mata kuliah hukum, seorang dosen juga bisa menyajikan berbagai kasus untuk menjadi latihan para mahasiswanya. Tentunya seorang dosen harus lebih sering membaca untuk menambah wawasan dan kemampuan mengajar yang bersifat dinamis.

Staff MA; menjadi staf di Mahkamah Agung meskipun jarang berurusan dengan publik, nyatanya juga tak kalah menarik. Seorang panitera, juru sita, atau staf administrasi memiliki andil dalam pemeriksaan dan proses persidangan.

Lain-lain; masih ada beberapa tempat lain yang bisa diisi oleh lulusan Hukum Administrasi Negara (HAN) misalnya di di bidang perpajakan, bidang pertanahan dan perizinan. Bekerja di biro hukum nyatanya juga bisa menjanjikan penghasilan yang lumayan.

Lalu apa saja syarat yang diperlukan untuk bisa berkuliah di jurusan ini? untuk bisa masuk ke Program Sarjana yaitu mendapat 3 nilai A atau yang setara. Sementara durasi perkuliahan akan berjalan sekitar 3 tahun lamanya. Sementara jika ingin meneruskan ke Program Pascasarjana, maka syarat yang diperlukan yaitu Gelar Sarjana berpredikat bagus dan nilai minimal sesuai kebijakan kampus. Lamanya kuliah yaitu antara 1 sampai 4 tahun.

pexels.com

Satu hal yang juga perlu untuk Anda pertimbangkan jika ingin menempuh kuliah hukum yaitu gengsi universitas yang akan Anda pilih. Ya, ternyata nilai pretestige kampus juga menjadi pertimbangan saat Anda bekerja nantinya. Ketahui bagaimana profil staf pengajar dan reputasinya dalam bidang hukum. Pastikan juga kampus tersebut menyediakan peluang untuk ekstrakulikuler dan penempatan kerja.

Ketahui pula persyaratan masuk universitas serta kemampuan keuangan Anda sebelum mendaftar ke universitas pilihan tersebut. Sudahkan nilai yang Anda miliki saat ini ideal untuk masuk ke universitas tersebut. Sanggupkah Anda atau keluarga Anda membiayai kebutuhan kuliah hukum tersebut. ini merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan sejak awal.

Apabila niat Anda sudah bulat dan segala hal yang dibutuhkan dapat Anda penuhi, tak ada salahnya untuk segera mempersiapkan diri mengikuti ujian masuk. Lakukan persiapan sedini mungkin bersama portal seperti edutore.com untuk meningkatkan peluang lolos di UTBK kuliah jurusan ilmu hukum di kampus favorit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *