Inilah Unsur-Unsur dan Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar adalah sebuah halaman yang berisikan sepatah kata dari penulis di dalam sebuah naskah atau dokumen. Biasanya dalam kata pengantar berisi ungkapan rasa syukur, ucapan terima kasih dan lain sebagainya.

Kata pengantar merupakan sebuah ucapan sambutan dari penulis kepada para pembaca nya. Terkadang pula suatu naskah di katakan tidak sah jika tidak terdapat kata pengantar di awal naskah tersebut. Beberapa naskah yang wajib di isi dengan kata pengantar antara lain adalah laporan ilmiah, praktikum, skripsi, proposal dan lain sebagainya.

Unsur Kata Pengantar

Sebuah kata pengantar tersusun atas beberapa unsur yang wajib. Unsur tersebut antara lain adalah pembuka, isi dan juga penutup. Secara umum, kata pengantar tersusun atas beberapa hal yang akan kami jelaskan pada artikel yang ada di bawah ini. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Ucapan syukur

Kata pengantar biasanya di awali dengan ucapan syukur dari penulis atau penyusun kepada Tuhan yang maha esa. Tujuan dari adanya ucapan syukur tidak lain adalah sebagai pengingat bahwa tanpa karunia yang di berikan tuhan, laporan atau naskah atau apapun itu tidak bakal bisa selesai dan tuntas.

pixabay.com

2. Penjelasan singkat

Penulis biasanya akan menjelaskan secara singkat mengenai tentang tugas ilmiah atau tergantung dengan jenis naskah tersebut. Semisal tentang proposal maka di jelaskan mengenai awal mula proposal tersebut.

Begitupun dengan jenis dokumen lain. Setelah itu di lanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai pelaksanaan tugas tersebut. Semisal terkait dengan penelitian ilmiah dan lain sebagainya. Dan pada kata pengantar tersebut di jelaskan juga secara singkat mengenai pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan karya tulis tersebut.

3. Ucapan terima kasih

Hal yang secara umum terdapat dalam kata pengantar adalah ucapan terima kasih dari penulis kepada pihak perorangan atau lembaga dan organisasi yang ada kaitan dengan naskah yang sudah di tulis.

Semisal naskah tersebut adalah skripsi, maka ucapan terima kasih di tunjukan kepada dosen pembimbing dan semacamnya. Atau contoh lagi naskah tersebut tentang suatu penelitian, maka ucapan terima kasih penulis di tunjukan kepada pihak-pihak yang telah membantu ia dalam melakukan penelitian tersebut.

4. Identitas penulis

Penulis akan menjelaskan tentang dirinya secara singkat mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, kota dan tanpa di beri tanda tangan.

5. Harapan

Dalam kata pengantar biasanya penulis mengungkapkan harapan atas karya tulis tersebut. Mungkin berharap bisa di Acc oleh dosen, guru, relasi bisnis dan lain sebagainya. Bisa juga berharap tulisan yang telah di susun tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain.

6. Kritik dan saran

Biasanya juga dalam sebuah kata pengantar penulis meluangkan ketersediaan nya untuk di kritik dan di beri saran atas tulisan yang ia buat.

unsplash.com

Fungsi kata pengantar

Meskipun seringkali pada bagian ini para pembaca akan melewatkanya, namun kata pengantar tetap harus di tulis. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari kata pengantar pada suatu naskah atau karya tulis.

  1. Kata pengantar berfungsi sebagai gambaran dari isi pada naskah atau karya tulis tersebut.
  2. Kata pengantar berfungsi sebagai sambutan ramah dari penulis yang mengantarkan para pembaca pada untaian kata utama di dalam karya tulis tersebut.
  3. Kata pengantar berfungsi sebagai ruang untuk mengungkapkan tujuan dari penulis terhadap karya tulis yang di buatnya.
  4. Kata pengantar berfungsi sebagai ruang untuk penulis mengucapkan syukur dan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dirinya menyelesaikan suatu tugas atau karya tulis tersebut.

Contoh kata pengantar

Berikut ini akan kami berikan contoh kata pengantar :

Contoh 1

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur peneliti panjatkan kepada tuhan yang maha esa yang telah melimpahkan karunia-NYA sehingga peneliti bisa menyelesaikan draft skripsi ini tepat waktu tanpa suatu kendala tertentu. Tujuan dari penulisan draft skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjana ekonomi program S1 Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen Universitas Jendral Soedirman.

Penulisan draft skripsi ini, peneliti mengambil judul ” Pengarah Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Kabupaten Banyumas”.

Peneliti dalam hal ini memiliki keterbatasan pengetahuan, pengalaman serta kemampuan sehingga dalam penulisan draft skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan.

Dalam proses penyusunan draft skripsi ini tidak luput dari bantuan berbagai pihak, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen pembimbing yang berkenan meluangkan waktu untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam penyusunan draft skripsi ini.

Dan selain itu, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang penulis tidak bisa sebutkan satu persatu.

Semoga draft skripsi ini bisa bermanfaat kepada penulis sendiri khusunya dan kepada berbagai pihak yang bersangkutan.

pixabay.com

Purwokerto, 20 Januari 2019

Rahmat Nur Hidayat

Nah itulah sekilas mengenai penulisan kata pengantar mulai dari definisi, unsur kata pengantar, tujuan dan fungsi kata pengantar serta contoh kata pengantar. Kata pengantar diatas hanyalah contoh, kamu tidak harus sama seperti kata pengantar diatas dalam penulisannya. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *