Kelebihan dan Kekurangan Private Label Kosmetik

Bagi kaum hawa tentunya berdandan merupakan sebuah kebutuhan, baik itu menggunakan kosmetik maupun memilih pakaian. Untuk kosmetik sendiri ada banyak sekali jenisnya dan merk dari berbagai produsen kosmetik baik itu luar maupun dalam negeri. Apakah anda pernah mendengar atau bahkan memiliki private label kosmetik?

Private label kosmetik sendiri biasa kita jumpai ketika anda mengunjungi salon kecantikan ataupun toko – toko kosmetik tertentu. Produk – produk kosmetik ini dibuat dan dipasarkan menggunakan nama ataupun brand dari pembeli private label ini, bukan menggunakan nama dari perusahaan pembuatnya. Bagi anda yang tertarik untuk membuat private label kosmetik sendiri bisa langsung mengunjungi situs nose.co.id.

Kelebihan Private Label Kosmetik

Cocok bagi pemula

Bisnis private label ini sangatlah cocok bagi anda yang masih pemula pada bidang ini, lantaran jumlah produksi setiap private label kosmetik terbatas atau hanya dalam jumlah yang sedikit. Sehingga bagi anda yang masih coba – coba sekedar memperkenalkan produk anda keteman ataupun keluarga sangat cocok memilih bisnis kosmetik ini.

Biaya produksi

Karena jumlah produk yang diproduksi untuk kosmetik private label terbatas, sehingga anda tidak memerlukan biaya yang sangat besar seperti ketika anda mendirikan sebuah pabrik khusus. Selain itu anda juga hanya perlu membayar pihak produksinya saja dari setiap kosmetik yang anda pesan, untuk urusan iklan maupun yang lainnya itu tergantung dari pihak si pembeli private label.

Lebih mudah dan praktis

Setiap perusahaan yang menyediakan jasa private label akan menangani setiap hal yang ada pada produksi kosmetik itu, baik itu urusan riset dan penelitian sebelum dipasarkan, desain kemasan, bahkan kandungan yang digunakan pada produknya. Sehingga cara mudahnya anda hanya perlu memesan produk apa yang diinginkan dan berapa jumlahnya, kemudian anda tinggal duduk manis hingga produk yang anda pesan telah siap untuk di pasarkan, dengan nama atau brand anda sendiri tentunya.

Kualitas terjamin

Produsen – produsen yang menawarkan private label tentunya selalu menjaga kualitas barang produksi mereka, baik itu segi bahan baku dan tentunya juga harus layak edar dan mendapatkan ijin resmi dari BPOM, agar kepuasan setiap pelanggan selalu terjaga.

Kekurangan Private Label Kosmetik

Jumlah produksi terbatas

Ketika kosmetik dengan private label anda mengalami kenaikan penjualan, tentunya hal ini harus diimbangi dengan jumlah produksi untuk memenuhi keinginan pasar. Namun kebanyakan dari perusahaan yang menyediakan jasa private label akan membatasi jumlah produksi kosmetik yang dapat anda pesan setiap bulannya.

Tidak bebas memilih

Yang kami maksud tidak bebas disini adalah dalam menentukan bahan – bahan apa saja yang kita ingin gunakan untuk produk kosmetik kita, desain dan kemasanpun semuanya sudah diatur dari pihak produsen. Sehingga kita tidak bisa menentukan apapun yang kita mau, baik kandungan maupun desain.

Kategori Produk Kosmetik

Ada banyak jenis produk kosmetik yang dapat anda pilih ketika hendak membuat private label sendiri. Baik itu produk perawatan muka atau bahkan parfum sekalipun, yang mana dapat anda pilih ketika hendak membuat private label kosmetik.

Skin Care

Skin Care merupakan produk kosmetik yang khususkan untuk merawat kulit, baik kulit wajah wapun kulit lainnya. Biasanya produk skin care ini berupa toner, sabun pencuci wajah, serum dan masih banyak lagi.

Personal Care

Pada produk kosmetik yang satu ini penggunaannya untuk menjaga kecantikan maupun kebersihan tubuh.

Hair care

Selain produk untuk perawatan tubuh, kebanyakan perusahaan penyedia private label juga menyediakan berbagai macam produk untuk menjaga kesehatan rambut anda.

Cara membuat private label kosmetik

Tentunya ada banyak sekali perusahaan kosmetik yang menawarkan jasa private label kosmetik. Apabila anda tertarik membuat private label kosmetik sendiri, pastikan mencari informasi sedetail mungkin, baik itu perusahaan yang memproduksi, bahan apa yang digunakan, lulus BPOM atau tidak dan juga kelengkapan produk kosmetik yang dapat anda pesan. Apabila anda sudah mendapatkan semua informasi maka anda hanya perlu mengunjungi kantor maupun situs online perusahaan yang anda percayai untuk membuat private label kosmetik anda.

Untuk memesan barang yang anda inginkan melalui kantor maupun online sangatlah mudah, anda hanya perlu mengisikan formulir tentang data diri anda sendiri, kemudian menentukan produk kosmetik apa saja dan jumlahnya yang ingin anda pesan. Ketika barang yang anda pesan sudah diproduksi maka akan dikirmkan ke alamat yang telah anda isikan, maupun anda ambil sendiri ke kantor rumah produksi dimana anda memesan.

Harga sebuah kosmetik tentulah sangat bervariasi, dari yang mulai ratusan ribu hingga puluhan juta, hal itu tergantung dari jumlah peminatnya sendiri. Sehingga bagi sebagian produsen kosmetik baik dalam maupun luar negeri akan meberikan harga yang tinggi ketika merk atau brand kosmetik mereka laku keras dipasaran. Sebuah brand atau merk tentunya akan sangat mempengaruhi harga barang itu sendiri, misalkan saja sebuah brand yang kurang diminati menjual produk baru dengan harga murah, namun konsumen tetap memilih brand atau merk tertunya yang memang sudah memiliki nama besar.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *