4 Hal Istimewa yang Ada di Masjid Raya Sumbar

Liburan ke Sumbar belum lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi salah satu masjid yang sangat terkenal di sana. Masjid Raya Sumbar menjadi salah satu destinasi wisata religi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Sumbar. Tentu saja ada alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke sana, salah satunya yakni karena bangunannya yang megah.

Seperti yang diketahui, Masjid Raya Sumbar memang menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Sumatera Barat. Karena pesona itulah banyak orang yang penasaran dengan kemegahan dari masjid ini. Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah liburan atau berencana berkunjung ke ke Sumatera Barat. Pastikan jangan sampai melewatkannya.

Mengenal Lebih Dekat Masjid Raya Sumbar

pixabay.com

Sejarah Singkat Masjid Raya Sumbar

Sebelum membahas tentang keistimewaan masjid raya Sumbar, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui sejarahnya. Jika dilihat Masjid Raya Sumbar ini memiliki tampilan arsitektur yang modern dan berbeda dengan masjid lainnya yang ada di Sumbar. Masjid ini menghadap langsung jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Sebenarnya masjid terbesar di Sumbar ini masih dalam pembangunan sejak peletakan batu pertama pada tahun 2007. Pembangunan masjid ini pun dilakukan secara bertahap karena kurang dana atau anggaran dari provinsi. Perlu diketahui bahwa arsitek yang merancang masjid ini adalah Rizal Muslimin yang pernah menjadi juara pertama dalam kompetisi arsitektur nasional pada tahun 2006.

Desain masjid Raya Sumbar ini sendiri terinspirasi dari tiga simbol yakni sumber mata air, bulan sabit dan juga rumah gadang. Pihak arsitektur mencoba menggabungkan antara unsur sejarah Islam dengan tradisi yang sangat terkenal di Kota Padang.

Bangunan Masjid Raya Sumbar

Setelah mengetahui sejarah singkat tentang Masjid Raya Sumbar, maka selanjutnya kita perlu membahas tentang bentuk bangunannya. Secara keseluruhan bangunan utama masjid ini memiliki luas area sekitar 40.343 meter persegi dengan daya tampung sebesar 20.000 orang.

Pada bagian bawah yakni lantai dasar masjid dapat menampung kurang lebih sekitar 15.000 jamaah. Untuk lantai yang kedua dan ketiga dapat menampung sekitar 5.000 jamaah. Selanjutnya pada bagian interior masjid yakni bagian mihrab nya dibuat hampir sama dengan bentuk batu Hajar Aswad yang ada di Mekah. Pada bagian atapnya terdapat ukiran yang bertuliskan Asmaul Husna.

Intip 4 Keistimewaan Masjid Raya Sumber

pixabay.com

Masjid Tanpa Kubah

Keistimewaan pertama yang bisa Anda saksikan ketika pertama kali berkunjung ke masjid ini yaitu tidak adanya kubah pada sisi bagian atas. Tampilan masjid tanpa kubah ini tentu terlihat unik dan menarik, apalagi bagi mereka yang tinggal luar kota dan baru pertama kali mengunjunginya.

Sebagai gantinya, bagian atap di desain berbentuk segi empat yang mana masing-masing sudut menjulang ke langit seperti Rumah Gadang khas Padang. Jika Anda berkunjung ke sini, pastikan untuk mengabadikan momen bersama keluarga. Sekarang ini masjid ini menjadi ikon wisata religi yang sangat terkenal di Sumatera Barat.

Masjid Tahan Gempa

Keistimewaan selanjutnya yang dimiliki oleh masjid terbesar di Sumbar ini yaitu tahan terhadap guncangan gempa. Dari desain awal memang masjid ini dibuat sebagai tahan gempa dengan magnitudo 10. Hingga saat ini masjid yang dibangun di atas lahan sebesar 40.343 meter persegi masih bisa berdiri kokoh dan terlihat sangat mengagumkan.

Mengusung Budaya Minang

Keunikan yang membuat masjid ini berbeda dengan masjid umumnya yang ada di Sumbar yaitu mengangkat budaya minang. Hal tersebut dapat dilihat dari bagian atapnya yang sangat mirip dengan rumah gadang khas Padang. Sedangkan untuk bagian dindingnya terdapat ukiran-ukiran yang bercorak budaya minang kabau. Bagaimana, tentu sangat menarik sekali, bukan?

Masjid Seribu Pintu Angin

Tahukah Anda bahwa masjid Raya Sumbar ini juga memiliki julukan sebagai masjid dengan seribu pintu angin. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pintu yang dapat Anda jumpai saat berkunjung ke sana. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyebutnya dengan masjid seribu pintu angin.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang sejarah sekaligus keistimewaan yang dimiliki oleh Masjid Raya Sumbar yang sangat terkenal. Nah, salah satu ornamen atau perlengkapan penting yang wajib untuk diperhatikan dalam sebuah masjid adalah karpet. Seperti yang diketahui, karpet menjadi alas yang biasa digunakan untuk beribadah salat di masjid.

Agar aktivitas ibadah tetap nyaman dan khusuk, disarankan untuk memilih karpet yang bagus dan berkualitas. Dimana Anda bisa menemukannya? Anda hanya perlu berkunjung ke toko karpet masjid terpercaya yang menyediakan beragam pilihan karpet berkualitas. Jadi jangan sampai salah pilih toko karpet masjid jika Anda tidak ingin mendapatkan produk dengan kualitas yang buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *