Mengenal Kambing Boerka

Kambing boerka merupakan jenis kambing yang berasal dari persilangan antara kambing boer dan kambing kacang atau kambing lokal. Nah kambing kacang yang memiliki tingkat produktivitas tinggi disilangkan dengan kambing boerkan yang memiliki postur tubuh yang tinggi serta laju pertumbuhan yang cepat sehingga keduanya menghasilkan jenis kambing boerka yang mewarisi sifat keduanya.

Kambing boerka ini dikembangkan oleh Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih yang melakukan program persilangan antara kambing boer dengan kambing kacang yang menghasilkan kambing boerka dengan bobot tubuh yang besar. Bahkan bobot kambing boerka dari lahir hingga usia 365 hari 29% hingga 76% lebih besar dibandingkan dengan kambing lokal atau kambing kacang.

Kambing boerka sangat cocok untuk dibudayakan pada suhu sedang. Dari hasil penelitian, kambing ini sangat cocok untuk dibudidayakan di daerah dengan kondisi tropis basah pada daerah dataran rendah. Nah bagi Anda yang ingin mengembangkan ternak kambing, jenis kambing boerka merupakan salah satu pilihan yang tepat karena memiliki tubuh yang besar serta memiliki produktivitas yang tinggi.

Keunggulan Kambing Boerka

Karena kambing boerka merupakan hasil persilangan antara kambing boer dan kambing kacang, maka kambing boerka tentu mewarisi sifat dari keduanya. Nah yang menjadi keunggulan dari kambing ini adalah bobot tubuhnya yang lebih besar dibandingkan dengan kambing lokal. Bobot tubuh dari kambing boerka pada umur 1 tahun mampu mencapai 35 kg yang tentunya jauh berbeda apabila dibandingkan dengan kambing kacang.

Selain bobotnya yang sangat menggiurkan, kambing boerka juga memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi layaknya kambing kacang. Adapun rata-rata jumlah anak dari kambing boerka yakni perkelahirannya mencapai 1,6 sampai dengan 1,7 ekor per induk. Hal ini tentu semakin menambah daya tarik bagi Anda pecinta kambing. Nah apalagi Indonesia memiliki iklim tropis yang tentunya akan sangat cocok untuk mengembangkan jenis kambing yang satu ini. Yang jelas bagi Anda yang ingin memulai ternak kambing, maka memilih kambing boerka yang memiliki tubuh besar serta tingkat produktivitas tinggi menjadi salah satu pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *