Struktur Kepengurusan Induk Organisasi Bola Basket Indonesia Saat Ini

Induk organisasi bola basket Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan PERBASI, merupakan badan yang dibentuk oleh Indonesia sebagai salah satu wadah kepengurusan olahraga basket. Dimana tujuan dibentuknya badan ini agar olahraga basket yang mulai berkembang di tanah air bisa semakin maju dan terstruktur kedepannya.

Awal mula dibentuknya Perbasi atas usulan dari Maladi yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris KOI (Komite Olimpiade Indonesia) kepada Wim Latumeten dan Tony Wen. Hal ini sebagai salah satu upaya olahraga yang mulai dikenal dan berkembang di tanah air semakin mendapatkan berhatian penuh. Apalagi beberapa prestasi juga sudah menunjukkan jika basket bisa menjanjikan banyak peluang dikemudian hari.

Dalam peran dua tokoh tersebut tanggal 23 Oktober 1951 organisasi basket Indonesia akhirnya berdiri, dan Tony Wen diangkat sebagai ketua umun sedangkan Wim Latumeten duduk menjabat sebagai sekretaris. Pada tahun 1955 menyangkut perbendaharaan Bahasa Indonesia kemudian nama organisasi dirubah menjadi PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

Sejak berdiri hingga saat ini, Perbasi sudah menggelar sejumlah event bergengsi untuk semakin meningkatkan kualitas anak bangsa dalam olahraga mendunia tersebut. Beberapa kegiatan nasional hingga internasional lakukan untuk memberikan asupan pengalaman kepada para pemain basket di ajang dunia. Bahkan liga basket pun kemudian digelar secara rutin dan diikuti oleh sejumlah tim dari beberapa profinsi di Indonesia.

Kepengurusan dan Struktur Perbasi Saat Ini

Pada periode 2015-2019, Ketua Umum induk organisasi bola basket Indonesia Danny Kosasih membentuk struktur kepengurusan Perbasi. Yang mana dalam struktur kepengurusan tersebut banyak sekali dihuni nama-nama tokoh muda yang paham benar dengan olahraga terkenal ini.

Inilah susunan pengurus Perbasi (induk organisasi basket indonesia) periode saat ini:

  • Ketua Umum: Danny Kosasih
  • Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Legal : Andiko Ardi Purnomo
  • Wakil Ketua Umum Bidang SDM da Binpres : Zulfikri
  • Wakil Ketua Umum Bidang Humas dan Usaha Dana : Hasan Gozali
  • Sekretaris Jendral : Amran Andi Sinta
  • Bendahara Umum : Budisatrio Djiwandono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *