5 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Mudah

Tak dapat dipungkiri bahwa jika kita ingin konten gambar yang paling bagus, maka kita mesti menggunakan kamera digital. Ya, lewat kamera digital, kita bisa menghasilkan foto dengan visual yang presisi. Namun sayangnya, ketika kita mencoba meng-upload-nya di media sosial, ternyata ukurannya terlalu besar. Alhasil kita mesti menunggu terlalu lama, hanya untuk sekedar upload foto saja. Tentu saja, foto yang kita ambil lewat kamera digital mesti diturunkan dulu ukurannya agar bisa lebih mudah di-upload di media sosial.

Tak hanya untuk keperluan publikasi foto di media sosial, adakalanya kita perlu menurunkan ukuran foto untuk urusan tertentu, misalnya foto untuk melamar pekerjaan. Apapun alasannya, mengecilkan ukuran foto sangatlah mudah. Nah di bawah ini kami akan membahas beberapa cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah dan cepat!

unsplash.com

Mengecilkan Ukuran Foto Lewat Paint

Sebenarnya ada cara paling mudah dan cepat dalam mengecilkan ukuran foto atau memperbesar ukuran foto yaitu dengan menggunakan software bawaan Windows yaitu Paint. Ya, bagi Anda pengguna PC atau laptop dengan OS Windows, Anda bisa dengan mudah menemukan software Paint. Software satu ini sangat simpel, namun lumayan sangat berguna untuk editing gambar sederhana. Anda bisa membuka berbagai jenis file gambar lewat Paint seperti JPEG, PNG, BMP, dan lainnya. Nah bagi Anda yang ingin mengecilkan ukuran foto lewat Paint, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, tentu Anda mesti menemukan software Paint terlebih dahulu di komputer Anda. Cukup klik ikon Windows, biasanya Paint dipasang sebagai software default. Atau Anda bisa menggunakan fitur ‘Search programs and files’.
  2. Nah setelah menemukan Paint, maka langsung buka software tersebut.
  3. Lalu di bagian menu, klik ‘Open’ untuk membuka foto.
  4. Nah setelah itu Anda cari dulu foto yang ingin dimasukan kedalam software, setelah ketemu baru klik ‘Open’.
  5. Setelah foto terbuka, maka cari oleh Anda di menu ‘Home’ pilihan ‘Resize’, setelah itu klik.
  6. Setelah itu muncul pengaturan ukuran, silakan Anda perkecil ukurannya.
  7. Setelah dirasa pas ukurannya, maka klik ‘OK’.
unsplash.com

Tool Perubah Ukuran Foto Online

Jika Anda punya kuota internet, maka ada cara yang lebih instan untuk mengecilkan ukuran foto. Ya, Anda bisa menemukan banyak sekali website yang menawarkan tool perubah ukuran foto online. Anda hanya perlu meng-upload foto, menentukan ukuran, lalu klik tombol ‘save’. Beberapa tool online berikut ini juga mampu memperbesar ukuran foto. Tak perlu berlama-lama lagi, segera cek ulasannya di bawah ini!

  • LunaPic

Salah satu tool terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran foto secara online yaitu LunaPic. Prosesnya sangat mudah, Anda tinggal drag & drop file gambar, menentukan ukurannya, lalu tinggal save deh! Selain merubah ukuran foto, LunaPic juga menyediakan banyak sekali fitur editing sehingga Anda bisa menciptakan desain gambar paling artistik.

unsplash.com

Beberapa fitur yang bisa Anda temukan lewat LunaPic yaitu convert format file, crop, membuat latar jadi transparan, memutar gambar, menambahkan pembatas, animasi, dan lainnya. Jika Anda mau memperkecil ukuran foto, maka jangan ragu untuk menggunakan LunaPic!

  • WebResizer

Sesuai namanya, website satu ini memang diciptakan agar orang-orang bisa mengecilkan ukuran foto dengan mudah. Kabar baiknya, Anda tidak perlu mendaftar terlebih dahulu agar bisa mengakses layanan editing di WebResizer. Jadi setelah Anda masuk ke situs WebResizer, Anda bisa langsung mengecilkan ukuran foto dan menyimpannya di folder yang inginkan. Selain itu sama seperti LunaPic, WebResizer juga menyediakan berbagai fitur editing yang dibutuhkan untuk editing instan.

  • Shrink Pictures

Jika Anda butuh tool yang dapat mengecilkan beberapa foto dalam waktu yang sangat cepat, maka Anda benar-benar membutuhkan Shrink Pictures. Lewat Shrink Pictures, Anda dapat merubah ukuran file foto tanpa ada hambatan sama sekali. Website satu ini menyediakan kontrol penuh bagi pengguna untuk merubah ukuran foto.

Misalnya seperti menentukan dimensi foto, menentukan kualitas kompresi, dan lainnya. Selain menyediakan layanan penurunan ukuran foto, Anda ‘pun bisa menemukan berbagai jenis efek seperti Sepia, Greyscale, dan lainnya.

  • I.R.M.E

Software editing berbasiskan website terbaik yaitu bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran foto yaitu B.I.R.M.E. Anda bisa mengecilkan beberapa file foto dalam sekali waktu. Selain itu berbeda dengan situs lain, pengguna bisa menemukan preview gambar persis sebelum disimpan.

Nah itulah beberapa cara mengecilkan ukuran foto, mudah bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *