Beberapa Hal yang Mengenai Daftar Riwayat Hidup Yang Harus Dipahami

Saat ini melamar pekerjaan memang tidaklah mudah, hal itu karena banyak persyaratan yang harus terpenuhi. Seperti melampirkan daftar riwayat hidup disetiap berkas lamaran pekerjaan, di mana tentu saja harus ditulis dengan baik dan benar.

Jadi saat melamar pekerjaan tidak hanya surat lamaran pekerjaan saja yang harus baik penulisannya namun semua lampiran lainnya juga harus dipastikan telah baik. Hal itu tentu saja guna membuka kesempatan untuk diterima bekerja.

Maka dari itu ada beberapa hal yang mesti Anda pahami sehingga tidak akan salah dalam menulis lampiran penting melamar pekerjaan ini.

Fungsi Dari Daftar Riwayat Hidup

Untuk pelamar pekerjaan yang masih awam tentunya bertanya-tanya sebenarnya apa fungsi dari lampiran mengenai riwayat hidup ini pada berkas melamar pekerjaan. Perlu diketahui fungsinya adalah guna melengkapi surat keterangan yang dapat digunakan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tertentu.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup

Setelah mengetahui fungsinya maka tentu saja cara membuatnya tidak akan sulit, cukup memahami beberapa hal saja sehingga tidak akan salah langkah. Maka dari itu ada baiknya mengetahui tips yang harus dipahami saat akan membuat daftar riwayat hidup:

stocksnap.io

1.      Harus Jelas

Tentunya semua tahu setiap berkas yang digunakan saat melamar pekerjaan baik itu surat lamaran pekerjaan atau berkas lainnya harus ditulis dengan jelas. Untuk itu pastikan Anda membuat berkas tersebut mudah untuk dipahami serta dibaca. Semua itu karena nasib Anda tergantung dari berkas yang Anda lampirkan.

2.      Harus Jujur

Dalam membuat daftar riwayat hidup haruslah jujur, jangan pernah berniat berbohong satu kalimat sekalipun. Semua itu karena jika ketahuan pupus sudah harapan Anda untuk diterima. Perusahaan tentunya hanya mau menerima pelamar yang jujur untuk bekerja.

3.      Pengalaman Yang Tidak Perlu Ditulis

Perlu Anda tahu bahwa hanya pengalaman penting saja yang mau perusahaan baca. Misalnya saja Anda jago bernyanyi dan banyak menerima penghargaan atas hal tersebut, namun ada baiknya pengalaman tersebut tidak ditulis. Kecuali jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan musik. Jadi pastikan pengalaman yang Anda sebutkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Tulis Data Pribadi Singkat Namun Jelas

Sesuatu tulisan yang berbelit-belit tentu saja akan membuat yang membaca menjadi malas untuk merampungkan membaca. Jangan sampai karena Anda menulis data pribadi dengan sangat panjang dan berbelit-belit justru akan membuat Anda tidak diterima bekerja. Maka dari itu tulis data pribadi singkat saja namun tentu saja harus tetap jelas dan lengkap.

stocksnap.io

5. Riwayat Pendidikan Ditulis Mulai Dari Yang Paling Rendah

Semua tahu tentunya dalam daftar riwayat hidup ada juga daftar riwayat pendidikan di dalamnya yang harus Anda tulis. Untuk itu Anda harus tahu bahwa dalam menulis riwayat pendidikan harus dari pendidikan yang paling rendah. Jadi tulis terlebih dahulu dari pendidikan dasar, lalu menengah pertama, menengah atas barulah bangku perguruan tinggi jika memang ada.

Setelah selesai menulis riwayat pendidikan formal barulah menulis pendidikan nonformal jika memang pernah menempuhnya. Jangan sampai lupa menulis tahun masuk dan kelulusan disetiap jenjang pendidikan yang ditempuh.

6. Riwayat Pekerjaan Harus Ditulis Lengkap

Saat ini sebuah pengalaman bekerja sangatlah menunjang saat akan melamar kerja, maka dari itu setiap riwayat pekerjaan harus Anda ditulis sangat lengkap. Mulai dari perusahaan tempat Anda sebelumnya bekerja, jabatan hingga waktu Anda bekerja.

Jika perusahaan yang Anda lamar bergerak pada bidang yang sama dengan pekerjaan Anda sebelumnya itu akan menjadi poin yang baik. Semua itu karena itu membuktikan bahwa Anda berpengalaman pada bidang tersebut.

stocksnap.io

7. Harus Pas Foto Terbaru

Hal terakhir yang cukup kecil ini memiliki fungsi yang besar yang akan menentukan apakah Anda akan diterima di perusahaan yang Anda lamar. Pas foto memiliki fungsi pengenalan diri Anda kepada perusahaan, sehingga membuat kesan baik dari foto sangatlah bagus. Untuk itu jangan pernah melampirkan foto lama anda, pas foto harus merupakan yang terbaru.

Jika masih bingung, Anda bisa mencari contoh daftar riwayat hidup yang dengan mudah didapat dari internet. Setiap hal yang Anda tulis menentukan nasib Anda, maka dari itu pertimbangkan dengan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *