Air terjun Songgo Langit terletak di Kota Jepara, tepatnya di Dukuh Nglencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, 30 kilometer dari pusat kota. Air terjun ini terlihat tinggi walaupun hanya memiliki tinggi 80 meter dengan lebar 2 meter. Air terjun ini memiliki palung air sedalam 8 meter dan berbahaya untuk berenang. Air terjun ini memiliki daya tarik berupa banyaknya kupu-kupu warna-warni yang beterbangan di sekitar air terjun.

Legenda Air Terjun

Air terjun yang terletak di daerah utara Jawa Tengah ini memiliki legenda yang terkenal. Konon, ada seorang pria yang berasal dari Desa Tunahan yang memiliki kekasih seorang gadis cantik yang tinggal di Desa Bucu, Kecamatan Kembang. Hubungan mereka berlanjut hingga menikah.

Suatu hari, ketika sang istri menyiapkan makanan untuk suaminya, ia menjatuhkan alat-alat dapur sehingga timbul suara gaduh. Ia kemudian ditegur oleh sang mertua karena takut suami yang sedang tidur jadi terbangun. Pada zaman dahulu, jika seorang pria melamar wanita, ia membawa barang-barang dapur seperti gelas, piring, wajan, dan lain sebagainya. Si mertua kemudian berkata dalam bahasa Jawa “kerja kok berisik, seperti bawaan suami kamu.”

Si suami yang mendengar hal tersebut menjadi tersinggung sehingga memutuskan untuk pindah dengan mengendarai gerobak yang ditarik oleh sapi. Oleh karena keadaan jalan yang begitu gelap pada malam hari, mereka tersasar dan terperosok ke dalam jurang yang sangat dalam, yang saat ini menjadi lokasi air terjun Songgolangit. Namun keberadaan sepasang suami istri tersebut tak ditemukan.

Legenda ini mempengaruhi keadaan di lingkungan masyarakat hingga timbul larangan bagi orang Desa Tunahan dan Desa Blucu untuk menikah. Masyarakat kemudian percaya bahwa sepasang suami istri itu menjadi penunggu air terjun. Selain itu mitos beredar tentang air terjun Songgo Langit bahwa airnya bisa membuat awet muda. Tiket masuk ke air terjun Songgo Langit sangat murah, yakni 2000 untuk orang dewasa dan 1000 untuk anak-anak. Fasilitas di tempat ini memadai dan terbilang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *