Salah satu kota metropolitan yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat adalah kota Bandung. Kota satu ini memiliki banyak julukan, namun yang paling terkenal adalah kota kembang. Hal ini bermula dari keindahan yang dipancarkan dari kota ini luar biasa, bahkan terlihat seperti hiasan bunga yang dapat tumbuh subur. Agar lebih mengenal seluk beluk kota kembang, yuk pelajari sejarah kabupaten bandung.

Julukan Awal Kota Bandung Sebelum Menjadi Ada Kabupaten

Pada awalnya, daerah Bandung mendapat julukan Tata Ukur sebelum menjadi kabupaten, memiliki arti sebagai daerah kerajaan Timbanganten dengan ibukota yang bernama Tegalluar, dimana Kerajaan ini ada di bawah komando Kerajaan Sunda Pajajaran. Namun sejak pertengahan abad ke 15, Kerajaan ini diperintahkan secara turun temurun oleh 3 orang, yaitu Prabu Pandaan Ukur, Dipati Ukur, dan Dipati Agung.

Asal Muasal Berdirinya Kabupaten di Kota Bandung

Disaat kabupaten ini berdiri, terjadi perubahan yang cukup terlihat , terutama pada bidang pemerintahannya. Hal ini dikarenakan kota Bandung dulunya dibawah kerajaan yang tidak memiliki status jelas, namun sekarang berubah menjadi daerah yang memiliki status administratif yang jelas. Dalam sejarah Bandung, disebutkan bahwa Bupati Bandung Tumeggung Wiraangunangun dan pengikutnya, kembali menuju Tatar Ukur.

Kabupaten ini, memiliki wilayah administratif yang bernaung di bawah pengaruh Mataram hingga akhir abad ke 17. Namun hal tersebut belum diketahui secara pasti, sebab sumber akurat yang memiliki data ini belum ditemukan hingga saat ini. Menurut sumber terpercaya disebutkan bahwa , tahapan awal terbentuknya kabupaten Bandung meliputi Tatar Ukur, Tanah medang, Sagaraherang, Timbanganten, dan Kahuripan.

Kabupaten ini dibentuk dari pemerintahan kerajaan Mataram dan dibawah pengaruh langsung dari kerajaan tersebut. Sehingga, sistem pemerintahan yang ada saat itu sesuai dengan sistem pemerintahan. Pada saat itu, bupati memiliki berbagai jenis simbol khusus sekaligus sebagai prajut bersenjata. Atribut yang digunakan tersebut, dapat menandakan besarnya dan kuatnya kekuasaan serta pengaruhnya Bupati terhadap rakyatnya.

Kota Bandung merupakan kota yang memiliki beragam julukan, mulai dari kota Kembang hingga Bandung Lautan Api. Semua julukan ini, memiliki sejarahnya sendiri, dimana mengingatkan akan Bandung yang dulu sebagai bentuk mengenang sejarah. Misalnya, julukan Bandung Lautan Api yang bermula dari sejarah masyarakat yang membakar segala harta benda yang dimiliki, kemudian meninggalkannya menuju pegunungan selatan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *