Selain dikenal dengan kota Khatulistiwa, Pontianak juga mendapat sebutan dari para Etnis Tionghoa Pontianak dengan nama ‘Khun Tien’. Ibu kota dari provinsi Kalimantan Barat ini terkenal dengan keaneka ragaman budaya. Namun tahukah kamu selain budaya yang berlimpah, Pontianak juga merupakan tempat pendidikan dan pariwisata yang baik ?  Yuk simak ulasan berikut untuk mengenal lebih dalam tentang Kota Pontianak.

Mengenal Pontianak, Sang Kota Khatulistiwa

Pontianak memang terkenal sebagai kota khatulistiwa, Letak geografis dari kota ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas. Pontianak dilalui oleh garis lintang 00, sehingga setiap 2 tahun sekali Pontianak akan merasakan matahari yang tepat berada lurus diatas. Momen seperti ini dapat dirasakan warga Pontianak setiap 21 hingga 23 maret, dan 21 hingga 23 September. Pada momen tersebut, dapat dikatakan sebagai hari tanpa bayangan yang terjadi di Pontianak.

Fakta Pontianak yang dilintasi oleh garis Khatulistiwa ini, semakin dipertegas dengan adanya tugu Khatulistiwa yang digunakan sebagai tonggak ekuator. Tugu ini dibangun pada tahun 1928 oleh seorang ahli geografi, yang berasal dari Belanda. Selain tugu tersebut, Pontianak juga dilalui oleh sungai terpanjang di Indonesia yaitu sungai Kapuas dan sungai Landak. Seluruh keunikan tersebut kemudian digunakan pemerintah daerah setempat sebegai lambang Pontianak.

pickupimage.com

Wisata Kuliner di Pontianak

Pontianak memiliki wisata kuliner yang memiliki banyak macam, dari pagi hingga malam hari kamu dapat menemukan berbagai kuliner berbeda di setiap sudut kotanya. Kuliner yang ada di Kota Pontianak memang didominasi oleh rasa asin, namun masakan dan jenis bumbu yang dimasak di kota ini tetap terasa pas di lidah.

Ada berbagai kuliner yang wajib kamu coba ketika mengunjungi Pontianak seperti Chai Kwe, Tau Swan, hingga kuliner menyegarkan dari Sagu Gunting. Setiap kuliner yang ada di tempat ini memiliki cita rasa yang berbeda beda. Namun setiap masakannya tentu memberikan kesan serta kenimatan tersendiri.

Olahraga yang Digandrungi di Pontianak

Setiap hari Minggu Pontianak mengadakan sebuah acara car free day di sepanjang jalan Ahmad Yani. Acara ini akan dilakukan pukul 06.00 hingga 09.00. Sehingga masyarakat Pontianak dapat berolahraga seperti jogging, bersepeda, hingga senam bersama maupun sendiri. Untuk keamanan, para polisi akan selalu berjaga di beberapa tempat sehingga masyarakat dapat berolahraga dengan aman dan nyaman.

Berbicara tentang olahraga, Pontianak dapat dikatakan cukup menggandrungi olahraga basket. Dalam setahun bisa lebih dari lima pertandingan dapat dilaksanakan di kota ini, seringnya acara pertandingan basket ini membuat para masyarakat muda sekarang banyak yang menekuni cabang olahraga basket.

Melihat banyaknya warga yang menekuni olahraga basket, membuat pemerintah daerah kota Pontianak pun semakin memberikan fasilitas yang berlimpah. Fasilitas yang disediakan oleh kota ini cukup melengkapi kebutuhan atllit cabang olahraga basket dengan baik seperti dari segi lapangan yang memadai, hingga  pelatihan bagi yang ingin menekuni olahraga basket.

Melihat dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah Pontianak tersebut, tak heran apabila olahraga basket semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain olahraga basket, beberapa olahraga bola yang lain pun cukup mendominasi Pontianak. Olahraga yang cukup digemari di Pontianak, seperti futsal dan voli.

pickupimage.com

Perekonomian Pontianak

Perekonomian Pontianak lebih didominasi oleh perdagangan, pertanian, dan industri. Sektor pertanian di Pontianak, banyak menghasilkan beberapa tanaman umbi seperti ubi kayu dan ubi rambat. Selain itu, Pontianak juga terkenal dengan lidah buaya yang berlimpah. Bahkan banyak yang menggunakan lidah buaya untuk setiap adonan masakannya, mulai dari jajanan ringan hingga makanan pokok.

Sektor yang paling pesat perkembangannya adalah sektor perdagangan.  Hingga saat ini pusat perbelanjaan mulai menjamur di beberapa tempat, sehingga memberikan dampak yang signifikan kepada kemajuan Pontianak. Sedangkan untuk sektor industri, kota Pontianak memiliki sekitar 34 perusahaan besar yang menyerap tenaga kerja hingga mencapai 3000 SDM. Perusahaan besar tersebut seperti industri karet, makanan ringan, hingga anyaman.

Perekonomian di tempat ini pun banyak dimanfaatkan oleh para jasa jual rumah Pontianak, hal ini karena banyaknya pelancong yang ingin membuka usaha di kota ini. Kota ini bisa dikatakan tempat yang cocok untuk membuka usaha, melihat banyaknya kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat Pontianak.

pickupimage.com

Pendidikan di Pontianak

Meskipun tidak memiliki tempat yang cukup besar, namun bukan berarti fasilitas pendidikan di Pontianak tidak tercukupi. Justru Pontianak memiliki instansi pendidikan yang mencangkup sekolah tingkat kanak kanak hingga SMA. Bahkan Pontianak memiliki total 13 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Beberapa perguruan tinggi yang ada di Pontianak seperti Politeknik Pontianak, POLTEQ, Politenik Kesehatan Kemnkes, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Syarif Adurrahman.

Selain sekolah tinggi dan Politeknik tersebut, kota Pontianak pun memiliki beberapa Universitas. Ada total 4 universitas yang berada di Pontianak seperti Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas Widya Dharma Pontianak, Universitas Panca Bhakti, Serta Universitas Tanjungpura. Dengan lengkapnya instansi pendidikan dari berbagai jurusan tersebut, tentu membetikan fasilitas belajar bagi warga Pontianak.

Kota Pontianak menjadi sebuah kota yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dengan garis lintang 00. Dari keunikan letak kota tersebut, membuat Pontianak banyak mengalami fenomena alam yang menakjubkan seperti fenomena ‘hari tanpa bayangan’. Melihat keunikan tersebut, apakah kini kamu pun tertaruk mengunjungi kota ini ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *