Prosedur Renang Gaya Dada yang Baik dan Benar

Renang gaya dada adalah salah satu dari banyak gaya renang yang gerakannya mirip katak. Jadi terkadang gaya dada juga biasa disebut gaya katak karena perenang akan menghentakkan kedua kakinya untuk berenang seperti katak.

Gaya renang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, jadi tidak ada salahnya jika ingin menguasai gaya ini. Memang butuh latihan keras, akan tetapi jika sungguh-sungguh pasti akan cepat berhasil menguasainya. Nah, di bawah ini akan diulas prosedur dan teknik berenang gaya dada.

Prosedur Renang Gaya Dada yang Baik dan Benar

pexels.com

Gerakan Meluncur

Sebelum memulai berbagai gerakan dalam berenang, tentu perenang harus tahu dengan benar bagaimana cara meluncur ke kolam renang. Jadi ini juga bisa disebut gerakan paling dasar dalam berenang. Tidak peduli gaya yang ingin Anda praktikkan, gerakan meluncur harus tepat dan sempurna.

Gerakan meluncur yang baik dan benar memang harus dikuasai setiap perenang. Dengan gerakan meluncur yang baik maka perenang tidak akan merasa takut ketika berenang dalam air. Selain itu perenang juga bisa menyesuaikan tubuh dengan suhu air serta mengurangi risiko cedera.

Caranya adalah pertama perenang harus berdiri di pinggiran kolam dengan satu kaki menempel dinding kolam. Kemudian posisikan badan seperti gerakan rukuk dalam shalat dengan tangan lurus ke depan mengapit kedua telinga.

Dengan bantuan kaki yang menempel pada dinding kolam, dorong tubuh dengan kekuatan maksimal dan tubuh akan meluncur ke depan. Ketika meluncur, posisikan tangan tangan, kaki dan tubuh lurus ke depan sejajar dengan permukaan air dan jaga keseimbangan tubuh.

Gerakan Kaki

Setelah mengetahui prosedur meluncur yang benar, maka selanjutnya adalah belajar tentang gerakan kaki pada gaya renang dada. Gerakan kaki sangat penting karena gerakan inilah yang menjadi sumber gerak dalam air. Lakukan gerakan kaki dengan benar, maka Anda bisa dengan cepat meluncur di dalam air.

Cara menggerakkan kaki dengan benar adalah dengan memposisikan badan telungkup sejajar dengan permukaan air. Gunakan dinding kolam sebagai pegangan dan jangan lupa posisikan kepala dalam kondisi bisa bernafas.

Setelah itu tarik kedua kaki ke arah samping dan luruskan kembali seperti gerakan katak yang sedang berenang. Jangan lupa untuk membuat hentakan kuat ketika kaki akan menutup agar gerakan semakin maksimal. Lakukan gerakan ini sesering mungkin hingga tubuh Anda menguasainya.

Gerakan Tangan

Meski gerakan tangan tidak menghasilkan sumber gerakan sekuat kaki, namun gerakan ini tidak kalah penting. Salah satu kegunaannya adalah untuk menjaga tubuh tetap seimbang dan tidak oleng di dalam air. Gerakan ini juga bisa mempermudah kepala ketika sedang ingin membutuhkan oksigen.

Untuk melatih gerakan tangan dengan hasil yang maksimal, maka caranya adalah dengan meletakkan kaki pada dinding kolam. Kemudian luruskan kedua tangan dan tarik ke arah dada dengan berirama sembari mendayung air dengan telapak tangan. Anda juga bisa latihan gerakan tangan dengan papan seluncur.

Latihan Pernafasan

Jika sudah menguasai gerakan meluncur, gerakan kaki dan gerakan tangan maka selanjutnya harus menguasai pernafasan yang baik dan benar. Dalam renang gaya dada, pernafasan dapat dilakukan ketika tangan ditarik ke samping dan kepala mendongak ke atas untuk menghirup oksigen.

Kepala dalam renang gaya dada harus dalam menghadap ke bawah karena jika menghadap ke depan malah akan membebani kepala. Lakukan pernafasan setiap dua hingga empat kali gerakan.

Manfaat Renang Gaya Dada

pexels.com

Menguatkan Tulang dan Otot

Berenang gaya dada memang mengharuskan banyak bagian dalam tubuh untuk ikut bergerak, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Jadi tidak mengherankan apabila otot-otot tubuh dan tulang bisa kuat karena rutin latihan.

Meningkatkan Kebugaran Jantung dan Paru-paru

Berenang gaya dada juga dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru. Renang memang jenis kardio yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung, maka oksigen bisa mengalir dengan lancar dalam tubuh. Imbasnya paru-paru juga bisa bekerja semakin optimal.

Menstabilkan Tensi dan Gula Darah

Renang gaya dada yang bisa menyehatkan jantung berarti tekanan darah tinggi juga bisa diminimalisir. Berenang juga mampu meningkatkan sensivitas insulin sehingga kadar gula dalam darah bisa lebih terjaga.

Membakar Lemak

Beranang memang salah satu jenis olahraga yang bisa membakar lemak dengan maksimal. Berenang gaya dada bolak-balik dalam 10 menit mampu membakar hingga 60 kalori. Bayangkan jika aktivitas renang Anda lama.

Demikianlah ulasan tentang porsedur renang gaya dada berserta manfaatnya untuk kesehatan manusia. Agar aktivitas berenang semakin nyaman maka baju renang yang dikanakan harus tepat. Untuk wanita muslim bisa andalkan outfit baju renang muslimah, yang menutup aurat sesuai dengan ajaran Islam tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *