Hindari Kesalahan Fatal, Yuk Pelajari Peraturan Futsal yang Benar

 

Futsal merupakan salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing masing tim terdiri dari lima orang. Salah satu tim dikatakan menang jika berhasil mencetak gol lebih banyak dibandingkan lawan. Sama halnya dengan permainan olahraga yang lain, futsal juga memiliki peraturan agar permainan bisa berjalan lebih lancar dan tertib. Berikut ini beberapa peraturan futsal mulai dari ukuran lapangan hingga sanksi pelanggaran.

Peraturan Permainan Futsal yang Wajib Diketahui Pemain

  1. Ukuran Lapangan dan Gawang

Lapangan futsal berbentuk persegi empat dengan ukuran lapangan berdasarkan standar FIFA yakni panjang lapangan antara 18 hingga 25 meter dan panjangnya antara 38 hingga 42 meter. Sedangkan tebal  garis tengah lapangan 8 cm. Namun, jika permainan dalam lingkup regional atau nasional biasanya menggunakan ukuran lapangan lebih kecil.  Selain itu, lapangan juga harus memiliki permukaan yang halus dan tidak kasar untuk meminimalisir cedera pada pemain.

Gawang futsal berbentuk tiang sejajar, dengan jarak antara tiang tiga meter dan jarak dasar permukaan lapangan dan sisi bawah batangan yakni dua meter, dan lebar kedalaman baik tiang vertikal maupun horizontal adalah 8 cm. Jaring menggunakan tali nilon atau rami dan dipasang pada tiang vertikal dan horizontal gawang. Untuk kedalaman gawang futsal memiliki ukuran minimal 80 cm dan maksimalnya 100 cm.

  1. Penentuan Tempat Kedua Tim

Peraturan futsal juga meliputi pemilihan tempat kedua regu dan menentukan arah tendangan untuk memulai pertandingan. Cara memilih tempat ini dilakukan dengan melempar koin, dimana tim yang menang akan memutuskan gawang yang akan diserang di babak pertama. Sedangkan tim lain melakukan tendangan di babak pertama sebagai tanda dimulainya pertandingan. Selanjutnya pada babak kedua,  tim yang menang lemparan koin akan melakukan tendangan pertama.

Di babak kedua ini, para tim akan berpindah tempat dan saling menyerang gawang lawan. Tendangan pertama untuk memulai pertandingan dikenal dengan kick off. Selain untuk permulaan pertandingan, kick off juga dilakukan setelah gol tercipta, pada permulaan masing masing periode perpanjangan waktu atau setelah gol dicetak langsung dari kick off. Cara melakukan kick off dengan menempatkan bola di tengah lapangan, kemudian menunggu isyarat dari wasit.

  1. Jumlah Pemain Futsal dan Pergantian Pemain

Masing masing tim terdiri dari lima orang dimana salah satunya bertugas untuk menjaga gawang. Sedangkan jumlah pemain cadangan futsal maksimal tujuh orang pemain. Peraturan futsal mengenai pergantian pemain tidak menerapkan adanya batasan pergantian saat pertandingan berlangsung. Adapun pergantian pemain dapat dilakukan ketika bola di dalam atau di luar lapangan, namun harus dilakukan di daerah pergantian sendiri.

Pemain pengganti baru bisa masuk ke lapangan ketika pemain yang diganti sudah melewati batas lapangan. Selain itu, pergantian pemain juga harus dengan persetujuan wasit dan dianggap sah jika pemain pengganti telah masuk lapangan dan pemain yang digantikan telah keluar. Penjaga gawang juga dapat menggantikan tempat pemain yang lain. Pelanggaran dalam pergantian pemain bisa berakibat dikeluarkannya kartu kuning untuk pemain pengganti.

  1. Perlengkapan Permainan

Perlengkapan pemain juga diatur dan harus ditaati, karena jika tidak maka pemain akan diperintahkan oleh wasit untuk keluar dari lapangan untuk membetulkan perlengkapan atau melengkapi perlengkapan yang hilang. Untuk menjamin keselamatan, seorang pemain dilarang memakai peralatan apapun yang dapat membahayakan dirinya sendiri atau pemain yang lain. Standar perlengkapan untuk bermain futsal meliputi baju futsal, kaos kaki dan sepatu.

Aga lebih mudah membedakan antara kedua tim, maka masing masing pemain dalam tim harus memiliki baju yang seragam sehingga harus buat jersey futsal. Peraturan futsal membolehkan penjaga gawang menggunakan celana panjang namun bagian luarnya harus tertutup oleh kaos kaki. Selain itu, penjaga gawang harus menggunakan warna yang berbeda untuk memudahkan wasit saat membedakan dengan pemain yang lain.

  1. Menjatuhkan Bola

Setelah terjadi penghentian permainan futsal sementar, maka memulai pertandingan dilakukan dengan menjatuhkan bola. Selain itu, menjatuhkan bola juga dilakukan untuk melanjutkan pertandingan berhenti yang tidak disebabkan oleh bola mati. Aturan permainan ini tidak karena bola melalui garis gawang atau garis samping atau penyebab lain yang tidak tercantum dalam permainan. Prosedurnya dilakukan dengan wasit menjatuhkan bola di tempat terakhir bola berhenti.

Dalam hal ini terjadi pengecualian jika bola di dalam daerah pinalti, maka permaian baru bisa dimulai jika bola telah menyentuh lapangan. Menjatuhkan bola akan diulang kembali oleh wasit bila sebelum bola menyentuh permukaan lapangan, daan terdapat pemain yang menyentuh bola tersebut. Selain itu peraturan futsal ini juga berlaku jika bola meninggalkan lapangan setelah terjadi kontak dengan tanah tanpa tersentuh oleh pemain.

  1. Pelanggaran yang Perlu Diwaspadai

Terdapat beberapa pelanggaran yang harus dihindari oleh para pemain futsal. Tentu pengetahuan tentang pelanggaran ini sangat penting bagi pemain pemula agar bisa menghindari kesalahan dalam permainan. Mengingat saat melakukan pelanggaran, pemain dan atau timnya akan dikenai sanksi oleh wasit. Beberapa pelanggaran tersebut diantaranya ketika penendang menyentuh bola kedua kalinya sebelum pemain lain menyentuhnya.

Jika terjadi hal tersebut, maka tendangan bebas dilakukan di lakukan di tempat pelanggaran tersebut. Sedangkan jika pelanggaran dilakukan di dalam daerah pinalti lawan, tendangan bebas tidak berlangsung di garis penalti melainkan dari tempat terdekat dari terjadinya pelanggaran. Selain itu, beberapa sanksi disiplin juga harus diperhatikan dengan baik agar pemain tidak mendapatkan kartu kuning atau kartu merah sehingga berpotensi dikeluarkan dari permainan.

Sayangnya banyak pemain yang tidak memahami peraturan futsal sehingga tanpa sadar melakukan pelanggaran. Beberapa hal yang menyebabkan pemain dikeluarkan diantaranya bermain dengan sangat kasar, melakukan tindakan kasar tau  menghalangi lawan untuk menciptakan gol dengan sengaja, seperti memegang bola dengan cara yang tidak diperbolehkan. Wasit juga berhak mengeluarkan pemain yang mencaci atau menghina pemain lain.

Itulah beberapa peraturan yang harus ditaati saat sedang bermain futsal. Ada baiknya jika belum pernah bermain futsal sebelumnya, kamu harus memahami peraturan tersebut. Dengan mengetahui dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan, kamu bisa mengikuti permainan dengan baik hingga akhir pertandingan. Jadi bukan hanya mencetak gol yang sebanyak mungkin, tetapi juga bermain dengan cara yang sportif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *