Olive lovebird merupakan salah satu hasil mutasi dan perkawinan silang standard berwarna hijau atau disebut Josan. Josan merupakan singkatan dari ijo standard. Kemudian warna burung ini bermutasi menjadi warna hijau tua dan double dark green dan kemudian biasa disebut olive lovebird. Olive lovebird sendiri ada tiga jenis yaitu olive perso (personata) yang memiliki ciri hitam legam pada kepalanya. Olive ficheri yang terdapat cemong atau warna hitam yang tidak dominan pada kepalanya. Dan yang ketiga ada lovebird pastel olive yaitu yaitu hampir sama dengan pastel kuning namun warna olivenya lebih dominan.

Untuk menghasilkan olive lovebird perlu melakukan perkawinan silang yang dilakukan berulang-ulang oleh para penangkar lovebird. Mutasi yang dialami oleh lovebird ternyata membuat burung ini unik dan memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Ciri-Ciri Olive Lovebird

Supaya mengenal lebih baik burung olive lovebird ini, dibawah ini merupakan ciri-ciri olive lovebird. Nah langsung aja nih ciri-cirinya sebagai berikut:

pxhere.com
  1. Berwarna hijau

Burung olive lovebird sebagian tubuhnya dari mulai sayap dan bagian punggung berwarna hijau gelap atau olive.

  1. Bagian leher warna kuning

Terdapat warna kuning pada bagian leher baik depan maupun belakang.

  1. Kepala berwarna gelap

Pada bagian kelapa olive lovebird berwarna gelap sedangkan pada wajahnya berwarna orange terang.

  1. Ujung sayap berwarna hitam

Selain itu burung olive lovebird ini memiliki warna hitam pada bagaian ujung sayap dan ujung ekor saja.

  1. Tercipta karena mutasi

Burung olive lovebird ini tercipta karena mutasi atau perubahan pada genetik baik itu DNA maupun RNA. Setelah itu menghasilkan sebuah alel baru atau sebuah evolusi warna dan spesies. Tapi sesungguhnya semua itu terjadi tidak terlepas dari campur tangan manusia juga sebenarnya. Bisa karena penangkaran dan perkawinan silang yang menghasilkan bermacam variasi warna yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana untuk menghasilkan jenis burung olive lovebird? Untuk menghasilkan anakan anakan olive lovebird yatu harus menjodohkan sepasang indukan lovebird jenis olive juga. Maka hasil keturunannya pun akan dominan olive.

Apabila pejantan olive lovebird dikawinkan dengan lovebird jenis lain, misalnya dengan cobalt betina. Maka keturunannya pun akan menghasilkan olive juga, walaupun nanti keturunannya akan keluar warna olive atau bisa juga cobalt. Bahkan bisa juga menghasilkan lovebird jenis baru.

pxhere.com

Cara Menghasilkan Anakan Yang Bagus

Di bawah ini merupakan cara ternak lovebird dan menghasilkan anakan olive lovebird yang berwarna bagus. Caranya adalah dengan menjodohkan indukan lovebird dengan warna sebagai berikut:

  1. Lovebird olive X Lovebird olive

Jika mengawinkan kedua jenis olive lovebird dengan sesama olive lovebird maka akan menghasilkan 80% anakan lovebird olive juga.

  1. Lovebird olive X Lovebird hijau standard

Jika mengawinkan lovebird olive dengan lovebird hijau standard maka akan menghasilkan 30% anakan olive lovebird.

  1. Lovebird batman X Lovebird olive

Jika mengawinkan lovebird jenis batman dengan burung olive lovebird maka akan menghasilkan 80% anakan olive lovebird.

  1. Lovebird dark green (hijau tua) X Lovebird dark green

Jika mengawinkan lovebird dark green (hijau tua) dengan sesama lovebird dark green maka akan menghasilkan 30% anakan plive lovebird.

  1. Lovebird batman X hijau standard

Jika mengawinkan lovebird batman dengan hijau standard maka akan mengasilkan 30% anakan olive lovebird.

  1. LoveBir warna biru kobal X dIndukan lovebird paskun kotor

Jika mengawinkan indukan lovebird paskun kotor dengan lovebird warna biru kobal maka akan menghasilkan 25% anakan olive lovebird.

Masing-masing perkawinan silang tersebut dapat dicoba tujuannya agar mendapatkan hasil anakan olive lovebird yang berkualitas.

pxhere.com

Harga burung olive lovebird

Harga burung olive lovebird ini dipasar-pasar burung tradisional berkisar antara 300 ribu sampai 700 ribu rupiah tergantung dari usia burung olive lovebird itu sendiri. Burung olive ini di beberapa daerah bisa berkisar hingga jutaan rupiah harganya. Rentang harga yang cukup tinggi tersebut dikarenakan kelangkaan atau jumlah permintaan tidak seimbang dengan keberadaan stok burung olive lovebird tersebut.

Sedikit saran yang akan saya bagikan kepada teman-teman nih bahwa lebih baik membeli burung itu lebih baik kepada penangkar olive ovebird saja. Sebab kualitas yang langsung dibeli dari pengkar burung lovebird pasti sudah terjamin. Seorang penangkar khusus burung lovebird tentu saja penghidupannya hanya dari usaha tersebut dan dia tidak mungkin akan berbohong, apalagi sampai mempertaruhkan nama baik usahanya demi keuntungan sesaat. Itulah sebabnya kenapa membeli burung di penangkar khusus burung olive lovebird lebih terjamin kualitasnya.

Meskipun harganya akan lebih mahal sedikit apabila dibandingkan dengan burung yang dijual di pasar burung tradisional. Akan tetapi kita bisa mengetahui dengan tepat burung olive lovebird tersebut karena biasanya akan ada catatan kapan burun tersebut dilahirkan dan lain sebagainya. Selain itu kita akan lebih merasa puas apabila membeli langsung kepada penangkar burung olive lovebird karena kualitas, mutu dan semuanya telah terjamin dengan baik.

Nah itu dia beberapa hal yang jarang diketahui oleh orang-orang mengenai burung olive lovebird. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang akan memelihara atau melakukan persilangan burung olive lovebird.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *