Step Teknik Penyerbukan Bunga Salak yang Benar

Bunga salak yang terdapat dalam pohon faktanya termasuk pada jenis tanaman berumah dua. Artinya antara bunga jantan dan bunga betina tak terdapat dalam satu pokok yang sama. Untuk itu diperlukan bantuan sebagai berikut untuk penyerbukannya.

Step Penyerbukan Bunga Salak

Pilih Bunga Salak Dewasa

Bunga salak betina yang telah matang berwarna merah cerah dengan bintil-bintil bunga yang telah jelas menyembul. Sedangkan bunga salak jantan yang telah matang siap mengalami penyerbukan memiliki semburat warna merah juga namun lembut. Didominasi dengan warna kuning dari serbuk sari yang telah siap.

Proses Penyerbukan

Satukan atau poleskan misal dengan kuas dan seterusnya agar serbuk sari bunga jantan menempel sempurna pada seluruh bagian bunga salak betina. Lakukan secara teliti dan perlahan untuk hasil maksimal.

Paska Penyerbukan

Setelah serbuk sari bunga jantan tercampur atau menempel sempurna pada keseluruhan bunga betina, maka pastikan hasil serbukkan tersebut aman dari gangguan. Anda bisa gunakan pelindung alamiah dari rakitan dedaunan ya. Selamat mencoba, semoga menghasilkan buah salak terbaik dalam jumlah melimpah.

Demikianlah step dari penyerbukan bantuan antara bunga salak jantan serta betina yang mudah-mudahan bisa banyak membantu bagi para pembaca. Semoga dapat menambah wawasan positif yang mana membantu memberikan keuntungan khususnya bagi Anda yang tertarik mendalami perihal bidang perkebunan buah salak. Bagaimanapun juga salak merupakan komoditi unggulan asli Indonesia lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *