Inilah Beberapa Manfaat Beras Jagung Untuk Kesehatan

Beras jagung merupakan sebuah produk yang dibuat dengan bahan utama jagung yang di tumbuk dan dianyak menjadi seperti beras dari padi. Beras jagung bisa menjadi alternatif pangan pengganti padi apabila ingin merasakan sensasi yang lain. Kandungan gizi dan karbohidrat dari beras jagung juga tidak kalah tinggi dari beras padi.

Di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Jawa Timur dan juga di Nusa Tenggara, nasi atau beras jagung menjadi makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa nasi jagung memiliki banyak kandungan gizi yang lebih tinggi dari beras semisal vitamin, mineral, dan serat. Kami akan mengulas manfaat dari nasi jagung secara lengkap.

1. Beras Jagung Mengandung antioksidan

Manfaat pertama dari beras jagung adalah Mengandung antioksidan. Hal ini di karenakan beberapa varietas jagung tertentu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan di dalam jagung tersebut disebut dengan karoten. Beberapa kandungan antioksidan yang ada di dalam jagung antara lain adalah asam syringic, zeaxanthin, lutein, asam caffeic, dan asam benzoat 4-OH.

Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat besar untuk kesehatan manusia. Seperti halnya antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk melindungi mata dari gangguan mata degeneratif seperti penyakit katarak dan juga bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung yang bisa merusak kulit.

2. Beras Jagung Bebas gluten

Beras jagung setelah di teliti tidak memiliki kandungan gluten. Gluten sendiri merupakan salah satu zat yang masuk dalam golongan protein. Biasanya gluten ditemukan pada biji-bijian seperti nasi putih dan juga gandung. Mengkonsumsi gluten secara berlebihan bisa memiliki efek samping.

Terlebih bagi orang yang mengidap penyakit celiac ketika mengkonsumi gluten secara berlebihan bisa berakibat efek samping semisal kelelahan, kembung, sembelit,  diare, dan sakit perut. Dan nasi jagung bebas dari gluten secara alami sehingga nasi jagung bisa kamu jadikan sebagai makanan pokok alternatif pengganti nasi putih.

Nah itulah beberapa manfaat dari beras jagung. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *