Suka dengan Memelihara hewan? Inilah 5 Cara Merawat Kucing

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai hewan peliharaan? Jika iya, maka Anda dituntut untuk mengetahui cara merawatannya. Apalagi untuk hewan dengan karakteristik seperti kucing. Meskipun terkesan sebagai hewan mandiri dan kokoh. Namun, bukan berarti sebagai pemilik Anda bisa lepas tangan begitu saja. Tepat, ibarat mahkhluk hidup lainnya. Hewan peliharaan juga membutuhkan perhatian dari pemilik. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa membawa kucing pada dokter hewan termasuk tugas penting.

Cara Merawat Kucing Peliharaan

  1. Pemeriksaan secara teratur

Sebagai pemilik Anda harus memeriksakan kucing secara teratur. Hal ini dilakukan sesuai anjuran dari dokter hewan. Sebab, meskipun terlihat baik-baik saja kucing masih memperlukan pemeriksakan secara menyeluruh. Jangan sampai karena terlalu sibuk Anda lupa dengan jadwal periksa sampai kutu kucing tumbuh dan merusak kesehatannya.

  1. Menyisir bulu kucing

Tugas selanjutnya ialah menyisir bulu kucing. Ada baiknya kegiatan ini dilakukan secara rutin untuk menghindari kemunculan kutu. Ketika kucing mempunyai bulu tipis hendaknya menggunakan slicker brush. Sedangkan untuk kucing dengan bulu tebal gunakanlah pin brush. Keduanya berfungsi dalam mengurangi kerontakan bulu pada kucing. Bagaimanapun seorang kucing bertambah cantik dengan penampilan bulu yang sehat.

  1. Sikat gigi

Berikutnya lakukan penyikatan gigi secara rutin. Ketika Anda tidak ahli untuk bidang ini. Tidak ada salah berikan pada pihak profesional. Sebab, pasta gigi hewan juga memperlukan perhitungan secara tepat. Sedangkan sekarang sudah banyak jasa perawatan hewan peliharaan. Anda hanya perlu mendaftar dan memilih paket perawatan yang diinginkan.

  1. Alas untuk tidur

Alas tidur bagi kucing tidak hanya melindunginya dari lingkungan kotor. Namun, alas ini juga berfungsi untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit. Ketika Anda memutuskan memelihara hewan peliharaan. Sudah seharusnya paham mengenai konsekuensi yang harus dilakukan.

  1. Makanan

Selanjutnya ialah perhatikan makanan yang diberikan. Anda bisa mendapat informasi mengenai gizi tersebut dari dokter hewan. Sedangkan untuk memperoleh jenis makanan bisa lihat di berbagai gerai toko khusus hewan peliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *