Kenali Lebih Jauh Tentang Jenis Ikan Baronang

Sekarang ini memang banyak sekali jenis ikan yang hadir ditengah kita. Dimana ikan Baronang ini menjadi salah satu sumberdaya perairan laut yang kini sudah banyak dikonsumsi. Ikan tersebut memang diminati banyak konsumen. Hal ini tak lain karena dagingnya terbilang gurih dengan nilai gizi tinggi. Penyebaran ikan tersebut memang sudah meluas bahkan hampir semua wilayah perairan di Indonesia. Inilah mengapa ikan tersebut mempunyai mulut kecil, gigi seri maupun gigi geraham yang sudah berkembang sempurna.

Kali ini anda pun harus mengerti beragam jenis dari ikan tersebut. Sebab ikan ini ternyata sudah terbagi menjadi beberapa jenisnya yakni:

  • Siganus Canaliculatus

Jenis ikan ini mempunyai tubuh sampai dengan 23 cm.  Lebar badannya saja berkisar antara 2,4 sampai dengan 2,7 kali dari panjang standarnya. Dengan badannya bentuk oval menyamping dengan warna kecoklatan serta bintik putih yang tersebar pada seluruh tubuh.

  • Signus Virgatus

Ikan jenis ini memang terkenal sebagai baronang emas. Dimana panjang tubuh ikan sudah mencapai sekitar 20 cm. Bentuk badannya saja oval dan juga menyamping dengan lebar badannya 1,9 sampai 2,2 kali dari panjang standartnya. Tubuhnya memang memiliki warna cokelat tua agak kekuningan.

  • Siganus Guttatus

Jenis baronang yang satu ini memiliki warna tubuh abu-abu kebiruan dengan adanya bagian bawah berwarna keperakan. Bahkan hadir pula beberapa bintik dengan ukurannya sebesar bola mata. Di bagian bawahnya sirip punggung ada bercak besar berwarna kuning. Bentuk tubuh memang oval menyamping dengan lebar badannya sekitar 1,8-2,3 kali panjang standar. Ikan tersebut menariknya memiliki 17 jari keras bahkan juga 10 jari lunak pada bagian sirip punggung.

  • Siganus Vermiculatus

Baronang jenis yang satu ini seringkali disebut ilayak tutam. Dimana bagian tubuhnya telah tertutup garis berkelok layaknya cacing. Sirip bagian ekornya saja agak cekung bahkan duri pada sirip duburnya sedikit memanjang. Lebar badannya berkisar 1,9 sampai dengan 2,2 kali panjang standar nya. Tentunya ikan ini mempunyai 13 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak yang ada bagian sirip punggungnya.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai jenis ikan Baronang yang perlu anda ketahui. Semoga saja mampu memperluas pengetahuan anda mengenai ikan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *