Unik, Karakteristik Ketela Pohon Gajah

Ketela pohon gajah sekilas tidak ada perbedaan dengan ketela pohon pada umumnya. Bahkan penampakannya sama persis. Perbedaannya yaitu ukuran ketela pohon yang dapat mencapai sepanjang anak umur 7 tahun. Itulah kenapa ketela pohon gajah ini begitu diminati oleh para petani ketela. Hal ini karena hasil yang didapatkan lebih besar dengan umur yang sama dengan ketela pohon pada umumnya.

Karakteristik Ketela Pohon Gajah

  1. Anatomi

Ketela pohon gajah memiliki penampakan yang sama persis dengan ketela pohon biasa. Namun, ketela jenis ini dapat mencapai tinggi hingga 4-5 meter. Pada umur 8 bulan telah dapat dipanen dengan jumlah umbi sebanyak 11-16 umbi per pohonnya. Merupakan varietas yang berasal dari Kalimantan Timur. Daun muda dan batang mudanya memiliki warna ungu kemerahan.

  1. Habitat

Tumbuh optimal pada daerah dengan curah hujan 200-300 mm. Suhu udara paling rendah yaitu 100C. Bila ditanam pada daerah yang memiliki suhu terendah lebih rendah dari 100C ini dapat mengakibatkan pertumbuhannya menjadi kerdil dan tidak dapat menghasilkan umbi yang optimal. Selain itu, pertumbuhan bunga juga dapat terganggu. Kelembapan udara yang dibutuhkan yaitu 60-65% dan terkena sinar matahari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *