Tanda-Tanda Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut atau yang disingkat GGA merupakan kondisi dimana tiba-tiba ginjal anda mengalami kerusakan yang mendadak, sehingga tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Menghilangnya fungsi ginjal secara mendadak ini disebut juga dengan cedera ginjal akut, tiga penyebab utamanya adalah  kerusakan pada ginjal, kurangnya aliran darah dan penyumbatan urine pada ginjal.

Umumnya penyakit gagal ginjal merupakan komplikasi dari penyakit-penyakit serius lainnya. Meski menunjukkan gejala awal yang mirip penyakit umum lainnya jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan fungsi ginjal berhenti dan membahayakan nyawa pengindapnya. Berikut beberapa tanda-tanda awal yang dirangkum:

  1. Kencing berdarah

Jika ginjal sehat maka saat menjaring limbah dalam tubuh sel darah merah akan terlindungi untuk menghasilkan urine. Tetapi jika proses filtrasi atau penyaringan telah rusak maka sela darah merah bisa bocor dan ikut masuk ke dalam urine. Selain tanda dari penyakit gagal ginjal, keluarnya darah bersama urine juga indikasi dari penyakit infeksi ataupun batu ginjal.

  1. Kelelahan

Penurunan yang parah pada fungsi ginjal  dapat memicu menumpuknya kotoran dan racun dalam darah. Hal ini menyebabkan penderita sulit berkonsentrasi karena cepat merasa lelah. Anemia merupakan komplikasi dari penyakit ini yang dapat menimbulkan kelelahan dan kelemahan.

  1. Kulit gatal dan kering

Kulit yang gatal dan juga kering menjadi salah satu pertanda penyakit tulang dan mineral yang dapat menyertai penyakit gagal ginjal dalam stadium selanjutnya. Gejala pada kulit yang gatal dan kering menandakan bahwa ginjal tidak mampu menjaga keseimbangan antara nutrisi dan juga mineral dalam tubuh.

  1. Pembengkakan

Selain lelah penurunan fungsi ginjal juga menyebabkan retensi natrium yang apat menyebabkan beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan. Ini merupakan salah satu ciri yang bisa anda amati seperti pembengkakan pada tangan, kaki, wajah, atau lengan yang disebabkan karena cairan berlebih pada tubuh yang terakumulasi.

Jika anda mengalami tanda-tanda seperti di atas cepatlah pergi ke dokter untuk mengetahui apakah anda mengalami gagal ginjal atau tidak. Dengan begitu anda dapat mengantisipasinya sedini mungkin sehingga penanganannya juga belum terlalu berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *