Agar Tumbuh Sehat, Yuk Simak Cara Merawat Ikan Koki

ikan hias di rumah hunian, memang menjadi salah satu aktifitas yang menarik untuk dicoba. Bahkan diketahui, pecinta ikan hias air tawar semakin meningkat setiap tahunnya.  Tidak hanya bentuknya saja yang menarik, namun warna dari ikan hias air tawar mampu menarik perhatian para pecintanya. Ikan koki, merupakan jenis ikan yang banyak dipelihara saat ini. Agar tidak salah dalam perawatannya, berikut cara merawat yang benar.

Cara Amerawat Koki Agar Tumbuh Sehat

  1. Sediakan Aquarium Dengan Ukuran Yang Pas

Ketika ingin merawat sebah ikan, tentu saja anda membutuhkan aquarium sebagai tempat tinggal ikan.  Koki merupakan jenis ikan yang cocok untuk dipelihara di sebuah kolam terbuka, karena habitat aslinya memang di alam luas. Jika memungkinkan, buatlah aquarium yang memiliki desain seperti habitat aslinya, sehingga ikan akan merasa nyaman untuk menempati aquarium tersebut. agar ikan dapat bergerak leluasa, tentukan tinggi dan luas dari aquarium.

Terbiasa dengan habitat yang luas, membuat ikan akan stres jika meletakkannya pada aquarium dengan ukuran kecil nan sempit. Bahkan resiko kematian akan semakin tinggi apabila tidak segera dipindahkan ke dalam aquarium yang lebih luas. Kalaupun bisa bertahan, pertumbuhan ikanlah yang justru terhambat.  Pada umumnya, berikan volume air berkisar 38 hingga 50 an liter untuk per ekornya.

  1. Berikan Volume Air Yang Cukup

Tambahkan volume air sebanyak 38 liter apabila ingin menambahkan ikan koki per satu ekornya. Penambahan volume air, berfungsi agar aquarium tetap bersih dan tidak ada penumpukan kotoran. Apabila keseimbangan antara kotoran dan volume air tidak terpenuhi, maka aquarium akan cepat kotor dan ikan pun ikut stres dibuatnya. Selain itu, berikanlah penutup pada aquarium agar ikan tidak melompat keluar dari aquarium.

  1. Tambahkan Lampu Penerangan

Habitat asli dari koki memang berada di  perairan luas dan kaya akan sinar matahari. Oleh karena itu, berikan penerangan tambahan pada aquarium yang berfungsi untuk penghantar panas. Biasanya, lampu led atau lampu pijar yang berwarna putih menjadi pilihan utama untuk menerangi aquarium koki. Sebab, cahaya yang dihasilkan tidak terlalu panas, namun bisa menghangatkan air pada aquarium.

  1. Pasang Aerator Dan Filter

Agar tidak ada penumpukan kotoran ikan koki, ada baiknya memasang alat untuk menyaringnya. Walaupun terdengar sepele,alat ini memiliki peran yang sangat penting untuk tetap menjaga kualitas air. Ketika kualitas air tetap terjaga, maka kesehatan ikan juga terjamin adanya. Air yang bersih juga menjauhkan ikan dari parasit berbahaya. Alat ini juga berfungsi untuk mengalirkan udara ke dalam air aquarium, dimana udara ini akan menjadi oksigen bagi sang ikan.

Memelihara ikan satu ini, hampir sama ketika ingin memelihara ikan hias ait tawar yang lain. Sebab, jenis ikan hias ini mudah amti lantaran tidak emmiliki daya tahan tubuh yang tidak terlalu kuat. Apabila perawatan yang dilakukan tidak maksimal, meningkatkan resiko kematian pada ikan. Oleh karena itu, terus perhatikan kualitas air agar hidup ikan terjamin.