CARA MENGHILANGKAN KUTU PADA KUCING

Penyakit yang menghinggapi kucing terjadi karena berbagai hal, beberapa kasus disebabkan oleh ketidakcocokan makanan, atau bahkan virus dan penyakit yang disebabkan oleh hewan lain seperti kutu. Kucing yang terkena kutu akan mengalami iritasi kulit dan kerontokan bulu, efek terburuknya adalah kucing lemah, lemas, lunglai tidak bergairah dalam beraktifitas termasuk selera makannya yang cenderung hilang.

Pemelihara kucing pasti tidak ingin  melihat kucingnya hilang nafsu makan, sakit atau bahkan mati, jika kucingmu sedang terkena kutu penyakit yang kronis maka cara-cara berikut ini dapat dilakukan agar kucing peliharaan sehat.

Penggunaan obat kutu

Penggunaan obat kutu merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan banyaknya kutu yang mendiami tubuh kucing, penggunaan obat kutu dapat mematikan sebagian besar jumlahnya. Obat kutu juga bisa diberikan kepada kucing yang sehat secara rutin atau berkala dalam beberapa bulan sekali, sebagai upaya pencegahan terhadap timbulnya telur kutu.

Memandikan kucing secara rutin

Kucing yang terkena serangan kutu kronis juga bisa dihilangkan kutunya menggunakan sampo kucing, selain untuk mengharumkan badan dan bulu, sampo kucing juga akan merotonkkan kutu kucing yang menempel pada kulit dan bulu kucing. Memandikan secara rutin merupakan tindak pencegahan bagi timbulnya kutu kucing.

Vaksinansi

Vaksinasi selain untuk menambah kekebalan tubuh juga menjaga kucing tetap sehat, termasuk bagi kucing yang terserang kutu. Selain vaksin jamur kulit, ada juga vaksin yang diberikan untuk membasmi kutu. Vaksin kutu akan menjaga kucing lebih lama dan tahan terhadap serangan kutu, hasil maksimalnya bisa dilakukan secara rutin dan tahunan.

Membatasi aktifitas di luar rumah

Kucing peliharaan sangat rentan terhadap penyakit, karena itulah untuk menjaga kucing senantiasa terjaga dari penyakit yang berasal dari lingkungan luar rumah maka aktifitas kucing juga harus dibatasi. Pembatasan ini bukan berarti dilarang samasekali, akan tetapi tetap diperbolehkan bermain diluaran rumah dengan intensitas dan jatah waktu yang tidak banyak.

Itulah 4 hal singkat untuk menghilangkan kutu kucing yang sudah terlanjur beranak-pinak pada kulit dan bulu kucing, timbulnya kutu juga bisa diantisiipasi dari rutinnya memberikan perawatan bagi kucing secara mandiri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *