Jarang Diketahui, Ini Anggota Tubuh Manusia yang Tidak Berguna

Semua yang diciptakan oleh Allah pasti ada manfaatnya. Sayangnya, ada beberapa anggota tubuh manusia yang tidak berguna. Pada dasarnya, penelitian-penelitian di bidang kesehatan tentang fungsi anggota tubuh ini belum ditemukan. Sehingga, sampai saat ini belum diketahui apa fungsinya. Meskipun teknologi sudah amat maju, namun masih belum ketemu apa fungsinya.

Anggota tubuh manusia yang tidak berguna ini pada umumnya merupakan anggota tubuh yang tidak asing lagi kita dengan. Misalnya saja usus buntu. Usus buntu ini hingga saat ini belum ketemu apa fungsi yang sebenarnya. Sehingga, ketika ada benda asing masuk akan terjadi infeksi usus buntu. Oleh karena itu, beberapa orang melakukan operasi usus buntu sejak dini.

Organ Tubuh Manusia yang Tidak Berguna

pixabay.com

Usus Buntu

Usus buntu merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sampai saat ini belum diketahui fungsinya secara pasti. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa usus buntu mampu membunuh mikroba yang terkandung dalam makanan. Namun, ketika usus buntu diangkat karena terkena infeksi, fungsi tubuh yang lain tetap berjalan semestinya. Selain itu badan tetap sehat meskipun tanpa organ usus buntu ini.

Mudahnya mengalami infeksi ataupun radang, usus buntu sering menggangu kesehatan. Banyak masyarakat yang memutuskan untuk mengangkat organ ini sedini mungkin untuk menghindari adanya gangguan kesehatan usus buntu ini.

Gigi Bungsu

Gigi bungsu merupakan salah satu anggota gigi geraham yang berada di paling akhir. Letaknya berada pada gusi terdalam dideretan geraham paling belakang. Umumnya tumbuh ketika kita sudah dewasa dan ruang gizi sudah penuh. Akibatnya, ketika gigi bungsu ini tumbuh akan menekan saraf pada mulut. Hal ini yang menyebabkan kita akan merasa sakit yang teramat dan begitu menggangu saat gigi bungsu ini tumbuh.

Pertumbuhan gigi bungsu ini parahnya akan tumbuh miring karena ruang gusi telah penuh. Jika pertumbuhan ini begitu mengganggu, maka dokter gigi akan memutuskannya untuk mencabut. Hal ini karena tidak ada cara lain untuk menghilangkan ketidaknyamanan dari pertumbuhan gigi bungsu ini.

Sinus

Sinus merupakan salah satu organ yang ada pada tengkorak manusia. Berupa rongga yang berisikan udara. Sayangnya, sinus ini sering kali terjadi infeksi yang menggangu kesehatan hidung. Sampai saat ini sinus ini belum diketahi secara pasti apa manfaat sebenarnya untuk kelangsungan tubuh. Banyak yang mengira bahwa sinus ini mampu mempengaruhi keluarnya suara kita.

Asumsi lain terkait manfaat sinus ini yaitu sebagai penghangat udara yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu juga dikaitkan dengan sekat mata. Sayangnya, sinus ini sering sekali terkena infeksi. Akibatnya menggangu proses pernafasan. Karena belum diketahuinya fungsi yang pasti inilah, sinus dianggap sebagai organ yang tidak berguna dan sumber infeksi.

Tulang Ekor

pixabay.com

Setiap manusia memiliki tulang ekor pada ujung rangkaian tulang belakangnya. Pada hewan mamalia yang memiliki ekor nyata berfungsi sebagai alat keseimbangan dan gerak. Sayangnya pada manusia tulang ekor ini berukuran kecil sekali dan belum diketahui secara pasti apa fungsi sebenarnya dari tulang ekor tersebut.

Asumsi umumnya, tulang ekor pada manusia ini membantu dalam posisi duduk. Misalnya ketika posisi duduk tegak dan agar condong ke depan. Maka tumpuan itu berada pada tulang ekor. Meskipun begitu, pada dasarnya belum diketahui secara pasti apa sebenarnya fungsi tulang ekor tersebut.

Jari Kelingking Kaki

Pada masa nenek moyang, fungsi jari kelingking kaki adalah untuk keperluan memanjat pohon. Namun berkembangnya tekonologi dan sekarang menjadi manusia modern. Jari kelingking in tidak lagi ditemukan fungsinya kembali. Jari kelingking kaki juga tidak ada hubungannya dengan keseimbangan berdiri, menggenggam sesuatu maupun berjalan. Oleh karena itu, organ ini dianggap organ yang belum ada manfaatnya.

Otot-otot Telinga

Untuk sebagian orng mampu menggerakkan otot telinga. Namun sebagian besar tidak dapat menggerakkan organ telinga. Hingga sampai saat ini, organ ini belum diketahui pasti apa manfaatnya. Oleh karena itu, dianggap sebagai organ yang belum ada manfaatnya.

Untuk dapat memiliki kuat yang tulang hingga tua dan dapat duduk dengan sempurna, maka kita perlu mencukupi kebutuhan suplemen. Apalagi ketika usia mulai bertambah, risiko pengeroposan tulang semakin bertambah. Oleh karena itu, selain memenuhi dari makanan, kita memerlukan suplemen.

Salah satunya adalah tiens. Suplemen makanan berupa suplemen kalsium. Sehingga tubuh dapat terpenuhi nutrisinya. Selain itu, tiens peninggi badan dapat tercukupi dengan baik. Sehingga, kebutuhan kalsium akan tercukupi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *