Sejarah dan Nama Latin Durian

Buah di Indonesia yang bahkan dinobatkan menjadi raja buah-buahan ini sendiri adalah buah durian. Untuk nama latin durian ini adalah Durio Zibethinus. Meskipun buah ini adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang lezat dan juga banyak disukai oleh banyak orang, hanya saja banyak orang yang bahkan belum mengetahui sejarah pasti tentang buah yang lezat ini.

Mengenal Sejarah Buah Durian di Indonesia

Beberapa sejarawan mengatakan bahwa petunjuk sejarah buah durian ini sendiri sudah tersedia dalam beberapa relief Candi Borobudur. Dari 2672 panel kisah, beberapa diantaranya bahkan menampilkan buah durian yang dijadikan sebagai bahan persembahan untuk raja, kemudian diperjualbelikan serta tampak beberapa orang yang membawanya dengan buah lainnya.

Berkat relief ini, maka kita semua bisa mengetahui jika buah durian sudah dikonsumsi oleh penduduk Indonesia sejak 1300 tahun yang lalu. Perjalanan panjang seputar buah durian ini memang terbilang cukup unik, bahkan jauh sebelum masuk ke Indonesia, buah ini juga muncul di beberapa negara.

Terdapat salah satu penelitian dari Georg Everhard Rumphius yang melakukan penelitian dengan cara menyaksikan para penduduk local di Ambon menggunakan aroma durian untuk menangkap musang. Hal inilah yang merupakan awal mula dia melihat buah durian sekaligus mencatat nama genus durian sebagai durio dalam penelitian yang ia teliti.

Sejak saat itulah nama durian mulai masuk pada khasanah botani dan juga mengundang begitu banyak perhatian dari ahli botani Eropa lainnya. Aromah dari buah durian ini sendiri apalagi yang belum matang tentu kurang mengenakkan. Biasanya bau ini akan menyengat ketika buah durian ini baru jatuh dari pohonnya.

Sebuah cara yang digunakan untuk menyantap durian yang sudah matang secara sempurna ini adalah ketika buah durian tersebut jatuh. Mungkin tidak benar jika durian adalah buah terbaik yang ada di dunia ini. Hanya saja untuk rasanya, kelezatan dari buah durian ini terbilang tidak tertandingi. Untuk itulah buah durian ini sendiri dinobatkan menjadi rajanya buah-buahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *