Apakah yang Dimaksud Dengan Sel

Ketika anda mempelajari pelajaran biologi di sekolah menengah pertama maka anda akan mempelajari sel. Meski begitu seperti banyak orang yang kurang paham akan sel. Sehingga banyak yang bertanya mengenai apakah yang dimaksud dengan sel? Sel merupakan materi paling sederhana yang hidup dan menyusun mahluk hidup. Penjelasan tersebut adalah versi singkat jika anda mempelajari sel. Sebagai penyusun utama mahluk hidup, mempelajari sel tentu tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ini dikarenakan anda akan membutuhkan banyak referensi jika ingin mengetahui sel tersebut secara jelas. Karena bentuknya yang begitu kecil, mempelajari sel tentu tidak akan mudah. Ini juga berhubungan dengan jumlah sel dalam yang sangat banyak sekali. Namun hal yang perlu anda ketahui tentu adalah fungsi sel dalam tubuh. Berikut adalah beberapa fungsinya.

Macam macam Fungsi Sel

  1. Metabolisme

Fungsi sel pada metabolisme. Fungsi sel pada metabolisme merupakan sebagai perombak makanan yang diubah menjadi energoi. Hal ini dikarenakan reaksi kimia yangada dalam mahluk hidup dapat dipengaruhi oleh adanya sel. Proses perombakan dari senyawa kimi hingga bisa diubah menjadi energi disebut dengan reaksi katabolik.

  1. Sel Dan Ginjal

Fungsi sel pada ginjal. Sel yang ada di dalam tubuh memang sangat banyak sekali. Ini juga bisa ditemukan di organ dalam tubuh seperti ginjal. Dalam ginjal sendiri fungsi sel adalah dengan membuang bahan yang sudah tak dibutuhkan oleh tubuh. Dalam kasus ini bahan yang dibuang adalah urin. Sedangkan bahan yang masih dibutuhkan oleh tubuh akan diikat menjadi nutrisi untuk tubuh.

  1. Sel Dan Pencernaan

Fungsi sel pada pencernaan. Fungsi sel yang tersebar di seluruh tubuh tentu sangatlah banyak. Namun salah satu yang terpenting adalah pada bagian pencernaan. Dalam pencernaan sendiri, sel kelenjar mampu membuat protein dalam tubuh yang berfungsi untuk menguraikan makanan yang biasa kita konsumsi.

  1. Fungi Dasar Sel

Lalu yang terakhir adalah fungsi dasar sel dalam tubuh yang bisa menyampaikan informasi ke saraf otak dari panca indera kita jika ada perubahan dalam lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *