Berbagai Manfaat Winter Melon untuk Kesehatan

Winter melon atau yang lebih dikenal dengan istilah beligo atau baligo merupakan kelompok buah yang memiliki pohon merambat seperti melon. Buah ini termasuk ke dalam genus benincasa dan keluarga cucurbitaceae. Meskipun termasuk ke dalam kelompok buah, masyarakat pedesaan biasanya memanfaatkannya sebagai sayur. Lalu, apa saja manfaat buah ini untuk kesehatan?

Ini Dia Aneka Manfaat Winter Melon Bagi Kesehatan

Dibalik namanya yang tidak begitu dikenal, buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ulasannya.

  1. Efektif Menurunkan Suhu Tubuh

Winter melon dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang tinggi, yakni mencapai 97%. Sedangkan tubuh manusia yang 70% bagiannya adalah cairan, tentu memerlukan banyak air. Air yang terdapat dalam buah winter melon ini dipercaya dapat mengatasi berbagai gejala penyakit akibat kenaikan suhu tubuh, seperti panas dalam, demam, radang tenggorokan, serta bibir pecah-pecah. Oleh karena itu, winter melon dikenal cukup efektif untuk menurunkan suhu tubuh.

  1. Membantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat selanjutnya dari buah ini adalah mampu menurunkan kadar gula dalam darah pada pasien diabetes melitus. Fitokimia yang terdapat dalam buah ini dipercaya mampu menurunkan jumlah penyerapan karbohidrat dalam tubuh serta meningkatkan reaktivitas insulin.

  1. Mengatasi Sembelit

Kandungan air yang tinggi dalam buah ini mampu mengatasi sembelit. Mengonsumsi buah winter melon secara teratur akan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh, di mana air tersebut berfungsi membantu proses pencernaan dengan memperlancar pergerakan makanan dalam usus, pergerakan makanan yang lancar tentu akan memperlancar proses pembuangan, atau dengan kata lain tidak akan terjadi sembelit.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Air yang terkandung dalam buah ini juga dipercaya mampu membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh yang biasanya berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi maupun udara di sekitar yang kurang bersih. Air dalam buah ini mampu membantu proses detoksifikasi racun-racun tersebut.

  1. Membantu Menurunkan Risiko Kanker

Selain tinggi kandungan air, buah winter melon ini juga dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C tersebut berperan sebagai antioksidan dalam tubuh yang membantu menangkal radikal bebas yang biasanya menyebabkan risiko kanker. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini secara rutin akan membantu tubuh menangkal radikal bebas sebagai penyebab kanker.

Lima hal di atas adalah manfaat buah winter melon yang mungkin selama ini belum banyak diketahui. Jika ingin merasakan manfaatnya, bisa mulai mengonsumsinya secara rutin mulai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *