surya atau yang dikenal dengan solar panel ini merupakan sebuah tenaga alam yang mampu menghasilkan daya listrik, yang bisa digunakan untuk segala keperluan hidup manusia. Solar panel ini tengah dikembangkan agar dapat digunakan oleh banyak orang untuk menggantikan daya listrik yang telah ada sebelumnya.

Pada umumnya, solar panel ini memiliki tenaga yang lebih efisien dan lebih hemat. Jadi dengan beberapa pertimbangan tentang kelebihan saat menggunakan solar panel ini, maka berbagai macam perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan tenaga matahari yang berguna untuk kehidupan banyak ora nantinya.

Solar panel ini sebenarnya merupakan sebuah tenaga listrik yang dihasilkan oleh tenaga matahari. Nantinya tenaga matahari akan ditangkap oleh panel panel yang dirancang khusus untuk bisa menampung daya tenaga matahari. Nantinya tenaga matahari yang telah tertampung oleh panel, akan dikonversikan kembali menjadi aliran listrik yang dapat menghidupi seperti rumah, kantor atau bangunan lainnya yang telah mengaplikasikan penggunaan solar panel.

Searang telah terdapat banyak lampu jalan yang menggunakan solar panel sebagai tenaga listriknya. Hal ini sangat bagus karena dapat menghemat pengeluaran jumlah listrik yang digunakan. Karena tentu saja menggunakan listrik dari tenaga surya ini jauh lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan tenaga listrik dari daya lainnya.

Oleh karena itu penggunaan solar panel khususnya di indonesia pada saat ini tengah dilakukan pemasangan solar panel secara besar besaran di beberapa wilayah indonesia saat indonesia. Hal ini dilakukan karena untuk menghemat penggunaan listrik yang dihasilkan dengan tenaga air dan akan dialihkan menggunakan listrik tenaga matahari yang jauh lebih efisien.

unsplash.com

Kelebihan Solar Panel

Berikut ini merupakan kelebihan dari solar panel :

1. Ramah Lingkungan

Salah satu hal yang menyebabkan penggunaan solar panel sangat dianjurkan yaitu karena solar panel ini ramah lingkungan. Yang dimaksud ramah lingkungan disini adalah solar panel tidak mencemari lingkungan atau merusak lingkungan sekitarnya.

2.Pemasangan Yang  Mudah

Pemasangan solar panel juga dapat dilakukan dengan mudah karena tidak memerlukan banyak orang untuk memasangnya dan proses pengerjaan yang bisa dibilang cepat selesai karena tidak memerlukan waktu yang lama.

3.Tidak Memerlukan Minyak

Sebagai tenaga listrik yang berasal dari tenaga matahari, hal ini yang membuat solar panel tidak membutuhkan lagi tenaga lainnya untuk menghasilkan suatu tenaga listrik yang siap pakai. Jadi intinya solar panel ini merupakan tenaga listrik yang hanya memerlukan tenaga matahari saja sehingga sangatlah hemat.

4. Tahan Lama

Solar panel ini selain mudah dipasang juga memiliki ketahanan yang cukup lama dalam menghadapi berbagai macam kondisi cuaca. Hal ini dibuktikan dengan jarang sekali solar panel yang mengalami keeusakan setelah dipasang beberapa waktu yang cukup lama.

5. Harga Yang Murah

Solar panel juga memiliki harga yang bisa dikatakan murah, bahkan setiap tahunya mengalami penurunan harga yang membuat solar panel ini jauh lebih murah ketimbang dengan listrik bertenagakan fosil.

6. Masa Efisiensi Yang Lama

Salah satu kelebihan dari solar panel ini sendiri adalah memiliki masa efisiensi yang tergolong lama. Karena jika kalian sudah menggunakannya selama 20 tahun saja, solar panel ini masih dapat berfunsi sebagai mana mestinya tanpa mengirangi kualitas dari masa kemasa.

unsplash.com

Kelemahan menggunakan Solar Panel

  1. Apabila salah dalam cara pemasangan solar panel, maka akan terjadi over heating pada solar panel tersebut. Maka carilah orang yang benar benar taju tentang cara memasang solar panel yang baik dan benar.
  2. Hasil dari daur ulang solar panel jika tidak tertangani oleh ahli maka akan merusak lingkungan. Hal ini dikarenakan adanya bahan bahan seperti silikon, kadmium, selenium dan sulfur heksafluorida yang merupakan gas efek rumah kaca.
  3. Memiliki ketergantungan dengan cuaca. Sebagai aliran listrik yang memerlukan tenaga matahari agar dapat menghasilkan listrik maka solar panel ini akan tidak bisa berjalan dengan baik apabila dalam konsisi cuaca yang mendung sehingga tidak ada sinar matahari yang bisa ditangkap oleh panel.

Cara Panel Surya Bekerja Menghasilkan Listrik

Panel Surya ini terdiri dari sebuah silikon yang berbentuk kristal dimana setiap panel berubah menjadi listrik semikonduktor. Ketika panel terpapar sinar matahari maka panel akan menyediakan energi yang dibutuhkan oleh semikondutor dan kemudian merubahnaya menjadi arus searah. Berikut ini penjelasannya tentang cara kerja panel surya yang harus kalian ketahui.

1. DC/AC Inverter

Perlunya mengubah aliran listrik yang dihasilkan oleh sinar matahari tadi dari DC kemudian di konversikan kembali menjadi arus AC agar listrik yang dihasilkan bisa untuk digunakan oleh rumah atau lampu jalanan.

2. AC cirkuit

AC cirkuit merupakan sebuah kendali listrik yang ada pada rumah kalian. Jika kalian menggunakan solar panel dalam rumah kalian, jangan lupa menghubungkan AC cirkuit dengan solar panel kalian agar dapat digunakan sebagai tenaga listrik yang sebagai mana mestinya.

Cukup sekian dahulu pembahasan saya mengenai cara kerja panel surya yang dapat menghasilkan listrik dari tenaga matahari ini. Nantinya pasti lama kelamaan, solar panel ini akan menjadi pilihan energei pengganti listrik dengan sumber daya yang lain. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *