Ingin Membuat Website ? Ketahui Cara Dan Harga Hosting Terbaru Disini !

Dalam membuat sebuah website, tentu kita harus mempelajari dan mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan dunia internet. Salah satu yang perlu anda ketahui adalah, cara membuat dan membeli sebuah hosting.  Hosting adalah tempat dari website anda, sehingga anda juga perlu mempelajari cara kerja dan fungsi dari hosting. Untuk lebih jelasnya, simak cara membuat website beserta harga hosting pada ulasan berikut ini.

Cara Membuat Sebuah Website

pexels.com

Saat ini website mejadi kebutuhan yang cukup penting bagi setiap pebisnis, bisa dibilang jika anda ingin membuka sebuah usaha ada baiknya untuk membuat websitenya pula. Meskipun mengetahui pentingnya sebuah website, namun masih ada beberapa pebisnis yang cukup kesulitan dalam membuatnya.

Membuat sebuah website sesungguhnya cukup mudah, bahkan anda bisa melakukannya dalam 3 langkah saja. Langkah pertama adalah dengan menentukan nama domain, dimana domain adalah nama unik untuk memudahkan masyarakat mengakses tanpa mengingat IP address server tersebut. Akan lebih baik jika menggunakan domain dengan 5 atau 8 kata, tujuannya agar brand domain anda lebih mudah untuk diingat dan dikenali.

Hal kedua setelah menentukan nama domain, kini saatnya menentukan hosting. Layanan hosting adalah rumah dari website anda, oleh karena itu pastikan anda menemukan layanan dengan harga hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan kelengkapan fitur yang diberikan. Jika anda hendak membangun website untuk usaha, maka pastikan untuk membeli hosting yang berkualitas.

Langkah ketiga adalah untuk mengatur atau menata website anda, mulai dari setup hingga konstumisasi tampilan halaman web. Setelah membeli hosting, umumnya anda akan menerima email dari layanan hosting website anda berisikan login dan password area hosting anda. Tentunya kemenarikan dari sebuah website, tentu dilihat dari segi warna dan kinerja dari website tersebut.

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan ?

Dalam pembuatan domain, harganya cukup bervariasi tergantung nama yang ingin digunakan. Memang ada domain yang gratis, alias anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Namun ada pula domain berbayar, tergantung dari kualitas dari domainnya. Bisa dibilang semakin tinggi sebuah harga domain, maka semakin baik pula kualitas dari nama domain tersebut.

Apa yang dimaksud dengan kualitas domain ? Domain yang memiliki kualtias baik, berarti mudah untuk diingat oleh masyarakat. Dengan begitu, tentu masyarakat pun menjadi mudah untuk mengingat nama dari website anda. Untuk masalah harganya, domain berbayar memiliki kisaran Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta. Namun jika belum memiliki banyak modal, maka anda bisa memilih domain gratis.

Sedangkan untuk biaya hosting, maka anda perlu merancang rincian pembuatan website terlebih dahulu. Hal ini karena perlu anda tahu, bahwa harga hosting yang ditawarkan jasa penyedia hosting cukup bervariasi. Tinggi rendahnya biaya hosting dipengaruhi oleh fitur yang dibawanya. Oleh karena itu, diperlukan rincian serta tujuan dari website anda terlebih dahulu. Pastikan fitur yang anda pilih tersebut, sesuai dengan harganya.

Untuk masalah biaya, memang ada beberapa yang menawarkan harga yang sangat murah. Namun dalam memilih layanan hosting, anda tidak bisa hanya melihat dari murahnya harga yang ditawarkan. Ada perlu membangingkannya dengan fitur yang diberikan, anda juga perlu membandingkannya dari satu layanan kepada layanan lainnya.

Pentingnya Mengetahui Cara Memilih Layanan Hosting

pexels.com

Sama halnya ketika kita hendak membangun sebuah rumah, maka kita perlu membeli sebuah tanah terlebih dahulu. Tanah inilah yang menjadi hosting dalam dunia internet. Agar fondasi dan letak membangun rumah kita cukup strategis, maka kita perlu memperbatikan tanahnya. Sama halnya dengan hosting, dimana kita perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih layanan hosting.

Hal yang perlu diperhatikan dari layanan hosting, hanya ada dua hal yang perlu anda ingat. Hal pertama adalah fitur yang diberikan, pastikan setiap fiturnya mampu untuk dimanfaatkan tanpa ada fitur yang tidak digunakan. Tentunya cukup merugikan, jika kita telah membayar cukup banyak dalam harga hosting namun hanya bisa memanfaatkan beberapa fiturnya bukan seluruhnya.

Hal kedua adalah melihat dari segi harganya, umumnya layanan hosting akan membagi paket hosting sesuai dengan kebutuhan. Hosting untuk pribadi tentu lebih murah, namun fitur yang diberikan juga pasti lebih terbatas. Harga perbulan untuk hosting pribadi berkisar mulai dari Rp 5 ribu keatas. Sedangkan paket untuk bisnis, bisa berkisar antara Rp 60 ribu hingga Rp 2 juta an. Tentunya harga tersebut seimbang dengan banyak fitur yang diberikan.

Jika anda mencari penyedia layanan hosting yang terpercaya dan berkualitas, anda bisa menggunakan Niagahoster. Pada layanan tersebut pun menyediakan kode promosi Niagahoster, sehingga anda bisa mendapatkan harga menarik dan potongan harga yang menggiurkan

Biaya Tambahan Lainnya

Setelah “rumah” berhasil dibangun, kini saatnya mendekorasi rumah tersebut. Pada dasarnya saat membangun website memang membutuhkan cukup pengeluaran, namun jika anda mampu mendekorasinya sendiri maka tidak perlu mengeluarkan dana untuk jasa lainnya. Mendekorasi website bisa dibilang gampang dan susah, hal ini karena tampilan web haruslah simple namun tetap menarik.

Selain harga hosting dan harga untuk domain, bagi mereka yang tidak bisa mendesain rumah sendiri maka memerlukan jasa. Jasa desain web sendiri berkisar mulai dari Rp 1 juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari kerumitan website yang anda inginkan. Adapun jasa desain yang termasuk paket membuat website, umumnya dipatok harga mulai dari Rp 2 juta hingga ratusan juta rupiah.

Tidak hanya masalah websitenya saja, konten di dalam website pun memiliki jasa yang dapat bisa anda gunakan. Jika anda membuat sebuah website dan terdapat halaman untuk blog, maka anda perlu memposting sebuah artikel di dalamnya. Jika anda tidak memiliki pengalaman untuk membuat sebuah artikel, maka anda bisa menggunakan jasa penulis yang banyak tersebar saat ini.

Jasa SEO cukup memiliki peranan penting dalam web anda, terutama jika anda ingin website anda ditemukan dengan mudah di mesin pencari. Jika anda menggunakan jasa penulis SEO, tentu anda perlu mempersiapkan budget yang cukup tinggi. Selain harga hosting dan pembuatan website yang bisa mencapai jutaan rupiah, harga untuk jasa SEO berkisar sekitar Rp 1 hingga 5 juta rupiah.

Website menjadi pelengkap bisnis, yang menunjang keberhasilan dari usaha anda. Hal ini karena gaya hidup masyarakat, yang hampir seluruh kegiatan dilakukan melalui perangkat elektronik. Oleh karena itu, anda perlu memanfaatkan gaya hidup ini untuk mempromosikan usaha anda. Dengan membuat sebuah website, maka kemungkinan nama perusahaan dikenal masyarakat menjadi lebih meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *