Buah mangga memang enak untuk dibuat olahan makanan. Mulai dari makanan pembuka seperti lumpia mangga hingga makanan penutup seperti puding mangga dapat diciptakan dari si buah kuning ini. Hal inilah yang memicu para petani mangga untuk menghasilkan mangga ton-tonan setiap kali panen. Apa cara yang ditempuh mereka untuk membuat hasil panen melimpah?

Mangga Arum Manis Lebih Mudah Untuk Perawatan

Meskipun ada beragam jenis mangga ditanam di Indonesia, belum tentu setiap jenis mangga dapat menghasilkan buah mangga ton-tonan setiap kali panen. Salah satu jenis mangga yang dapat menghasilkannya yakni mangga arum manis. Selain banyak penggemarnya, mangga jenis ini lebih mudah perawatannya dibanding mangga jenis lainnya.

Pemilihan jenis mangga untuk menghasilkan buah mangga ton-tonan juga perlu diperhatikan. Begitu pula penanaman, perawatan dan pemeliharaan pada pohon mangga dan saat musim berbuah. Dengan memperhatikan tiga hal ini, bukan perkara sulit bagi petani untuk menghasilkan buah mangga dengan jumlah ton-tonan setiap kali panen.

  1. Perhatikan jarak tanam pohon

Untuk menghasilkan mangga ton-tonan dalam setiap kali panen, jarak tanam antar pohon mangga sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda memiliki lahan luas berhektar-hektar, Anda dapat mengolah perkebunan mangga dengan jarak tanam 5×5 meter per pohon. Sehingga jika Anda memiliki lahan 1 hektar, Anda bisa menanam sejumlah 150 pohon. Ini adalah salah satu tips dari para petani mangga di Probolinggo.

  1. Teknik pengolahan lahan

Setelah mengetahui jarak tanam pohon, sebelum menanam mangga, pastikan lahan bersih dari rumput liar. Setelah itu, lubang untuk menanam berukuran 50×60 cm dengan kedalaman tanah 40cm.

Tips untuk menggali lubang dan menanam yakni saat musim kemarau. Hal ini dikarenakan untuk membunuh bakteri yang tidak tahan dengan kondisi kering. Sehingga pohon mangga dapat tumbuh subur. Biarkan lubang tersebut selama 2 minggu. Setelah 2 minggu isi lubang dengan pupuk kandang barulah menanam pohon mangga yang sudah di stek.

  1. Pemupukan

Pemupukan harus berlangsung continue sehingga kesuburan tanah tetap terjaga. Gunakan zat kimia pengatur buah untuk menghasilkan buah mangga ton-tonan seperti yang diharapkan.

Begitulah cara menghasilkan mangga ton-tonan. Jika Anda tertarik mencoba, lakukan langkah-langkah tersebut dengan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *