Desain Xbanner acara pastinya berbeda dengan untuk sekolah. Begitupun juga X Banner wedding pastinya berbeda dengan X Banner untuk prmosi makanan. Dinamakan X Banner sebab jenis banner ini pada pemasangannya diberi penyangga berupa tiang yang membentuk huruf X.

Tiang penyangganya umumnya dibuat dari bahan pipa alumunium kecil sehingga mudah dipindahkan karena sangat ringan. X Banner ini seringnya diletakkan di samping pintu masuk sebagai media untuk promosi atau penyampai informasi.

Jenis banner ini bisa diletakkan baik di indoor maupun outdoor. Tiang penyangga dari banner ini bisa dipakai berulang-ulang. Artinya Anda hanya perlu mencetak ulang banner sesuai dengan ukuran stand-nya.

Ukuran X Banner

Ukuran X Banner paling standard adalah 60 x 160 cm. Namun ada juga yang membuat X Banner dengan ukuran 80 x 160 cm. Tujuannya adalah supaya lebih mudah menarik perhatian karena ukurannya lebih besar.

Meskipun demikian, pada dasarnya tidak ada patokan untuk ukuran X Banner. Artinya ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebab terkadang aja juga X Banner yang secara ukuran sangat kecil, yakni 25 x 40 cm.

Mini X Banner ini biasanya diletakkan di atas meja. Misalnya diletakkan di dekat kasir sebuah toko untuk tujuan mempromosikan produk tertentu. Artinya ukuran X Banner ini sangat menyesuaikan dengan tujuan penggunaan X Banner itu sendiri.

pexels.com

Mengenal Bahan Pembuat X Banner Terbaik

Umumnya X Banner dibuat dengan menggunakan dua bahan, yakni albatroos dan flexy. Pertanyaannya, dari kedua bahan tersebut mana yang lebih berkualitas?

  1. Albatross

Albatroos memiliki ciri tekstur semi gloss dengan ketebalan antara 190 hingga 210 GSM. Yang perlu diperhatikan adalah bahan X Banner yang satu ini hanya cocok jika digunakan di dalam ruangan. Sebab bahan ini mudah pudar jika diletakkan di luar ruangan.

Kelebihan dari bahan ini adalah harganya yang cukup murah. Artinya dengan harga yang murah ini Anda bisa lebih leluasa mencetak lebih dari satu X Banner tanpa takut budget membengkak.

Tetapi hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah X Banner berbahan albatross ini kualitasnya akan berkurang jika diletakkan di dalam ruangan yang ber AC dalam waktu lama.

Selain itu X banner dari bahan albatroos ini umumnya akan melengkung pada bagian tepinya. Oleh sebaba itu sangat disarankan untuk mengganti X Banner secara berkala maksimal satu bulan setelah penggunaannya.

pexels.com
  1. Flexy

Dibanding dengan albatross, flexy bisa dikatakan lebih halus secara tekstur. Selain cocok ditaruh di dalam ruangan, X Banner berbahan flexy ini juga sangat cocok untuk event di luar ruangan. Perlu diperhatikan juga bahwa bahan flexy sendiri memiliki beberapa jenis, seperti flaxy China, Korea, dan Jerman.

Lalu apa yang membedakan ketiga bahan tadi? Untuk flexy China secara kualitas bisa dikatakan di bawah flexy Korea. Selain lebih tipis, secara tekstur juga cenderung lebih kasar. Artinya X Banner jenis ini lebih cocok jika ditaruh di dalam ruangan.

Berbeda dengan flexy China, flexy Korea secara kualitas lebih bagus. Memiliki ukuran gramis antara 250 hingga 400 gram. Selain itu bisa juga digunakan untuk backdrop sebab memiliki kualitas yang cukup bagus.

Kemudian untuk flexy Jerman cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan dua jenis bahan flexy lainnya. Dan flexy Jerman ini bisa ditaruh di dalam maupun luar ruangan. Namun karena harganya lebih mahal, cukup jarang yang memilih menggunakannya.

pexels.com

Banner Desain Dengan Ukuran X Banner

Pada dasarnya, berkaitan dengan desain X Banner tidak ada bedanya dengan saat Anda ingin mendesain Banner. Pasalnya secara fungsi keduanya tidak ada bedanya. Mungkin yang membuat berbeda adalah dari segi ukuran dan tampilannya.

Dikarenakan X Banner ini secara ukuran lebih kecil dan harus menyesuaikan dengan stand-nya, terkadang perlu kreatifitas lebih untuk menghasilkan desain yang sesuai dengan tujuan pembuatan X Banner.

Menarik perhatian adalah hal paling penting yang harus diperhatikan. Dalam hal ini kombinasi dalam hal pewarnaan menjadi unsur penting yang harus mendapatkan perhatian lebih. Misalnya saja X Banner dengan tema blue aesthetic. Salah satu tema desain X Banner yang saat ini baru banyak digandrungi masyarakat di Indonesia.

Pasalnya selain memiliki warna yang mecolok, tema blue aesthetic dikenal sangat mudah untuk dikombinasikan dengan unsur warna lain. Apalagi sebagai media untuk promosi, desain Xbanner harus dibuat semenarik mungkin.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *