Sudah Tahu Fakta Menarik Menara Kembar Petronas? Cek Disini

Berlibur ke luar negeri seperti Malaysia saat ini bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa memanfaatkan cheap flight ticket Malaysia yang diusung berbagai situs penyedia jasa tiket. Membahas negeri Jiran ini tidak lengkap rasanya tak menyebut Menara Kembar Petronas. Selain menjadi destinasi wajib, bangunan ini juga menjadi salah satu ikon kota Kuala Lumpur. Untuk menambah wawasan yuk simak fakta menarik di balik Menara ini dalam ulasan berikut.

Fakta Menarik Menara Ikonik Malaysia Yang Harus Kamu Tahu

  1. Menjadi Ikonik Negara Malaysia

Yang satu ini tentu kamu tahu jika Menara Petronas menjadi bangunan ikonik bagi negara Jiran ini. Bahkan ketika kamu akan pulang, kaos, hingga gantungan kunci merupakan gambar atau replika dari bangunan menjulang ini. Menara Petronas wajar jika menjadi kebanggaan karena memegang rekor sebagai menara tertinggi selama 6 tahun berurutan. Tepatnya mulai tahun 1998 hingga 2004 dan telah berhasil mengalahkan Willis Tower yang berada di Chicago.

  1. Memiliki 88 Lantai

Menara Petronas ini memiliki ketinggian 452 meter dengan 88 lantai di dalamnya. Pada setiap menara terdiri dari 40 lift dan 20 ekskalator. Tinggi menara ini akan mencapai 378 m ketika dihitung tanpa puncaknya. Selain itu di dalam bangunan mewah ini juga terdapat 32.000 jendela. Dengan mengetahui fakta ini tentunya kamu sudah bisa membayangkan seberapa tinggi bangunan yang dikalahkan oleh Taipei 101 yang berada di Taiwan.

Tak hanya menjadi kebanggan, Menara Kembar Petronas juga menjadi destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi. Namun ternyata kamu hanya bisa mengakses hingga lantai 41 saja. Sebab lantai di atasnya telah digunakan untuk perkantoran perkantoran besar di Dunia. Tak heran jika hanya orang tertentu yang memiliki akses untuk bisa menjelajah menara hingga lantai paling tinggi. Meskipun demikian di lantai 41 kamu sudah bisa menikmati pemandangan menakjubkan.

  1. Jembatan Penghubung Yang Bisa Dinaiki

Antara menara terdapat jembatan yang menghubungkan dan dikenala dengan Skybridge. Skybridge tak hanya memegang jabatan sebagai jembatan gedung tertinggi namun juga bisa untuk dinaiki. Kamu bisa melihat pemandangan dari atas Skybridge dengan menuju lantai 41 dan 42 pada bangunan menjulang ini. Melihat pemandangan dari Skybridge akan membuat kamu merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Panorama pemandangan kota Kuala Lumpur bisa kamu nikmati dengan jelas. Untuk menunjang keamanan jumlah pengunjungnya dibatasi hingga 1.000 setiap harinya. Jika kamu ingin segera menikmati jembatan penghubung ini, kamu harus datang lebih awal. Sebab pelayanan di Menara Kembar Petronas ini mengunakan prinsip first come, first serve. Jadi pastikan kamu datang lebih awal agar antrian tidak semakin panjang.

Namun kamu tak perlu khawatir karena jembatan yang tergantung di ketinggian 170 ini tidak tersambung paten. Jembatan didesain fleksibel sehingga bisa bergedak keluar masuk yang mampu untuk menyesuaikan dari goyangan menara. Goyangan ini memang kerap yerjadi sehingga dengan desain ini jembatan tidak akan mudah rusak dan tentunya fleksibel. Mengingat jembatan ini memiliki berat 750 ton dengan panjang hingga 60 meter.

  1. Bangunannya Terinspirasi Dari Artsitektur Islami

Berbentuk segi 8 ternyata bangunan kebanggan Malaysia ini terinspirasi dari bangunan muslim klasik. Dan ternyata di balik segi 8 juga menyimpan esensi Islam yang sangat penting. Esensi ini meliputi stabilitas, rasionalitar, kesatuan dan harmoni. Selain dari bentuknya, wajah bangunan yang disusun dari kaca juga diadaptasi dari motif kesenian Islam. Motif ini mencerminkan penduduk Malaysia yang mayoritas memeluk agama Islam.

Bangunan megah ini dirancang oleh arsitek yang berasal dari Argentina Amerika yang namanya Cesar Pelli. Diresmikan pada 1 Agustus 1999, gedung ini dibangun oleh Cesar Pelli. Menara Kembar Petronas dibangun mengunakan beton kokoh dimana eksteriornya menggunakan bahan baja stainless steel dan juga kaca berkualitas. Inilah yang membuat bangunan ini menjadi terlihat elegan dan megah disaat yang bersamaan.

  1. Ada Banyak Tempat Menarik Yang Bisa Dikunjungi

Tak hanya menyajikan pemandangan yang mengagumkan, kamu juga bisa mengunjungi beragam tempat yang menarik. Kamu bisa shopping di mall yang ada di KLCC Shopping Center. Barang barang yang dijual cukup beragam dan tentu saja branded. Tak hanya barang branded kamu juga bisa menemukan aquarium bawah laut, pusat ilmu pengetahuan dan juga galeri seni. Suria KLCC memiliki barang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

Di bawah Menara Petronas kamu juga bisa mengetahui Dewan Filharmonik Petronas yang kini fungsinya sebagai tempat tinggal Malaysian Philharmonic Orchestra. Jangan lupa untuk mencicipi hidangan khas yang seperti, nasi lemak yang juga bisa kamu temui disini. Di lantai atas Menara Kembar Petronas terdapat juga Petronas Science Center yang cocok untuk anak anak. Karena tempat ini akan memberikan edukasi dengan cara yang menyenangkan.

  1. Jam Operasional Dan Tiket Masuk

Untuk menikmati menara andalan warga Malaysia, kamu harus mengetahui jam operasional dari Menara ini.  Waktu operasionalnya hanya pada hari Selasa hingga Sabtu saja, untuk jamnya yakni mulai dari pukul 09.00 hingga jam 21.00. Untuk hari Jumat, jembatan akan ditutup pada pukul 13.00 hingga 14.30 karena menunjukkan waktu sholat Jumat. Sementara untuk hari senin dan hari besar lainnya menara Petronas akan ditutup untuk khalayak umum.

Berada di Kuala Lumpur tepatnya di Citi Centre, 50088 KL, Malaysia kamu bisa menjangkaunya dengan transportasi umum. Banyak pilihan transportasi mulai dari taxi online hingga LRT. Jika kamu mengunakan LRC kamu akan dihubungkan dengan kereta api Putra LRT dari stasiun KLCC. Sementara untuk harga tiketnya dibedakan berdasarkan usia dari pengunjungnya.

Usia Dewasa yakni 13 sampai 60 tahun dibandrol dengan harga mulai dari RM 85 atau setara dengan Rp. 280 ribuan. Anak anak usia 3 hingga 6 tahun dikenakan tiket masuk sebesar RM 36 atau setara dengan Rp. 115 ribu. Bagi kamu yang membawa bayi di bawah 3 tahun maka tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Bagi senior atau yang berusia 61 tahun keatas harga tiket masuk ke Menara Kembar Petronas mulai Rm 45 atau Rp. 150 ribuan.

Dengan melihat fakta menarik dari bangunan kebanggan Malaysia ini tentunya akan menambah wawasan kamu. Kamu juga bisa langsung mengunjunginya untuk melihat sendiri betapa mengangumkan bangunan kembar yang menjulang ini. Rasakan sensasi melihat pemandangan dari ketinggian melalui gedung yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia ini. Jadi sudah berencana mengunjungi Petronas Twin Tower?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *