Prosedur Pengiriman Barang Via Pelabuhan Balikpapan

Pelabuhan Balikpapan banyak dilakukan untuk melakukan pengiriman barang pada beberapa perusahaan yang bergerak pada bidang logistik. Untuk perusahaan ekspedisi seringkali mengandalkan kapal untuk melakukan pengiriman barang. Tujuannya yaitu supaya proses pengiriman barang jika dilakukan dengan mudah dan cepat. Terlebih lagi untuk area luar pulau yang membuat para pengirim menginginkan via laut sebagai cara untuk melakukan pengiriman.

Jika dibandingkan dengan melakukan pengiriman barang melalui udara, tentunya melalui laut mempunyai harga yang cenderung lebih murah. jasa ekspedisi Surabaya Balikpapan menggunakan laut menjadi alternatif yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya bisnis perusahaan saja, akan tetapi perseorangan pun juga lebih banyak menggunakannya.

Salah satu alasannya yaitu karena menggunakan cargo laut dianggap jauh lebih menghemat biaya, karena terbebas dari berat maupun jumlah muatan barang besar. Melalui jalur laut menjadi cara yang paling aman untuk melakukan pengiriman paket. Meskipun sedikit rumit, karena mengingat bahwa secara keseluruhan akan dilakukan pemeriksaan demi kelayakan dan keamanan selama perjalanan.

Cargo laut tentunya akan mengandalkan alat transportasi berupa kapal laut yang mana nantinya mengangkut paket pengiriman. Sehingga angkutan nantinya akan berhenti di pelabuhan Balikpapan atau sesuai wilayah kapal yang sudah dijadwalkan. Namun perlu diingat bahwa untuk pengangkutan barang tentunya tidak sembarang kapal yang digunakan, tujuannya yaitu supaya barang yang dikirim tetap terjaga keamanannya sampai di tempat tujuan.

Prosedur Pengiriman Barang Via Kapal

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Pengiriman barang melalui kapal memiliki prosedur yang seharusnya diperhatikan dengan baik bagi Anda yang seringkali menggunakan jasa pengiriman melalui kapal. Sebelum barang diangkut, maka barang yang hendak dikirim akan dikemas menggunakan peti, kemudian disampaikan pada wilayah sesuai alamat yang dituju. Untuk prosedur pengiriman terdapat beberapa langkah, diantaranya seperti berikut:

  • Harus memperhatikan pada bagian kesiapan barang yang nantinya hendak dikirim melalui jalur laut. Caranya yaitu dengan memastikan bahwa Anda telah mempersiapkan data kirim yang berisi mengenai jenis barang, jumlah koli, ukuran barang, bahkan sampai dengan jenis packing yang Anda gunakan, baik itu berupa dus, peti  maupun karung.
  • Apabila seluruh produk atau barang yang hendak dikirim telah siap maka silahkan menghubungi pihak customer service Dari agen untuk pengiriman barang melalui laut kemudian tanyakan jadwal keberangkatannya supaya Anda bisa menyesuaikan dengan keberangkatan kapal.
  • Anda dapat melakukan pemilihan jadwal pengiriman yang paling tercepat atau terdekat.
  • Anda harus menyesuaikan Syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak jasa ekspedisi maupun prosedur dalam pengiriman barang melalui via laut.

Alasan Mengapa Jasa Ekspedisi Via Laut Lebih Murah

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa untuk penggunaan jasa ekspedisi via laut dianggap jauh lebih murah dibandingkan dengan jasa ekspedisi via udara. Sementara untuk harga murah yang ditawarkan tersebut tentunya di karenakan beberapa alasan penting bagi Anda untuk mengetahui alasan mengapa pemilihan jasa pengiriman barang via Pelabuhan Balikpapan menjadi pilihan yang tepat.

Harga murah tersebut dikarenakan untuk perhitungan dapat dipengaruhi pada beberapa harga ekspedisi laut berdasarkan pada kg atau kubikasi yang hanya dibagi Rp4.000 untuk biaya pengirimannya. Ada beberapa  jasa ekspedisi kapal laut yang memberikan barang yang hendak dikirim Tidak kurang 50 kg atau hal ini juga dapat berubah ubah karena bisa disesuaikan pada kota tujuannya misalnya seperti di Balikpapan.

Barang-barang yang ilegal bisa diantar jemput muatannya pada pelabuhan secara bebas. Akan tetapi untuk pengiriman via ekspedisi laut bisa menerima beberapa jenis barang. Misalnya berupa pengiriman cairan kimia seperti parfum, mengirim barang yang mudah meledak dan berbahaya, mengirim barang elektronik yang berukuran besar maupun baterai yang berada dalam kondisi aktif.

Beberapa jenis barang yang ada di atas belum tentu via udara dapat melayani nya. Pemilihan metode pengiriman jalur laut menjadi solusi yang tepat. Proses pengiriman barang melalui metode jalur laut tidak hanya digunakan untuk domestik saja. Akan tetapi juga bisa dilakukan untuk pengiriman luar negeri. Untuk itu Anda dapat meminta bantuan kepada pihak penyedia jasa impor atau ekspor supaya dapat memenuhi segala kelengkapan dokumen yang harus Anda penuhi maupun beberapa syarat lainnya.

Tata cara dalam pengiriman barang yang menggunakan metode jalur laut memang tidaklah terlalu sulit. Namun dengan catatan barang yang dikirimkan tersebut bukan kategori barang yang terlarang. Untuk bisa memastikan jenis barang yang dikirimkan tersebut, maka pihak dari jasa ekspedisi akan melakukan pengecekan terlebih dahulu jenis barang yang dikirimkan.

Selain itu hal ini juga dimaksudkan supaya dapat melakukan pengukuran dari segi kelayakan pada barang tersebut supaya bisa memastikan bahwa barang tersebut sesuai pada aturan yang telah ditentukan. Prosedur ini dilakukan dengan tujuan supaya proses pengiriman barang melalui laut dapat berjalan dengan baik dan tidak mengalami kekacauan ketika barang dikirim.

Kegiatan pengiriman barang ke pulau Jawa menjadi pilihan yang tepat ketika Anda melakukan pemilihan metode pengiriman melalui laut. Selain lebih murah, untuk prosedur yang ditetapkan pun juga jauh lebih mudah serta berbagai jenis barang bisa dikirim. Hal ini berbeda dengan metode via udara yang menetapkan beberapa persyaratan yang lebih merepotkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *