Apakah Rumput Gajah Hanya Untuk Gajah?

Rumput gajah atau elephant grass merupakan tanaman yang tergolong pada jenis rerumputan dan biasa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Sesuai dengan namanya, jenis rumput ini memiliki ukuran yang cukup besar dan tinggi, bahkan tingginya bisa jauh melebihi ukuran manusia normal. Pada awalnya rumput ini memang hanya digunakan untuk pakan gajah, tetapi bisnis peternakan mengembangkannya untuk pakan kuda dan sapi karena hewan tersebut juga menyukai tekstur rumput ini.

Tanaman rumput gajah juga sangat mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Rumput ini bahkan dapat tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang cukup ekstrim dengan kandungan air di dalam tanah serta nutrisi yang minim. Perawatannya yang mudah dan hasil yang melimpah menyebabkan tanaman ini diminati sebagai alternatif pakan ternak.

Budidaya Rumput Gajah

Walaupun rumput gajah tahan terhadap kondisi tanah yang kritis, tetapi jika anda ingin membudidayakan rumput ini secara professional tentu anda harus menyiapkan lahan dengan tanah yang cukup gembur. Jika terlalu kering maka anda perlu memberikan sedikit air. Tambahkan pupuk untuk memastikan bahwa tanaman mendapat nutrisi yang cukup. Kemudian tanam benih rumput hingga akarnya tertanam sempurna. Atur jarak sesuai keinginan dan untuk hasil yang maksimal, lakukan dengan proses zig-zag. Perawatan tanaman ini cukup diberi pupuk secara berkala kurang lebih setiap 2 minggu sekali.

Jenis Rumput Gajah

Walaupun terlihat seragam, ternyata tanaman ini dapat dibedakan jenisnya menjadi:

  1. Varietas Hawaii

Rumput ini memiliki ciri-ciri batang dan daun yang lebih lebar.

  1. Varietas Afrika

Jenis rumput ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari varietas Hawaii, termasuk batang dan daunnya.

  1. Varietas Taiwan

Jenis rumput ini memiliki karakteristik yaitu bagian batang yang kecil. Rumput ini justru dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan yang panas dan tidak dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan yang sering diguyur hujan.

Semakin berkembangnya bisnis peternakan di Indonesia menyebabkan popularitas rumput gajah meningkat. Bahkan untuk lingkup yang lebih luas, jenis rumput ini diperjual belikan dengan keuntungan yang menjanjikan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *