Sebelum membuat blog baru, hal penting yang perlu Anda lakukan adalah menentukan niche apa yang nantinya akan dipilih. Langkah ini penting dilakukan agar blog yang Anda miliki ramai dikunjungi. Niche blog yang barus juga disukai oleh search engine dan tentunya yang tidak keluar dari jalur niche. Apa sajakah tips-tips memilih niche blog yang tepat? Berikut akan dijelaskan secara bertahap dan lengkap. Namun, sebelum itu Anda perlu memahami pengertian dari niche blog.

Pengertian Niche Blog

Pengertian dari niche blog yaitu sebuah blog yang hanya membahas 1 jenis topik saja dan tidak membahas banyak topik yang berbeda-beda. Google sangat menyukai blog yang memiliki 1 jenis topik pembahasan saja. Hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik agar blog yang Anda miliki bisa berkembang dengan baik.

Kelebihan dari Niche Blog

Apa sebenarnya kelebihan dari niche blog? Jadi, kelebihan dari niche blog adalah Anda akan lebih mudah memperoleh ide postingan karena topik yang dibahas hanya satu saja. Menjadi blog otoritas lebih mudah dilakukan. Bukan sesuatu hal yang mustahil jika blog Anda menjadi blog otoritas dan rujukan ketika Anda bisa konsisten dan terus bekerja dengan keras.

pxhere.com

Trik Menentukan Niche Blog yang Tepat

Niche blog merupakan salah satu jenis blog andalan para blogger untuk memperoleh penghasilan. Terlepas dari tutorial blog yang semakin bervariasi, setiap platform pembuat blog tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu agar postingan yang dibuat menarik perhatian banyak orang.

Jika banyak orang yang tertarik, maka tentunya penghasilan yang Anda peroleh juga semakin banyak. Bagi sebagian orang memilih niche blog dianggap sesuatu hal yang sulit. Lalu bagaimana cara menentukan niche blog untuk blogger yang tepat? Cobalah beberapa trik di bawah ini…

pxhere.com

·        Pilih Topik yang Anda Sukai

Tips yang pertama adalah pilih tema yang Anda sukai. Anda harus memahami dengan baik tentang diri sendiri. Tanyakan pada diri sendiri sebenarnya apa hobi atau apa hal yang paling Anda sukai. Jika masih merasa belum yakin dengan pilihan Anda sendiri, maka tanyakan saja kepada orang lain. Tanyakan saja kepada orang terdekat Anda mengenai diri Anda dan mengenai apakah yang Anda sukai. Biasanya mereka akan mengetahui terkait hal tentang Anda.

Dengan memilih topik yang Anda sukai, maka akan lebih mudah menulis sebuah artikel. Tidak ada lagi kata malas, karena hal yang Anda sukai pasti akan luas untuk dibahas kemudian ditulis. Misal Anda menyukai sekali dengan drama Korea. Anda bisa memulai menulis sinopsis-sinopsis dari drama Korea tersebut tentunya dengan gaya bahasa Anda sendiri.

Atau Anda sangat suka sekali memasak. Tulis saja resep-resep yang pernah Anda coba. Pasti akan banyak yang suka. Pangsa pasarnya sangat luas sekali, terlebih saat ini semua orang kalua mau memasak mencari resep dulu di internet.

pxhere.com

·        Pilih Topik yang Anda Kuasai

Tips yang selanjutnya adalah pilihlah topik yang Anda kuasai. Jadi, jangan hanya memilih tema yang disukai saja. Memilih topik yang dikuasai juga sangat penting dilakukan. Tujuannya tidak lain adalah agar Anda tidak kesulitan dalam membuat konten. Apalagi nantinya jika ada beberapa pertanyaan di kolom komentar, maka Anda tidak akan kesulitan untuk menjawabnya.

·        Tentukan Berdasarkan Topik Terhangat

Tips terakhir yang perlu Anda lakukan adalah tentukan niche blog berdasarkan topik terhangat. Hal ini karena topik yang hangat akan ramai dikunjungi oleh para netizen. Jadi, lebih baik jika menyesuaikan dengan pangsa pasar yang ada. Untuk mengetahui terkait pangsa pasar, sebaiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan di internet.

Jangan heran ketika pendapatan yang diperoleh tidak banyak jika Anda memutuskan untuk memilih sebuah topik yang tidak sama dengan pangsa pasar. Mengenai pemilihan topik ini tergantung dari setiap individu ingin menuliskan tentang hal apa di blognya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa memilih niche blog yang tepat. Jadi, sebaiknya pilih saja 1 topik yang Anda sukai sebelum menuliskan berbagai macam hal di blog yang Anda miliki. Nah, sudahkah Anda menemukan topik blog yang akan dibuat?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *