Kabupaten Banjar berada di Propinsi Kalimantan Selatan. Ibukotanya Martapura. Martapura dulunya merupakan ibukota Kesultanan Banjar. Luas Kabupaten Banjar kurang lebih 4.688 km2. Dan penduduknya sebanyak 506.204 terdiri dari beragai suku.

Kabupaten Banjar memiliki 277 Desa, 13 kelurahan dan 20 Kecamatan. Sebagian besar warga Banjar mengandalkan pertanian seperti pertanian karet sebagai matapencaharian utama. Terdapat juga tambang batu bara yang ikut memberikan kontribusi perekonomian Kabupaten Banjar.

Tentang Kabupaten Banjar

Penduduk

Suku Banjar merupakan etinis terbanyak  yang berada di Kabupaten Banjar, Jumlahnya mencapai 361.692 jiwa. Disusul dengan keberadaan Suku jawa, sebanyak 29.805 jiwa. Suku Bugis sebanyak 828 jiwa.  Suku Madura, 13.047 jiwa. Suku Bukit 1.737 jiwa dan Suku Mandar sebanyak 17 Jiwa.

Selain itu, terdapat Suku lainya yakni suku Bakumbai, jumlanya sebanyak 34 jiwa. Suku Sunda1.187 jiwa. Suku lainya sebanyak 3.554 jiwa. Sukui Jawa, Madura dan Sunda dulu datang kesini sebagai transmigran. Ada juga keturunan Arab, mereka bisanya tinggal di kota.

Martapura

Salah satu kota terkenal di Kabupaten Banjar adalah Martapura, yang juga menjadi Ibukota Kabupaten ini. Dulu, Martapura merupakan ibukota kerajaan Banjar. Dari Kota Banjarmasin, berjarak sekitar45 kilometer. Beberapa julukan yang disematkan pada Martapura yakni Kota Intan dan Kota Santri.

Kota Intan : Dijuluki kota intan lantaran Martapura merupakan pusat perdagangan intan terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia. Intan intan ini dijual di pertokoan di pusat kota.

Kota Santri : Mendapatkan julukan kota santri di kalimantan. Lantaran puluhan pesantren berada di Martapura. Salah satu yang terkenal yakni Pesantren Darussalam.

Wisata

DI Kabupaten Banjar, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Baik wisata religi maupun wisata alainya, yakni : Masjid Agung Alkaromah, Pusat Perbelanjaan Batu Permata Cahaya Selamat di pusat kota, Pasar terapung yang berlokasi di Bintan serta Taman hutan Raya Sultan Adam.

Selain itu, anda  bisa mengunjungi berbagai tempat lainya, yakni rumah Balai Bini Desa Teluk Selong Ulu, Makam Datu Abulung, Makam Sultan Adam, Monumen Alri Divisi VI Pertahanan Kalimantan dan lainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *