Orang Paling Baik Adalah Yang Paling Bermanfaat Untuk Banyak Orang

Setiap manusia yang diciptakan oleh Allah, telah dibekali dengan sifat baik yang tertanam di dalam dirinya. Selama bernafas di dunia, manusia pun dituntut untuk terus berusaha mengembangkan nilai nilai kebaikan yang masih tertanam tersebut agar terus tumbuh subur.  Berbagai rintangan pun harus dilalui, entah dari dalam dirinya sendiri ataupun faktor lingkungan sekitarnya. Berikut ciri orang paling baik adalah yang paling bermanfaat untuk banyak orang menurut Islam.

Beberapa Ciri Orang Berkepribadian Baik

  1. Bertawakal kepada Allah SWT semata

Ciri paling utama dari seseorang berkepribadian baik menurut Islam, dimana individu tersebut memiliki iman yang cukup kuat kepada sang penciptanya. Dengan berbekal iman yang kuat, merupakan harga mati yang mutlak yang wajib dipertahankan oleh setiap muslim. Sebab menurut Islam, kepribadian baik dari seorang hamba dapat diukur dari keimanannya kepada sang penciptaNya.

  1. Memperlakukan Orang Lain dengan Sangat Baik

Sebagai makhluk yang selalu bergantung dengan sesamanya, tidak heran bila manusia akan saling bergantung satu sama lain untuk meneruskan kehidupannya. Usai mengetahui hal tersebut, berarti manusia tak hanya perlu menjaga hubungan Allah SWT namun juga harus tetap menjaga hubungan baik dengan sesamanya. Oleh karenanya, penting untuk terus menjaga tali persaudaraan sesama muslim.

Sebagai orang paling baik adalah yang paling bermanfaat untuk banyak orang, mereka cenderung untuk memperlakukan orang lain dengan sangat baik. Menjaga lisan yang diucapkan, bisa menjadi salah satu cara untuk terciptanya hubungan yang harmonis diantara kedua belah pihak yang besangkutan. Sebab ketika menebar benih kebaikan, kelak Allah akan membalas kebaikan pula yang mungkin datang tanpa disangka sangka.

pexels.com
  1. Beryukur Atas Segala Nikmat yang Diberikan Allah SWT

Setiap individu yang telah dilahirkan di dunia, telah diatur rezekinya oleh Allah SWT sesuai porsinya. Selama proses menjalani kehidupan, tak jarang manusia akan dihadapkan dengan berbagai rintangan yang harus bisa dilewatinya. Dimana segala bentuk rintangan yang diberikan Tuhan, sebenarnya merupakan bentuk kasih sayangnya kepada para hambanya. Meski manusia jarang menyadari hal tersebut, Allah tetaplah sayang kepada hambanya tersebut.

Sadarkah anda bila manusia ketika diberikan cobaan dalam berbagai bentuk, mereka akan cenderung mengeluh dan mendekatkan diri kepada sang pencipta. Namun tidak demikian ketika Allah memberikan nikmat yang begitu melimpah, manusia seringkali lalai dan terlena dengan kenikmatan yang telah diterimanya. Dalam kondisi tersebut, manusia cenderung dominan untuk lupa kepada kekuasaan Allah yang tak lain menjadi sumber kebahagiaan.

Oleh karenanya, orang paling baik adalah yang paling bermanfaat untuk banyak orang akan tak pernah lupa untuk terus bersyukur atas apa yang diterimanya. Entah itu musibah ataupun sebuah nikmat, dirinya tak akan lupa dengan sumber kebahagiaannya tersebut. Sebab, hakikatnya semua itu adalah bentuk kasih sayang Allah SWT kepada para hambanya yang begitu disayangnya.

  1. Ibadahnya Istikomah

Menjaga kualitas serta kuantitas ibadahnya kepada Allah SWT, menjadi salah satu ciri seseorang yang memilki kepribadian baik. Sebab, ibadah adalah suatu bentuk perwujudan dari implementasi berbagai nilai keimanan seseorang, kepada sang pencita semesta alam. Terutama bila dirinya melakukan kewajibannya berdasarkan dari niat dan kesadaran dirinya, Allah akan semakin sayang kepada hambanya tersebut.

pexels.com
  1. Sabar Ketika Menghadapi Suatu Musibah

Ketika seseorang yang memiliki kepribadian baik, akan bersikap sabar ketika dihadapkan dengan segala musibah ataupun permasalahan. Sebab selama hidup di dunia, ada kalanya seseorang merasa hidupnya begitu bahagia namun dikeesokan harinya justru berbanding terbalik dengan hari sebelumnya. Tak hanya siap ketika di hari bahagia, orang paling baik adalah yang paling bermanfaat untuk banyak orang harus siap pula dengan suatu musibah.

Namun perlu diingat bila Allah sebagai sumber kebahagiaan, juga menjadi sumber dari segala sesuatu. Oleh karenanya, segala sesuatu itu pula akan kembali kepada sang pencipta, yang mengharuskan hamba Nya untuk terus bertawakal serta sabar menghadapi segala sesuatu yang terjadi. Dengan bersikap sabar, semua masalah yang dihadapi akan terasa lebih ringan dan kedepannya akan mendapatkan solusi terbaik atas musibah tersebut.

  1. Miliki Sifat Rendah Hati

Hanya orang tertentu yang dapat memiliki jiwa kuat, yang bisa bersikap rendah hati kepada siapapun yang ditemuinya. Mampu mengakui serta menghargai keunggulan orang lain, termasuk dalam sidat rendah hati yang tidak banyak dimiliki oleh orang lain. Dengan memiliki sifat tersebut, orang yang berada di sekitar anda merasa nyaman dan ingin melanjutkan silahturahmi hingga waktu memisahkan.

  1. Melakukan Suatu Hal Dengan Tulus Hati

Ciri orang paling baik adalah yang paling bermanfaat untuk banyak orang seperti melakukan suatu hal secara tulus. Ketika seseorang memberanikan diri untuk mengatakan suatu kebenaran tanpa ditambahi dengan bumbu lainnya, orang yang mendengarkan atau melihatnya tidak merasa dibohongi maupun dibodohi. Sehingga tidak mengherankan bila banyak yang ingin menjalin silahturahmi dengan orang berhati tulus, tanpa meminta imbalan apapun.

pexels.com
  1. Miliki Sifat Setia

Mungkin semua orang bisa menjanjikan bahwa dirinya setia, namun tidak dalam hal prakteknya di kehidupan sehari hari. Seakan menjadi barang yang begitu langka dan tinggi harganya, individu dengan kesetiaan yang tinggi cenderung lebih dipercayai dan dapat diandalkan. Bahkan mereka akan berusaha untuk menepati janjinya, rela berkorban, tidak suka dihianati, serta memiliki komitmen yang begitu kuat.

  1. Bertanggung Jawab Terhadap Segala Sesuatu Yang Telah Dilakukan

Ketika seseorang memiliki sifat bertanggung jawab, mereka cenderung untuk melaksanakan kewajibannya dengan kesungguhan hatinya. Apabila mereka melakukan kesalahan, umumnya mereka mengakuinya. Sedangkan jika mengalami kegagalan, mereka tidak akan mencari kambing hitam yang bisa disalahkan atas kegagalan yang dialaminya. Sebagai orang paling baik adalah yang paling bermanfaat untuk banyak orang,  mereka akan bertanggung jawab menyelesaikan masalah.

Tak ada seorang pun yang dilahirkan di dunia ini, tanpa tertanam kebaikan di dala hatinya. Sebab Allah telah menanamkan sifat tersebut di setiap individu, dimana sisanya tergantung dari orang yang memilikinya. Yoyoh Yusroh, menjadi salah satu sosok yang menginspirasi banyak orang dengan keaktifannya dalam berbagai kegiatan sosial. Wanita yang biasa disapa ustadzah Yoyoh ini, juga kerap memberikan dakwah Islam yang dikenal sederhana nan bersahaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *