Pesona Alam Bukit Matang Kaladan

Selain terkenal dengan perusahaan tambangnya, Pulau Kalimantan juga terkenal dengan segudang keindahan alam yang bisa dieksplor. Sebagai pecinta alam dan traveler, Anda wajib menjadikan Pulau Kalimantan sebagai tujuan destinasi wisata Anda selanjutnya. Ada banyak sekali spot-spot cantik yang bisa Anda datangi.

Salah satu pesona alam yang tidak boleh terlewatkan adalah Bukit Matang Kaladan. Bukit ini terletak di sekitaran Riam Kanan, Banjarbaru. Dengan pemandangan perbukitan hijau yang indah, Anda akan merasakan semilir angin dan kesejukan yang tidak akan Anda temukan di daerah perkotaan.

Hal yang menarik dari Bukit Matang Kaladan adalah terdapat danau di tengah-tengah bukit. Konsepnya sangat mirip seperti Pulau Wayag yang ada di Raja Ampat. Danau ini merupakan bendungan Riam yang membendungi sungai dari Pegunungan Meratus. Tidak hanya itu saja, fungsi bendungan ini juga sebagai PLTA untuk sekitaran wilayah Banjarmasin.

Bagi Anda yang senang berburu tempat-tempat cantik untuk berfoto, maka bukit ini adalah pilihan yang sangat tepat. Anda dapat mencari sendiri spot foto tak terbatas yang ada di bukit ini. Selain itu, ada juga tempat tidur gantung yang diciptakan untuk menunjang kenyamanan para pengunjung ketika berada di bukit ini.

Akan tetapi, untuk bisa mencapai puncak bukit dan menikmati keindahan alamnya, dibutuhkan tenaga yang ekstra. Hal ini karena Anda harus menaklukan Bukit Matang kaladana yang memiliki kemiringan hingga 60 derajat. Tentu saja Anda harus menyiapkan fisik dan segala peralatan yang dibutuhkan dengan baik.

Kenali medan terlebih dahulu agar dapat melakukan persiapan secara maksimal. Biasanya setiap pendaki mampu mencapai puncak dalam waktu 30 menit. Rasa lelah yang Anda rasakan selama proses pendakian akan hilang begitu saja setelah melihat dan menikmati keindahan alam bukit ini. Apalagi ditambah dengan kicauan burung yang beterbangan dari pohon ke pohon.

Tidak perlu risau dengan harga tiketnya karena pihak pengelola mematok harga tiket yang sangat terjangkau. Jadi, siapa saja bisa datang ke bukit ini dan menikmati alamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *