Ukuran Kolam Renang Standar Nasional dan Internasional

Kolam renang merupakan tempat dimana kita melakukan olahraga renang. Kolam renang tidak hanya menjadi ajang olahraga semata atau hanya sekedar hiburan. Kolam renang saat ini sudah bisa difungsikan sebagai tempat perlombaan internasional yang melombakan beberapa cabang olahraga seperti lompat indah, polo air, bahkan renang itu sendiri. Tempat ini seiring berjalannya waktu jadi semakin modern. Hal ini dibuktikan dengan ditetapkannya patokan patokan dan ukuran yang digunakan dalam membuat kolam.

Karena itu sebelum kalian membuat kolam renang, kalian harus mengetahui bahwa kolam renang memiliki beberapa standar atau ukuran yang telah ditentukan berdasarkan standar nasional dan internasional.

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional :

Di Indonesia sendiri, olahraga renang sudah memiliki tempat yang baik di hati masyarakat. Olahraga ini kian diminati karena memiliki banyak manfaat yang didapat ketika kita berenang. Berbicara soal ukuran standar di Indonesia, kolam renang memiliki standar panjang dengan ukuran 50 meter dan lebar sepanjang 25 meter. Sementara untuk kedalaman kolam renang yang ada di Indonesia memiliki batas minimum semalam dua meter. Untuk lebar lintasan kolam memiliki ukuran dua setengah meter. Dengan jumlah lintasan pada kolam renang sebanyak 8 buah. Sementara itu untuk temperatur air pada kolam renang juga sudah dibuat batasannya dimana temperatur air harus berkisar antara 25 hingga 28 derajat ceelcius.

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional :

Nah hampir sama dengan standar nasional Indonesia, kolam internasional pada umumnya memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda. Namun masih saja terdapat perbedaannya. Untuk panjang kolam dan lebar kolam  sama dengan Indonesia yaitu 50 meter kali 25 meter. Untuk lebar lintasan kolam renang sebesar  dua setengah meter dan jumlahnya ada delapan. Nah yang membedakan adalah pada kedalaman kolam minimum dimana untuk standar internasional kedalaman minimum sebesar 1,35 meter. Dimana dimulai dari satu meter pada lintasan pertama sampai paling sedikit sebesar enam meter hal tersebut dihitung sari dinding kolam renang yang telah dilengkapi dengan balok start. Sementara itu untuk bagian lainnya memiliki kedalaman 1.0 meter. Apabila rperlombaan renang diadakan pada malam hari maka disarankan untuk memberikan penerangan cahaya sebesar 1 500 lumens.

Selain 2 ukuran kolam renang standar nasional dan internasional ada beberapa jenis ukuran kolam renang lainnya seperti :

Ukuran Kolam Pribadi

Kolam pribadi merupakan kolam yang digunakan hanya untuk beberapa orang tidak untuk umum. Oleh karena itulah ukuran dari kolam renang pribadi atau private pool tidak begitu besar. Ukurannya memiliki panjang sebesar 7,3 meter hingga 12 meter dan lebarnya sebesar 3,7 meter hingga 6 meter. Ukuran tersebut sudah ideal dalam kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang orang. Private pool biasanya juga terletak di dalam ruangan, biasanya private pool yang terletak di dalam ruangan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan private pool yang ada di outdoor.

Ukuran Public Pool

Berbeda dengan private pool yang memiliki ukuran cenderung terbatas, untuk public Pool memiliki ukuran yang cukup luas mengingat yang mengakses kolam tersebut tidak hanya untuk sedikit kalangan namun untuk umum. Public Pool biasanya memiliki beberapa fitur tambahan tidak hanya berupa kolam. Apalagi public Pool yang dimiliki oleh taman hiburan, biasanya terdapat arena bermain berupa seluncur dan lain lain. Untuk ukuran kolam renang publik pool bebas namun biasanya paling minim, kolam yang disebut public Pool memiliki ukuran 24 meter.

Competition Pool atau kolam renang untuk kompetisi

Sesuai dengan aturan FINA atau Fédération Internationale de la Natation, ukuran kolam renang harus memiliki lebar 25 meter dengan panjang 50 meter dimana kedalaman dari kolam tersebut sekurang kurangnya adalah 1,3 meter. Untuk negara negara subtropis, pastikan juga air kolam selalu dihangatkan agar bisa digunakan sepanjang tahun kompetisi.

Exercise Pool atau kolam renang untuk latihan

Kolam renang exercise pool merupakan kolam renang yang digunakan untuk latihan para pemula yang ingin belajar renang. Ukuran dari kolam renang ini cenderung kecil. Akan tetapi untyk exercise pool sudah memiliki standar sendiri dimana ukuran lebarnya yaitu 2,5 meter sedangkan untuk panjangnya yaitu 5 meter. Tidak hanya itu, pada kolam renang exercise juga sudah dilengkapi dengan pendorong air buatan. Pendorong air ini berfungsi sebagai pengalir air yang mana sang perenang hanya berenang ditempat.

Demikian penjelasan tentang artikel ukuran kolam renang. Ukuran yang telah ditetapkan ini nantinya bisa jadi patokan Anda dalam melakukan konstruksi kolam renang. Agar kolam renang dibentuk sesuai kebutuhan. Tentunya dalam menentukan standar ini, telah dipertimbangkan dengan berbagai aspek terutama aspek keselamatan.

Untuk itu kalian dalam membangun kolam renang harus mencari Kontraktor kolam renang yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Sehingga kontruksi kolam renang bisa awet dan tahan lama, selain itu kalian juga dapat memesan kolam renang dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan baik untuk kolam renang rumahan, kolam renang untuk tempat rekreasi ataupun kolam renang dengan tujuan sebagai kolam renang dengan standar nasional atauu internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *