Kabupaten Tangerang merupakan wilayah yang berada di tatar Pasundan yakni tepatnya berada di Provinsi Banten. Kabupaten Tangerang memiliki ibukota yang bernama Tigaraksa. Kabupaten ini tepatnya terletak di sebelah barat Kota Jakarta. Iya Tangerang sendiri merupakan salah satu kota besar yang ada di Provinsi Banten.

Geografi Kabupaten Tangerang

Kabupaten Tangerang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Banten. Secara Geografis, Tangerang berbatasan dengan laut jawa di sebelah utara, kemudian berbatasan dengan kota Tangerang, Kota Jakrarta Utara, Kota Tangerang Selatan di sebelah timur. Sedangkan d sebelah selatan, Kabupaen Tangerang berbatasan dengan Kabupaten Lebak, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Serang.

Kabupaten Tangerang terdiri dari 29 Kecamatan yang dibagi menjadi 246 desa dan 28 kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang berada di Kecamatan Tigaraksa. Kabupaten Tangerang terdiri dari 29 Kecamatan yaitu Balaraja Cikupa, Cisauk, Cisoka, Curug, Gunungkaler, Jambe, Jayanti Kelapa Dua, Kemiri, Kosambi, Kresek, Kronjo, Legok, Mauk, Mekarbaru, Pagedangan, Pakuhaji, Panongan, Pasarkemis, Rajeg, Sepatan, Sepatan Timur, Sindang Jaya, Solear, Sukadiri, Sukamulya, Teluknaga, dan Tigaraksa. Kabupaten Tangerang yan mayoritas daerahnya merupakan dataran rendah, dan letak geografisnya yang berada di perkotaan memang cocok untuk mengembangkan industri, serta juga sangat cocok untuk mengembangkan perikanan atau tambak, sebab juga berbatasan dengan laut jawa.

Topografi Kabupaten Tangerang

Tangerang merupakan wilayah yang sebagian besar terdiri dari dataran rendah. Kota Tangerang dilalui oleh sungai yang begitu panjang yakni sungai Cisadane. Kabupaten Tangerang dikelompokkan menjadi 3 wilayah pertumbuhan yakni yang pertama sebagai pusat pertumbuhan balaraja dan tigaraksa. Pada bagian barat lebih difokuskan pada sentra industri, permukiman, serta pusat pemerintahan.

Yang kedua yakni pusat pertumbuhan teluknaga yang berada diwilayah pesisir. Daerah ini lebih mengedepankan industri pariwisata alam dan juga bahari, kemudian industri perikanan, pertambakan, pelabuhan, serta industri maritim. Yang ketiga yakni pusat pertumbuhan curug, yaknilapa dua, legok, dan juga pagedanga yang berada di bagian timur dekat perbatasan kota Tangeran Selatan. Daerah ini difokuskan pada pusat pemukiman serta kawasan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *