Memang dapat diakui bahwa saat pemerintahan Soeharto para masyarakat Indonesia berada dalam masa kejayaan dibandingkan dengan presiden yang lainnya. Reputasi negara Indonesia di mata dunia memang semakin mencengkram, namun hal ini menjadikan Soeharto merintis dan membenahinya dengan rapi pada warisan dari pemerintahan Soekarno dengan cara menutupi borok-borok kemudian meredam aksi yang dianggap mengganggu.

Berikut ini beberapa kehebatan dari Presiden Soeharto dalam membawa Indonesia mencapai kejayaan yaitu:

  1. Mempunyai insting kuat dengan strategi yang tepat

Soeharto memiliki kemampuan yang sakti dalam memiliki insting yang kuat dan strategi yang tepat dan tidak bisa terbantahkan. Hal ini bisa dibuktikan dari Soeharto dapat menunjukkan kapasitas dalam membawa dirinya. Hal ini dikarenakan Soeharto seringkali melakukan tapa atau meditasi dan juga renungan, sehingga menjadikan Soeharto berdaulat dalam membawa kehidupan bangsa Indonesia menuju masa emas.

 

  1. Bapak pembangunan

Pemerintahan Soekarno menjadi warna hari-hari warga negara Indonesia karena pembangunan menjadi proyek utama yang menjadikan Soeharto mendapat julukan sebagai Bapak Pembangunan walaupun hal ini sempat menuai kontroversi. Melalui konsep trilogi pembangunan dari Soeharto berhasil membawa negara Indonesia menuju masa kejayaan.

 

  1. Meredam konflik dengan negara Malaysia

Soeharto memilih merangkul negara Malaysia dengan kemampuannya yang berdiplomasi dan berwibawa. Hal inilah yang menjadikan Mahathir Muhammad menjatuhkan rasa respect dan berasa memiliki hutang budi kepada Presiden Soeharto. Bahkan pada masa ASEAN zaman Soeharto negara Indonesia dan Malaysia disebut sebagai negara The Big Brother.

 

  1. Belenggu terhadap media

Belenggu terhadap media ini dapat meredam pada berbagai keadaan serta membangun citra mengenai negara yang aman dan telah dipimpin oleh presiden yang berwibawa tanpa cela. Ketika masa itu tidak ada media yang berani mengajukan kritik kepada pemerintah. Terlebih lagi ketika gerah pengungkapan kebencian yang tidak sesuai pada tempatnya dan justru menimbulkan konflik. Ketika zaman Soeharto hal seperti ini akan dilenyapkan.

Kehebatan dari seorang Soeharto sebagai bentuk ungkapan karena nilai setitik maka rusak susu sebelanga. Meskipun Soeharto telah melakukan hal yang terbaik untuk negara namun tidak sedikit kritik yang didapatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *