Tips Membuat Telur Mata Sapi yang Indah dan Rapi

Telur adalah bahan makanan yang dapat dijumpai dimanapun. Cara mengolah dan memasaknya pun bervariasi. Salah satu cara sederhana dalam mengolah telur adalah dengan cara merebus atau menggorengnya. Telur mata sapi contohnya.

Telur mata sapi dibuat dengan cara memasak atau menggoreng telur tanpa menghancurkan kuning telur dan putih telur, sehingga kuning telurnya masih utuh. Bisa dibilang hal tersulit dalam membuat telur mata sapi adalah menjaga agar kuning telur tidak pecah saat telur dipecahkan atau saat proses memasak. Berikut tips yang bisa kamu coba untuk membuat telur mata sapi yang cantik dan indah.

  1. Gunakan telur segar

Kamu butuh telur segar untuk membuat telur mata sapi yang cantik dan indah. Pasalnya, kuning telur pada telur yang masih segar memiliki putih telur yang padat dan tidak berair yang membungkus dan melindungi kuning telur sehingga kuning telur tidak mudah pecah.

  1. Gunakan teflon atau wajan anti lengket

Kamu bisa menggunakan wajan anti lengket agar telur mata sapi yang kamu buat indah dan rapi. Tidak menggunakan wajan anti lengket akan menyebabkan telur menempel pada wajan sehingga telur mata sapi yang kamu buat bisa robek atau pecah.

  1. Gunakan saringan

Memakai saringan bisa menjadi pilihan bagi kamu yang masih pemula. Pasalnya, saringan akan membuat bagian kuning dan putih telur yang padat atau kental terpisah dari bagian putih telur yang encer. Putih telur yang encer bisa membuat telur mata sapi yang kamu buat menjadi tidak rapi. Dengan memisahkan bagian telur yang encer dan kental, kamu bisa membuat telur mata sapi yang rapi dan indah.

  1. Pecahkan telur ke dalam mangkok

Memecahkan telur ke dalam mangkok sebelum menuangkannya ke atas wajan bisa mencegah kuning telur pecah. Kamu pasti kesulitan jika harus memecahkan telur langsung ke atas wajan yang panas. Karena itulah kamu bisa memecahkan telur ke dalam mangkok terlebih dahulu kemudian menuangkannya perlahan sedekat mungkin dengan permukaan wajan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *