Fakta Tentang Kapasitas Paru-Paru

Kapasitas paru-paru merupakan kemampuan yang di miliki paru-paru untuk menyimpan, menampung dan memproduksi udara. Kapasitas tersebut tidak boleh kurang dari dan lebih dari batas kemampuan yang di miliki paru-paru tersebut. Karena, jika paru-paru kelebihan kapasitas atau kekurangan pasokan udara akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang bisa jadi berbahaya.

Kapasitas paru-paru untuk orang dalam usia muda dan kedaan yang normal memiliki daya tampung sampai dengan 6 liter. Namun, ketika usia seseorang terus bertambah, terutama ketika menginjak usia 35 tahun ke atas maka daya tampung dari paru-paru akan semakin berkurang. Penurunan kapasitas paru-paru tersebut akan berdampak pada pernafasan dan terkadang akan membuat orang tersebut kesulitan dalam bernafas.

Kondisi Medis

Bertambahnya usia menjadi faktor alamiah yang menyebabkan kapasitas dari paru-paru berkurang. Selain itu, adanya penyakit paru-paru restriktif juga menjadi sebab kapasitas paru-paru berkurang. Restriktif adalah sebuah kondisi dimana penyimpanan dalam paru-paru berkurang dan tak mampu menyimpan oksigen terlalu banyak karena berbagai macam faktor eksternal.

Adapun beberapa faktor penurunan kapasitas paru-paru antara lain adalah pneumonia, efusi pleura,  fibrosis paru idiopatik, volume turun pasca operasi paru-paru, kerusakan pada otot syaraf pernafasan, penyakit paru interstisial, dan juga skoliosis.

Mengukur Kapasitas Paru-Paru

Ada cara yang bisa di lakukan untuk dapat mengetahui kapasitas dari paru-paru. Metode pengukuran kapasita paru-paru tersebut sering di sebut sebagai spirometri. Pengertian dari spirometri adalah mengukur berapa banyak udara yang di hembuskan dalam satu kali proses pernafasan. Cara mengukur metode kapasitas paru-paru ini di lakukan oleh dokter dengan bantuan alat yang bernama spirometer.

Menjaga Kapasitas Paru-Paru

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kapasitas paru-paru bisa terjaga dan stabil. Cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Sering melakukan olahraga secara rutin
  2. Jika kamu perokok, berhentilah merokok dan hindari paparan asap rokok
  3. Selalu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan
  4. Menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat

Nah itulah sekilas mengenai kapasitas paru-paru. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *