Google Form Bisa Digunakan Untuk Apa Saja?

Apa itu Google Form? Sebelum mengulas lebih jauh, penting untuk Anda ketahui terlebih dahulu tentang apa yang ingin diulas tersebut. Artinya mulai sekarang biasakan untuk selalu menerapkan cara berpikir sistematis.

Tujuannya tidak lain adalah agar pemahaman yang didapatkan tidak sepotong-sepotong. Selain itu cara berpikir semacam ini sebenarnya bisa semakin memudahkan untuk memahami suatu materi secara utuh. Artinya potensi terjadi misunderstanding bisa diminimalisir seminim mungkin.

Sekilas Mengeni Google Form

pexels.com

Google Form atau yang sering disebut dengan Google Formulir sejatinya merupakan sebuah alat dari Google yang bisa membantu Anda untuk mengirim survey hingga merencanakan sebuah acara. Selain itu Google Formulir ini juga bisa digunakan sebagai alat untuk memberikan kuis atau soal ke orang lain.

Sekilas bisa dipahami jika aplikasi andalan Google ini sederhananya memiliki kemampuan untuk mengumpulkan serta menyampaikan berbagai informasi dengan cara yang lebih mudah dan efisien lagi.

Dan Form tersebut nantinya juga bisa dihubungkan dengan spreadsheet. Terlebih lagi jika spreadsheet ini berhubungan dengan bentuk, maka tanggapan secara otomatis akan langsung dikirim ke spreadsheet tersebut.

Namun jika tidak dihubungkan maka pengguna fitur ini bisa melihat tanggapan yang sudah terkumpul di sebuah halaman Ringkasan Tanggapan. Dan halaman tersebut bisa juga diakses melalui menu Tanggapan.

Bagian Dari Google Drive

Banyak yang belum menyadari jika sebenarnya Google Form ini masih satu kesatuan dari Google Drive. Artinya Google Formulir bisa dikatakan sebagai salah satu fitur dari Google Drive. Oleh sebab itu inilah yang menjadi penyebab kenapa jika ingin memanfaatkan Google Formulir, terlebih dahulu diharuskan untuk login ke akun Gmail maupun Google Apps Anda.

Sebenarnya hampir sama dengan paket internet Videomax dari Telkomsel. Bagi pengguna Telkomsel tentunya tidak asing lagi dengan paket internet ini. Sayangnya masih cukup banyak yang belum bisa memanfaatkannya. Sehinga pada akhirnya paket tersebut hanya akan hangus?

Paket ini sejatinya diperuntukkan untuk menonton film dan serial Televisi agar lebih hemat. Namun paket tersebut tidak bisa digunakan jika tidak menginstall aplikasi seperti VIU, HOOQ, dan CATCHPLAY.

Kelebihan Google Form

pexels.com

Jika Anda memilih menggunakan salah satu fitur yang ada di Google Drive ini, ada beberapa keunggulan atau kelebihan yang bisa Anda peroleh. Diantaranya adalah:

  1. Mudah Sekali Digunakan

Baik dari segi pembuatan maupun pemakaiannya, Google Formulir terbilang sangat mudah digunakan. Oleh sebab itu kenapa fitur ini sangat direkomendasikan untuk para pemula.

  1. Gratis

Dengan memilih menggunakan layanan Google Formulir ini, Anda tidak perlu lagi keluar uang lebih hanya untuk membeli aplikasi maupun layanan pembuatan formulir sejenis.

  1. Programnya Ringan

Jika dibandingakan dengan program layanan serupa, salah satu fitur dari Google Drive ini terbilang cukup ringan. Sehingga terkait dengan pengoperasiannya akan lebih mudah tanpa kendala.

  1. Dapat Dibagikan

Banyak sekali yang memilih menggunakan Google Form karena alasan ini. Pasalnya kuis maupun kuisioner yang sudah Anda buat bisa dengan mudah dibagikan ke berbagai platform. Dengan demikian, informasi yang bisa didapatkan secara otomatis juga akan lebih comprehensive.

  1. Didukung Dengan Fitur Spreadsheets

Dengan adanya fitur SpreadSheets ini, Anda bisa melihat hasil survey yang sudah dikumpulkan secara otomatis dan lebih rapi. Selain itu dengan fitur ini juga dimungkinkan untuk memeriksa waktu dan grafik dari tanggapan yang masuk.

Kekurangan Google Form

Meskipun sudah dikembangkan sebaik mungkin, tapi yang namanya kekurangan pasti akan tetap ada. Begitupun juga dengan Google Formulir ini. Beberapa kekurangan Google Formulir jika dibandingkan dengan layanan serupa adalah:

  1. Masih Belum Bisa Digunakan Pada Forum Diskusi Online

Padahal jika Google Formulir ini bisa digunakan pada forum-forum diskusi online, dijamin akan semakin banyak yang berminat menggunakan layanan ini.

  1. Tidak Bisa Mengunakan Equation

Padahal pada jenis soal hitung-hitungan seperti halnya matematika tidak bisa meninggalkan yang namanya equation atau simbol matematika.

Setelah tahu cukup banyak terkait dengan kelebihan dan kekurangannya, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah pada platform mana saja formulir bisa dibagikan?

Pada dasarnya setelah membuat formulir Anda bisa langsung membagikannya ke berbagai platform seperti WhatsApp, Facebook, Line, Twiter, dan aplikasi-aplikasi sejenis lainnya.

Meskipun belum bisa digunakan pada forum diskusi online dan belum bisa menggunakan equation atau simbol matematika, sampai saat ini masih dikatakan jika Google Form adalah yang terbaik untuk urusan yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *