Ingin Berinvestasi Di Perusahaan Sekuritas? Begini Tahapannya.

Saham merupakan salah satu cara bagi Anda yang hendak melakukan investasi jangka panjang, namun bagi calon investor baru, berinvestasi saham mungkin sedikit membingungkan,namun sebelum Anda melakukan investasi saham ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu apa itu perusahaan sekuritas.

Perusahaan sekuritas sendiri merupakan perusahaan yang telah mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan sebagai perantara pedagang efek serta untuk menjamin emisi efek, maupun berbagai kegiatan lainnya yang sesuai dengan apa yang telah menjadi ketentuan dari Pengawas Pasar Modal sedangkan untuk kegiatan usaha dari perusahaan sekuritas adalah sebagai perantara pedagang efek atau broker dealer yang melakukan berbaagai kegiatan jual beli efek atau surat berharga yang tujuannya untuk kepentingan sendiri maupun pihak lain, jual beli efek yang biasanya dilakukan adlah obligasi dan saham. Kegiatan usaha lain yang dilakukan perusahaan sekuritas adalah sebagai penjamin emisi efek yang akan membantu calon perusahaan terbukan atau emiten dalam menawarkan umum saham atau istilahnya lebih dikenal sebagai go publc. Jika Anda memang hendak melakukan investasi saham, maka Anda wajib membuka rekening saham lewat perusahaan sekuritas, bagi anta yang memang ingin berinvestasi saham melalui perusahaan sekuritas, begini tahapannya:

Siapkan Dokumen Dan Isi Pendaftaran. Sebelum Anda melakukan pendaftaran untuk melakukan investasi pada perusahaan sekuritas ada baiknya jika Anda menyiapkan terlebih dahulu berbagai dokumen yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran investasi yang akan Anda lakukan, dokumen tersebut seperti foto copy KTP, NPWP, buku tabungan cupun halaman depannya saja serta jangan lupa untuk menyiapkan materai 6000 setidaknya 2 buah. Setelah itu Isi Formulir Di Perusahaan Sekuritas Pilihan Anda. Di Indonesia setidaknya ada 124 perusahaan sekuritas di bawah pengawasan OJK serta telah terdaftar BEI, perusahaan sekuritas sendiri akan membantu Anda untuk dapat berinvestasi, bawalah dokumen yang telah Anda siapkan sebelumnya ke perusahaan sekuritas yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran, perusahaan sekuritas akan membantu Anda sebagai calon investor untuk mengisi rekening dana investor, pembukaan rekening serta salah satu bank yang bekerjasama. setelah proses pendaftaran telah selesai, selanjutnya perusahaan sekuritas akan melakukan proses penelaahan calon investor. Setelah disetujui, selanjutnya Anda sebagai calon investor akan memperoleh email yang berisi username serta password yang akan digunakan untuk masuk kedalam sistem aplikasi jual beli saham. Selain itu Anda juga akan memperoleh nomor single investor identification. Setor Dana dan Siap Berinvestasi. Anda akan menyetorkan sejumlah dana ke nomor rekening dana investor, yang sebelumnya telah diinformasikan oleh pihak sekuritas untuk menyetorkan sejumlah deposit awal. Namun mengenai jumlah deposit awal yang harus disetorkan ini tergantung kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas, tidak semua perusahaan sekuritas memiliki kebijakan setor dana awal dengan jumlah yang sama. Setelah Anda melakukan tahapan tahapan tersebut, selanjutnya Anda akan memilih perusahaan terdaftar yang telah masuk dalam konstituen IHSG atau indeks harga saham gabungan. Sebagai alat bantu untuk menggunakan indeks Anda dapat menggunakan indeks yang telah dibuat oleh otoritas bursa  sebagai alat bantu untuk berinvestasi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *