Mengenal Jenis Jamur Hitam atau Black Mold

Jamur menjadi momok yang cukup mengerikan bagi setiap rumah, karena jika rumah kita sudah ditumbuhi oleh jamur maka rumah kita sudah terindikasi masuk dalam kategori rumah dengan kualitas yang kotor, kurang terawat dan tidak layak huni lagi. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga kebersihan, sanitasi, kelembaban udara di ruangan serta cahaya matahari yang cukup agar jamur tidak semakin tumbuh dan berkembang di rumah kita. Salah satu jamur yang cukup mengganggu dan dapat tumbuh di dinding ruangan adalah jamur hitam atau black mold, dampak jamur ini juga tidak bagus untuk kesehatan.

Mengenal jamur Hitam

Jamur hitam atau sering di sebut dengan black mold adalah jamur yang tumbuh di ruangan yang lembab, kotor, kurang ventilasi udara dan kelembaban yang berlebih sehingga dapat memicu semakin berkembangnya jamur yang tumbuh baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan seperti di tembok luar rumah, dan jika di biarkan maka jamur ini dapat berdampak buruk bagi manusia seperti memicu penyakit alergi dan asma.

Oleh karena itu jika jamur di rumah anda mulai muncul maka lebih baik segera di bersihkan atau di basmi sebelum semakin banyak dan menyebar ke sisi tembok lainnya, jika sudah menyebar dan membandel maka jamur hitam ini akan semakin sulit untuk di basmi. Anda juga harus bisa membedakan antara mold vs mildew karena meskipun keduanya sama-sama merupakan jamur namun mold lebih mengarah ke jamur kering yang merata sedangkan mildew merupakan jamur yang basah dan lembab serta dapat tumbuh di manapun bahkan di makanan sekalipun.

Cara membersihkan jamur

Untuk membersihkan jamur yang muncul pada dinding atau di sekitar rumah anda, anda dapat membersihkannya menggunakan karbol. Berikut  cara membersihkan jamur menggunakan karbol yang perlu anda perhatikan :

pixabay.com

Buat larutan karbol sebagai bahan dasar untuk membersihkan jamur

larutan karbol tersebut perbandingannya adalah 1 : 3 ( 1 banding 3 ) yang artinya 1 gelas air di campur dengan 3 gelas karbol sehingga anda bisa lebih menghemat karbol karena ada campuran air di dalamnya namun tanpa mengurangi efek atau manfaat dari karbol tersebut. karbol yang digunakan pun sangat mudah di dapatkan karena karbol yang di gunakan adalah karbol untuk pembersih lantai atau pembersih kamar mandi yang banyak di jual di pasaran maupun di warung-warung dekat rumah anda.

semprotkan larutan karbol pada permukaan yang berjamur

semprotkan larutan karbol yang telah anda buat tadi, pastikan semprotkan larutan karbol secara merata ke permukaan yang berjamur tersebut. semprotkan dari jarak yang jangan terlalu dekat namun jangan terlalu jauh agar hasil semprotan lebih merata. Setelah itu diamkan sekitar 15 menit hingga 10 menit agar karbol tersebut bekerja lebih maksimal.

Gosok atau sikat permukaan yang berjamur yang telah di semprot karbol tersebut

Setelah di diamkan selama 15 hingga 30 menit, maka gosok atau sikat permukaan yang berjamur yang telah di semprot denga karbol tadi, sikat dengan keras hingga black mold atau jamur hitam yang ada permukaan pada dinding rontok atau luntur. Pastikan untuk menyikat sampai bersih dan tidak ada satupun black mold atau jamur hitam yang tertinggal karena jika kurang bersih atau masih ada jamur hitam atau black mold yang tertinggal maka kemungkinan besar jamur akan kembali tumbuh dan menyebar karena masih terdapat sisa-sisa jamur yang masih tumbuh dan hidup di dinding rumah anda.

pixabay.com

Bilas dinding atau permukaan yang berjamur tersebut yang telah di sikat

Setelah anda yakin semua sudah di sikat dengan bersih dan tak ada black mold atau jamur hitam yang tertinggal maka langkah selanjutnya adalah bilas permukaan atau dinding berjamur yang telah di sikat tersebut, bilas dengan air bersih. Pastikan semua area yang telah di sikat tersebut terbilas dengan merata dan sampai bersih serta tidak ada sisa jamur yang di sikat pada permukaan tersebut. siram dengan air bersih sebanyak-banyaknya hingga benar-benar bersih.

Keringkan dinding atau permukaan yang telah di bersihkan dari jamur tersebut

Langkah terakhir, setelah permukaan atau dinding yang terkena jamur tersebut di bilas dengan air bersih secara merata maka keringkan dinding atau permukaan yang telah di bersihkan tersebut. anda bisa menggunakan lap kering atau menggunakan kanebo. Keringkan semua permukaan yang telah di bersihkan tersebut hingga benar-benar kering agar mengurangi kelembaban, karena jika tidak kering sepenuhnya atau lembab maka black mold atau jamur hitam dapat tumbuh kembali. Karena seperti yang kita ketahui, jamur sangat mudah berkembang pada permukaan yang lembab.

Demikianlah beberapa hal ulasan tentang black mold atau jamur hitam mulai dari pengertian jamur hitam atau black mold hingga cara membersihkannya, dengan begitu ketika dinding atau permukaan di sekitar rumah anda mulai tumbuh jamur maka segera bersihkan dengan cara tersebut di atas agar jamur hitam atau black mold tersebut tidak semakin berkembang dan mengganggu pemandangan rumah serta mengganggu kesehatan penghuni rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *