Pentingnya Menggunakan Standar Operasional Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan apapun jenisnya hal utama yang harus diperhatikan adalah penggunaan standar operasional perusahaan. Hal ini karena standar ini digunakan sebagai salah satu acuan penting yang akan membuat sebuah perusahaan menjadi perusahaan berkualitas dan memiliki sistem kerja yang baik. Standar operasional ini juga banyak digunakan untuk layanan berbagai hal yang nantinya akan menuntut kepastian dan menuntut keamanan dari perusahaan tersebut. Sebagai salah satu bagian penting dari perusahaan, maka standar ini harus benar-benar dilakukan oleh para karyawan. Perusahaan yang berkomitmen dan kompeten biasanya akan mendapatkan sertifikat ISO dari badan sertifikasi ISO yang bersangkutan. Hal ini juga sebagai bagian dalam pengukuran untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan tersebut. Sebagai salah satu hal penting yang harus dilakukan, banyak manfaat penggunaan standar operasional pada sebuah perusahaan. Sebelum memahami tentang manfaat ada baiknya jika para pelaku usaha memahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan standar operasional.

Definisi Standar Operasional

Sebagai salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan, standar operasional memiliki arti yang cukup berbeda dari beberapa ahli yang telah terbukti. Berikut definisi standar operasional perusahaan menurut beberapa ahli:

  1. Sailendra

Sailendra mengemukakan bahwa standar operasional adalah panduan yang digunakan untuk memastikan segala kegiatan produksi atau operasional dari sebuah perusahaan berjalan dengan lancar.

  1. Moekijad

Menurut moekijad standar operasional adalah langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan perusahaan yang merupakan pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh orang dan satuan kerja tertentu sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh perusahaan.

  1. Tjipto Atmoko

Ahli ini menyatakan bahwa standar operasional adalah acuan atau pedoman untuk melakukan tugas pekerjaan sesuai tanggung jawab dan fungsinya. Standar operasional ini juga merupakan alat untuk menentukan penilaian terhadap kinerja sebuah perusahaan dan kinerja dari karyawan yang bersangkutan.

  1. Insani

Ahli ini memberikan definisi bahwa standar operasional adalah rangkaian dari dokumen yang gunanya untuk menentukan sebuah standar dan tata cara dalam melakukan kegiatan produksi atau apapun yang berkaitan dengan perusahaan.

Manfaat Standar Operasional Perusahaan

Banyak manfaat bagi sebuah badan usaha yang dengan tertib dan disiplin melakukan standar operasional perusahaan. Selain bermanfaat untuk banyak hal dalam perusahaan tersebut standar ini juga untuk melihat seberapa berkualitas dan baiknya perusahaan tersebut. Sebuah perusahaan yang bertanggung jawab biasanya akan melakukan kegiatan produksi sesuai dengan standar operasional yang sedang berlaku. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan standar operasional:

  1. Standarisasi

Manfaat utama dari standar operasional ini adalah untuk standarisasi setiap segi dan komponen yang ada di dalam perusahaan tersebut. Hal ini dapat dilihat ketika sebuah perusahaan yang telah menetapkan sebuah standar pasti akan memiliki kualitas yang lebih bagus dan memiliki produk yang dapat dijadikan sebagai salah satu produk unggulan. Hal ini juga akan membuat karyawan yang ada di sebuah perusahaan tertentu menjadi lebih disiplin dan bekerja seusai aturan.

  1. Mandiri

Karena telah memiliki standar operasional sendiri maka para karyawan dan staff yang bekerja di tempat tersebut harus melakukan segala hal berdasarkan aturan yang ada. Karena telah terbiasa mematuhi aturan dan melakukan sesuatu sesuai dengan petunjuk maka saat tidak ada pimpinan karyawan atau staff dapat melakukan kegiatan produksi atau apapun sesuai dengan standar operasional yang belaku di perusahaan tersebut. Hal ini membuat karyawan jauh lebih mandiri dan tidak bergantung dari pengelola saja.

  1. Tanggung jawab

Penggunaan standar operasional ini juga akan memberikan karyawan rasa tanggung jawab yang lebih besar. Setiap perusahaan akan memiliki standar operasional miliknya sendiri. Hal ini pula yang membuat setiap jabatan atau setiap karyawan memiliki fungsi dan kinerja yang berbeda. Karena memiliki fungsi dan kerja yang berbeda maka para karyawan ini diharuskan untuk mengemban tanggung jawab mereka sendiri-sendiri agar dapat menyelesaikan pekerjaan yang mereka miliki. Sebagai salah satu tujuan dari standar operasional ini adalah memupuk rasa tanggung jawab dari para karyawan dan staff perusahaan tersebut.

  1. Memperbaiki kinerja karyawan

Keuntungan atau manfaat menggunakan standar operasional adalah untuk meningkatkan kinerja karyawan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai karyawan yang telah lama berkerja akan tetapi tidak memakai standar operasional. Pekerjaan yang dilakukan tidak jarang hanya bekerja sesuai pengalaman saja tanpa memperhatikan aturan yang berlaku. Ini lah salah satu manfaat penggunaan standar operasional agar para karyawan mampu meningkatkan kinerja mereka dan menggunakan aturan yang seharusnya.

  1. Pekerjaan menjadi lebih efisien

Salah satu hal utama penggunaan standar operasional ini adalah untuk membuat kinerja lebih efisien. Kinerja yang menggunakan aturan dan ketetapan memiliki keefektifan dan efisiensi yang lebih besar dibanding dengan pekerjaan tanpa standar operasional.

  1. Bahan training

Jika memiliki pegawai atau karyawan baru maka para karyawan itu harus bisa melakukan pekerjaan sesuai standar yang berlaku. Dan ketika dalam waktu tertentu para karyawan ini dapat memahami standar maka karyawan tersebut dapat diangkat menjadi karyawan tetap. Para karyawan baru juga bisa ditraining menggunakan standar ini agar pekerjaan yang dilakukan nantinya akan memiliki kualitas yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *