Air merupakan salah satu komponen yang amat dibutuhkan oleh tubuh. Lebih dari 70% komponen tubuh adalah air. Jadi, tidak heran jika banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi air putih secukupnya untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh. Sayangnya, banyak sekali dari masyarakat tidak memperhatikan kecukupan air untuk tubuh. Karena berbagai faktor akhirnya mereka kurang dalam minum air putih.

Pada saat tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan meresponnya dengan rasa haus. Sebaiknya, segera minum segelas air putih untuk mengembalikan kondisi tubuh secepat mungkin. Tubuh yang kekurangan air, akan merespon dan memberikan signal kurang nyamannya tubuh. Selain terasa ditandai rasa haus, tubuh yang sedang kekurangan cairan akan terasa lemas, letih dan lesu kurang semangat.

pxhere.com

Akibat Kekurangan Minum Air Putih pada Tubuh

  1. Sendi Terganggu

Kekurangan air putih pada tubuh salah satunya ditandai dengan terganggunya kelenturan sendi. Sendi-sendi terasa lebih kaku dan sakit daripada biasanya. Kecukupan air akan membuat sendi bergerak bebas dan lebih lentur. Selain itu, air juga mempengaruhi peredaran darah pada otot dan otak. Sehingga, jika kurang minum air putih maka peredaran darah pada pembuluh darah akan terganggu pula.

  1. Dehidrasi kulit

Kulit yang kering penyebab utamanya adalah karena tubuh mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Hal itu merupakan cara tubuh untuk memberikan respon bahwa tubuh sedang membutuhkan suplai air. Minum air putih yang cukup juga akan mempengaruhi elastisitas kulit. Oleh karena itu, selalu cukupi kebutuhan air pada tubuh untuk menjaga elastisitas dan kelembapan pada kulit.

  1. Mulut kering

Produksi air liur pada mulut adalah untuk menjaga kelembabannya. Jika tubuh kekurangan air, akibatnya mulut menjadi kering dan membuat tidak nyaman. Tidak hanya itu, bibir juga dapat mengering yang mengakibatkan menjadi pecah-pecah dan dapat berdarah. Untuk mengembalikan ke keadaan semula, segera konsumsi air putih dan ulangi minum untuk beberapa jam kemudian agar keadaan mulut kembali.

  1. Kelelahan

Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh menjadi cepat mengalami kelelahan. Selain itu, darah pada pembuluh darah menjadi lebih kental. Akibatnya, jantung memompa darah agar tetap mengalir menjadi lebih keras. Aktivitas jantung seperti ini menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat mengalami kelelahan. Pada umumnya ditandai dengan mengantuk dan menguap kemudian mengalami kelelahan.

pixabay.com

Akibat Kekurangan Minum Air Putih pada Organ

  1. Menurunkan fokus

Seseorang yang kekurangan air pada tubuhnya akan menjadi sulit konsentrasi danĀ  mengalami penurunan fokus. Saat diajak ngobrol akan lebih banyak diam karena terlalu banyak berfikir. Akibatnya obrolan menjadi garing dan seringnya nggak nyambung karena sulit untuk berkonsentrasi. Kekurangan air putih yang terus menerus dapat berakibat gangguan otak secara permanen karena otak kekurangan suplai oksigen.

  1. Sakit kepala

Jika Anda sering sakit kepala, namun tidak ada penyebabnya kemungkinan tubuh Anda sedang kekurangan cairan. Penurunan berat badan akibat bekerja seharian sebanyak 1-2% atau setara 500 mL air dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini karena otak kekurangan suplai oksigen dan nutrisi. Akibatnya organ merespon dengan memberikan rasa sakit pada kepala.

  1. Sembelit dan wasir

Kekurangan minum air putih pada tubuh akan menyebabkan gangguan pencernaan. Usus besar yang bertugas membentuk tinja, akan menyerap air sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kebutuhan air tubuh. Akibatnya tinja menjadi kering. Keringnya tinja ini akan sulit saat dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya usus akan menekan dengan keras untuk keluar yang menyebabkan wasir.

  1. Gangguan ginjal

Dampak yang berbahaya bagi kesehatan ketika kita kekurangan mengonsumsi air adalah terjadinya ganguan ginjal. Ginjal sebagai organ yang memfilter air di dalam tubuh akan mengalami gangguan karena konsentrasi zat-zat pada tubuh mengental. Akibatnya ginjal bekerja ekstra keras. Jika hal ini dibiarkan lama-lama, maka fungsi ginjal tidak akan optimal dan parahnya dapat menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal.

Mulailah mencoba menambah sedikit demi sedikit jumlah konsumsi air putih mulai sekarang. Anjuran yang diberikan oleh kesehatan, meminum air putih mulai dari setelah bangun tidur, sebelum mandi, sebelum makan, ketika merasa lelah. Selain itu, saat tubuh sedang sakit, perbanyak minum air putih untuk membantu mengeluarkan kuman dari dalam tubuh.

Meminum air sebaiknya menjadi kebiasaan tidak hanya kebutuhan saja. Hal ini karena dampak yang disebabkan kekurangan minum air putih sangat banyak. Mulai dari keringnya kulit hingga gangguan kesehatan parah. Mulailah untuk memperbaiki dari sekarang, belilah botol plastik di tempat jual botol plastik yang berkualitas. Hal ini agar botol tidak mudah rusak dan cepat membuangnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *